[Desember 2019] Download Stock ROM (XID) dan tutorial lengkap tentang bagaimana cara flashing Samsung Galaxy M10s SM-M107F. Flash firmware dapat mengatasi bootlop, lupa kunci pola, memperbaiki Custom Binary Blocked by FRP Lock, HP mati total, hapus root, memperbaiki kamera gagal, ponsel lambat, aplikasi force close.

AndroLite.com - Datang sebagai penerus Galaxy M10 reguler yang diluncurkan awal tahun 2019 lalu, kini Samsung meluncurkan versi upgrade dari seri ini, yaitu Samsung Galaxy M10s. Ini merupakan smartphone entry-level yang secara perdana menyapa pasar gadget pada September 2019 lalu dan hadir dengan membawa panel Super AMOLED 6,4 inci, RAM 3GB, ROM 32GB, chipset Exynos 7884B, baterai 4.000 mAh, dual kamera belakang dan beberapa keunggulan lainnya.

Ponsel ini sendiri meluncur dalam beberapa nomor model SM-M107F/DS (Global), SM-M107G, SM-M107Y, SM-M107M, sementara untuk negara Indonesia dalam hal ini biasanya dengan kode XID memiliki nomor seri SM-M107F. Adapun perangkat lunak atau sistem operasi yang menjalanknnya adalah Android 9.0 (Pie) yang dibalut oleh antarmuka bernama One UI milik Samsung. Belum diketahui apakah kedepannya Galaxy M10s bakalan mendapatkan update Android Q ataukah tidak.

Nah, berbicara mengenai sistem operasi atau yang biasa dikenal dengan Firmware atau Stock ROM, saat ini Galaxy M10s telah memiliki firmware yang siap untuk digunakan. Untuk menggunakan firmware ini, dapat dilakukan dengan cara flashing via ODIN. Lantas apa itu flashing firmware? Sederhananya flashing merupakan sebuah proses melakukan pemasangan ulang / reinstall OS Android menggunakan aplikasi flashtool bernama ODIN.

Flashing ini sendiri memiliki banyak manfaat yang dapat membantu ponsel menemukan kembali performa terbaiknya atau memperbaiki beberapa masalah atau error, diantaranya:
  1. Upgrade dan downgrade OS.
  2. Mengatasi bootlop.
  3. Solusi lupa kunci pola / PIN.
  4. Ponsel mati total (tidak bisa booting)
  5. Memperbaiki kamera gagal.
  6. Menghapus root / unroot.
  7. memperbaiki Custom Binary Blocked by FRP Lock.
  8. Sayangnya aplikasi telah berhenti.
  9. Aplikasi sering force close.
  10. Smartphone lambat.
  11. Dan sebagainya.
Sehubungan dengan hal tersebut di atas, pada tutorial kali ini, akan kita bahas secara detail tentang proses Bagaimana Cara melakukan Flashing Firmware / Stock ROM Samsung Galaxy M10s SM-M107F yang dilengkapi dengan gambar agar lebih memudahkan kalian untuk memahaminya.

Cara Flash Firmware Samsung Galaxy M10s

Sebelum proses flashing, terlebih dahulu siapkan aplikasi dan alat yang diperlukan. Berikut daftarnya.

1. Alat dan Aplikasi

  1. Kabel USB.
  2. HP Samsung Galaxy M10s.
  3. Komputer berbasis Windows (Laptop/PC).
  4. SAMSUNG_USB_Driver.exe (35,1 MB) (Install dan restart komputer).
  5. ODIN3_v3.13.3.zip (2,47 MB) (ekstrak menggunakan aplikasi winrar/7zip).
  6. Firmware_Samsung_M10s_SM-M107F_XID.zip (Maaf, link belum tersedia) (ekstrak menggunakan winrar/7zip hingga memiliki ekstensi .tar.md5).
Catatan : Selain link download firmware diatas, kalian juga bisa mengunduhnya langsung di situs SAMMOBILE.COM atau SAMFREW.COM.

