Cara Flash Firmware HP Samsung via ODIN (Semua Seri)

Tutorial Lengkap Cara Flash Firmware / Stock ROM HP Samsung via Odin - Pada dasarnya, flash firmware Samsung merupakan proses install atau pemasangan ulang Stock ROM, baik itu Android Lollipop (5.0.1), Marshmallow (6.0.1), Nougat (7.0), Oreo (8.0), Pie (9.0) hingga yang teranyar saat ini Android Q (10.0).

Flashing firmware Samsung pada umumnya dapat dilakukan menggunakan aplikasi ODIN, yaitu sebuah aplikasi flashtool khusus untuk smartphone Samsung. Selain firmware, Odin juga kerap digunakan sebagai alat untuk melakukan root, flash file TWRP, flash gCam, dan berbagai jenis file lain yang didukung olehnya.

Untuk flash firmware ini sendiri sebenarnya bukanlah merupakan sebuah perkara sulit untuk dilakukan. Akan tetapi diperlukan sebuah pemahaman dan ketelitian sebelum atau saat melakukannya.

Mengapa demikian, karena proses ini sangat rentan terhadap kegagalan yang dapat menyebabkan perangkat Samsung tidak bisa startup hingga homescreen, atau yang lebih dikenal dengan istilah bootlop.

Selain dari faktor di atas, terkadang penyebab kegagalan install firmware adalah karena keliru dalam memilih Stock ROM (tidak sesuai dengan seri ponsel). Untuk itu, berhati-hatilah dalam memilih. Carilah ROM yang benar-benar sesuai dengan seri/model ponsel yang dimiliki.

Manfaat Flash Firmware Samsung

Sebelum lanjut ke pokok pembahasan, mungkin sebagain dari kalian ingin mengetahui apa sih manfaat flash firmware Samsung ini?

Flash firmware, selain dapat digunakan untuk upgrade / downgrade sistem operasi, juga dapat dijadikan sebagai untuk mengatasi masalah perangkat lunak perangkat. Seperti :
  1. Mengatasi Bootloop (Booting berhenti hanya di logo Samsung)
  2. Mengatasi Custom Binary Blocked By FRP Lock Samsung.
  3. Memperbaiki kerusakan perangkat lunak.
  4. Memperbaiki kamera gagal Samsung.
  5. Mengatasi lupa kunci pola/PIN/Password.
  6. Menghapus virus/malware yang masuk ke ponsel.
  7. Hapus Root (Unroot).
  8. Mengembalikan kinerja perangkat seperti semula.
  9. Mengatasi aplikasi sering force close.
  10. Factory / Hard reset.
  11. Dan masih banyak lagi.

Cara Flash Firmware Samsung via Odin

Sebelum melakukan flashing, poin paling penting yang harus dilakukan adalah melakukan BACKUP, BACKUP dan BACKUP ROM. Karena apabila terjadi kesalahan saat proses flashing, maka kita bisa merestore (mengembalikan) ke posisi sebelumnya.

1. Alat dan Bahan Flash Firmware Samsung

  1. Komputer (PC / Laptop)
  2. Sebuah Kabel USB (disarankan yang asli/original).
  3. Download Aplikasi Odin3 v3.xx.x (pilih versi terbaru) kemudian ekstrak filenya menggunakan winrar / 7-zip.
  4. Download Samsung USB Driver kemudian Install ke dalam komputer (restart jika komputer meminta).
  5. Stock ROM / Firmware Samsung. Untuk link downloadnya, silahkan kunjungi salah satu situs berikut:
    Ekstrak file firmware yang telah di download menggunakan aplikasi 7-zip atau winrar.

2. Proses Flash Firmware Samsung

Flash firmware HP Samsung dapat menyebabkan terhapusnya semua data yang ada di memori internal. Untuk itu sebelum melakukannya, silahkan BACKUP semua data di dalamnya terlebih dahulu.

STEP #1. Matikan ponsel sampai off total, kemudian masuk ke mode downloading. Dalam hal ini ada dua cara yang bisa dilakukan.
  • Untuk ponsel yang memiliki tombol "HOME", silahkan tekan dan tahan tombol "POWER + HOME + VOLUME BAWAH".
  • Untuk HP Samsung keluaran 2018 keatas atau yang sudah TIDAK menggunakan tombol "HOME", silahkan tekan dan tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH".

Tekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan selama kurang lebih 3 sampai 5 detik. Bila sudah masuk ke tampilan "WARNING", lepaskan ketiganya, kemudian tekan tombol "Volume Atas" untuk bisa masuk ke menu utama downloading mode.

STEP #2. Apabila sudah berada pada menu downloading, selanjutnya sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.

STEP #3. Ekstrak ODIN dari file zip kemudian jalankan dengan cara klik kanan, pilih run as administrator.

STEP #4. Sebelum lanjut, pastikan komputer dengan ponsel sudah terhubung dengan baik. Untuk mengetahuinya, pada bagian tab "LOG" Odin akan muncul pesan "Added!!" atau muncul ID port USB di bawah "ID:COM" (lihat gambar di step #5 dan #6 untuk lebih jelasnya).

Jika tidak ada, coba ganti kabel usb atau pindahkan kabel usb ke port usb lainnya.

STEP #5. Berikutnya klik tab 'OPTIONS' lalu centang () pada kolom "AUTO REBOOT" dan "F. RESET TIME".

STEP #6. Selanjutnya, pilih file firmware yang telah di download. Dalam hal ini ada dua cara yang bisa digunakan (tergantung berapa banyak file firmware yang telah diekstrak).
  • Untuk Firmware yang memiliki 1 (satu) file saja, silahkan klik tombol "AP" kemudian cari tempat dimana file firmware tersimpan (pastikan ekstensi file adalah tar.md5).
  • Untuk Firmware / Stock ROM dengan jumlah file 4 atau 5 buah (CSC, BL, AP, CP, HOME), silahkan masukkan satu-persatu file sesuai namanya.
STEP #7. Langkah selanjutnya, silahkan klik tombol "START" untuk memulai proses flasing dan tunggu sampai selesai. Biasanya memakan waktu sekitar 3-10 menit.

Saat proses pemasangan berlangsung, jangan sekali-kali mencabut kabel usb, menutup aplikasi odin atau mematikan komputer. Jika hal ini terjadi, maka proses pemasangan akan terhenti.
STEP #8. Setelah proses pemasangan selesai dan berhasil, maka akan terdapat pesan "PASS!" di bagian sebelah kiri atas odin. Pada tahap ini, anda bisa mencabut kabel usb serta menutup aplikasi odin.

STEP #9. Kembali ke ponsel. Secara otomatis ponsel akan melakukan restart / reboot. Sekali lagi tunggu beberapa saat hingga ponsel masuk ke menu pengaturan awal android. Selamat, pemasangan rom baru sudah selesai, Silahkan atur sesuai dengan keinginan anda.

Video Tutorial Cara Flash Stock ROM Samsung

Bagi kalian yang kurang memahami alur flashing di atas, silahkan simak video cara flash firmware berikut ini.


Rekomendasi HP Samsung

Cara Install atau Flash ROM Android ini, bisa anda terapkan untuk Samsung Galaxy dengan Tipe atau Model berikut ini :
  • Galaxy M Series : M10, M20, M30, M40, M10s, M20s, M30s, M11, M21, M31
  • Galaxy A Series : A3, A5, A7, A8, A8, A9, A10, A20, A30, A40, A50, A60, A70, A80, A90, A10s, A20s, A30s, A50s, A70s, A51, A71, A11, A21, A31, A41 (Plus, Pro, Duo, Core, Prime).
  • Galaxy J Series : J1, J2, J3, J4, J5, J6, J7 (Plus, Pro, Duo, Core, Prime).
  • Galaxy S Series : S1, S2, S3, S4, S5, S6, S7, S8, S9, S10 (Plus, Pro).
  • Galaxy Note Series : Note 5, Note 6, Note 7, Note 8, Note 9, Note 10 (Plus, Pro).
  • Galaxy Tab Series : SM-P355, SM-T231, SM-T531, SM-T705, SM-T719Y, SM-T116NU, SM-T285, SM-T365, SM-T715Y, SM-T805, SM-T815Y, SM-T819Y, SM-T585Y, SM-T111

Solusi Gagal Flash Firmware Samsung

Seperti yang sudah saya tekankan sejak awal, bahwa poin penting yang harus dilakukan adalah melakukan BACKUP terlebih dahulu. Karena jika terjadi kegagalan dalam pemasangan, maka kita bisa melakukan restore kembali. Tetapi apabila anda lupa melakukan backup, cobalah untuk melakukan langkah-langkah berikut ini:
  1. Perbarui aplikasi ODIN dan USB Samsung Driver
  2. Ganti kabel usb atau pindahkan ke port usb lainnya
  3. Jalankan ulang kembali ODIN (Run as administrator)
  4. Download Ulang ROM Android. Pastikan Firmware tersebut sudah sesuai dengan model ponsel samsung anda.
Selamat mencoba, semoga berhasil dan DO WITH YOUR OWN RISK (DWYOR).