2. Proses Flashing Firmware

Sebelum melakukan flashing, sangat diajurkan untuk melakukan BACKUP data yang ada didalam ponsel, baik itu Sistem (ROM) ataupun file yang ada didalam penyimpanan internal. Karena proses ini sendiri akan menghapus semua data secara bersih yang ada didalam penyimpanan internal.
Peringatan!
Silahkan gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat dari melakukan flashing HP Anda. AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta informasi yang ada di situs web ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Step #1. Matikan perangkat Galaxy M10s. Dalam keadaan mati, tekan "Power + Volume Bawah + Volume Atas" dan lepaskan ketika logo booting Samsung muncul. Setelah berada di menu peringatan, tekan lagi tombol 'Volume Atas' (continue) untuk masuk ke menu utama "Downloading Mode".

Step #2. Buka komputer, kemudian jalankan aplikasi ODIN3_v3.13.3 dengan cara klik kanan, lalu pilih 'Run as administrator'.

Step #3. Hubungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB. Setelah tersambung dengan baik, ODIN akan menunjukkan pesan 'Added!!' pada tab 'Log' atau terdapat alamat port di bawah ID:COM. Namun jika tidak muncul, cobalah untuk memindahkan kabel USB ke slot lain atau ganti kabel USB.

Step #4. Selanjutnya, klik tab 'Options' kemudian centang () kolom "Auto Reboot" serta "F. Reset Time". Sisanya, biarkan saja kosong (lihat gambar untuk lebih jelasnya).

Step #5. Jika kalian memiliki single file firmware, maka kalian hanya perlu memilih tombol "AP" yang ada disebelah kanan ODIN. Kemudian cari dan pilih file firmware yang sudah kalian ekstrak sebelumnya dengan ekstensi .tar.md5.

Namun apabila file firmware yang dimiliki ada 4 buah (CSC, BL, AP, CP), maka kalian harus mengklik satu-persatu tombol CSC, BL, AP, CP kemudian pilih satu per satu file sesuai dengan namanya.

Step #6. Selanjutnya, klik tombol 'Start' untuk memulai proses flashing dan tunggu hingga prosesnya selesai. Ketika pemasangan berhasil, maka ODIN akan menunjukkan notifikasi PASS!! di bagian sudut kiri atas. Tetapi jika gagal, akan menunjukkan notifikasi FAIL!!.

Step #7. Saat proses instalasi berhasil, ponsel dengan sendirinya akan melakukan Booting yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 5 menit. Jadi silahkan tunggu sampai perangkat M10s menyala sempurna. Sembari menunggu, kalian sudah bisa mencabut kabel USB yang menghubungkan perangkat dengan komputer. Selesai.

Solusi Jika Gagal Flash Samsung M10s

Ketika kalian mengalami gagal flashing, berikut beberapa solusi yang mungkin bisa membantu mengatasinya.
  1. Ganti kabel USB.
  2. Periksa file firmware, pastikan tidak rusak ketika selesai didownload.
  3. Pastikan ODIN berjalan secara Run as administrator.
  4. Periksa firmware, pastikan sudah sesuai dengan nomor model posel.
  5. Baca secara teliti tutorial di atas jangan sampai ada yang terlewatkan.
  6. Periksa slot USB, jangan sampai goyang atau bermasalah.
  7. Install ulang Samsung USB Driver, kemudian restart komputer.
  8. Perbarui aplikasi flashtool ODIN / Samsung USB Driver keversi lebih baru.
Apabila masih gagal, bisa jadi disebabkan oleh masalah ada pada ponsel M10s itu sendiri. Untuk itu silahkan periksa terlebih dahulu.

Demikianlah panduan lengkap tentang Bagaimana Cara Flash Firmware / Stock ROM Samsung Galaxy M10s SM-M107F. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Salam!
Open Comments