Unlock Bootloader, OEM Unlock, USB Debug SAMSUNG [All Type]

AndroLite.com : Developer Options (OEM Unlocking / USB Debugging) dan Unlock Bootloader Samsung Galaxy Semua Seri Terbaru 2023 - Sistem operasi Android yang dalam hal ini Android Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo, Pie, Q 10, 11 dan Android 12 memiliki banyak pengaturan yang harus kita pahami. Mulai dari pengaturan aplikasi, jaringan, suara, pemberitahuan, akun, penyimpanan, waktu, pengaturan telepon dan masih banyak lagi.

Dari beberapa pengaturan yang sudah disebutkan di atas, ternyata masih ada pengaturan yang tersembunyi lainnya, yaitu Developer Options atau Opsi Pengembang. Di dalam menu ini, terdapat beberapa pengaturan penting lainnya seperti desktop backup password, bluetooth, debugging, input, dipslay, media, gpu, mock location, aplikasi dan beberapa pengaturan penting lainnya.


1. Pendahuluan

Dari sekian banyak fitur yang ada di dalam opsi pengembang ini, ada 2 fitur yang paling sering mendapatkan perhatian, yaitu USB debugging dan OEM Lock. Fungsi USB debungging adalah untuk membantu / menjembatani antara perangkat Android dengan komputer. Dengan kata lain, USB Debugging membantu proses penting seperti memasang custom recovery, melakukan root, flashing custom/stock ROM dan masih banyak lagi.

Singkatnya, agar proses inject file-file kedalam sistem android yang ada di perangkat berjalan dengan baik, diperlukan pengaktifan USB Debugging. Sedangkan OEM Lock / Unlock Bootloader berfungsi untuk membuka atau menutup akses bootloader pada perangkat. Fungsi ini akan memberikan / melarang akses kepada pengguna untuk melakukan kostumasi terhadap sistem, seperti memasang TWRP, rooting, flashing firmware dan sebagainya.

Perlu kalian ketahui, pada saat melakukan kostumasi dengan posisi OEM / Bootloader dalam keadaan terkunci (tidak aktif), maka prosesnya tidak akan berhasil dan bahkan bisa menyebabkan perangkat Bootlop atau rusak. Salah satu contohnya ketika HP Samsung mengalami Custom Binary Blocked by FRP.

Nah hal tersebut disebabkan karena posisi OEM / Bootloader dalam keadaan terkunci (tidak aktif) sebelum melakukan kostumasi. Jadi, sebelum melakukannya, pastikan bahwa OEM / Bootloader ini dalam keadaan Aktif.


2. Cara Aktifkan USB Debugging dan OEM Lock

Pada dasarnya, untuk mengaktifkan kedua mode ini caranya sama saja untuk semua sistem Operasi Android, baik itu Andorid Q, Pie, Oreo, Nougat, Marshmallow, Lollipop, Kitkat atau bahkan android versi terlawas.

Hanya saja mungkin pada bagian tampilannya saja yang membedakan. Namun sebelum mengaktifkan keduanya, Developer Options / Opsi Pengembang harus diaktifkan terlebih dahulu. Berikut urutan cara mengaktifkannya.

2.1. Developer Options (Opsi Pengembang)

  1. Buka menu "Pengaturan / Settings".
  2. Gulir Kebawah, temukan dan tap pada bagian "About Device / Tentang Perangkat".
  3. Buka "Software Info / Info Perangkat Lunak".
  4. Ketuk / tap pada menu "Build Number / Nomor Versi" sebanyak 5 hingga 7 kali sampai ada pemberitahuan Opsi Pengembang sudah aktif atau notifikasi sejenisnya.
  5. Selesai.
Untuk memastikan bahwa menu ini sudah benar-benar aktif, silahkan buka lagi menu Pengaturan, gulir ke bagian bawah dan cari menu "Developer Options atau Opsi Pengembang". Biasanya ada di atas dari menu "About Device / Tentang Ponsel".

2.2. Proses Aktifkan OEM Unlocking / USB Debugging

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa fitur USB Debugging dan OEM Lock tempatnya ada di dalam Opsi Pengembang, jadi untuk mengaktifkannya cukup dengan membuka menu tersebut, kemudian aktifkan kedua-duanya.
  1. Buka Pengaturan / Options.
  2. Gulir (scroll) ke bawah, cari Menu Opsi Pengembang / Developer Options.
  3. Selanjutnya, silahkan aktifkan "OEM Lock" dan "USB Debugging".
  4. Selesai.

2.3. Video Cara Aktifkan Developer Options (USB Debugging / OEM Lock) Samsung



3. Unlock Bootloader (UBL) Samsung Galaxy

Untuk tutorial UBL ini, lebih dikhususkan pada HP Samsung Galaxy keluaran tahun 2018 keatas yang sudah menggunakan OS Android Pie 9.0 hingga yang terbaru saat ini Android Q. Seperti Galaxy A10-A90, A10s-A70s, M10-M40, M10s-M30s, S8-S10, Note 8-Note 10 dan seterusnya. Untuk Galaxy J Series, tidak perlu melakukan Unlock Bootloader.

Berikut langkah-langkah UBL Samsung Galaxy all series:
  1. Pastikan OEM Unlock dan USB Debugging telah aktif.
  2. Selanjutnya, nonaktifkan HP sampai off total.
  3. Booting ke Downloading Mode dengan cara tekan dan tahan tombol [VOL BAWAH + VOL ATAS] lalu koneksikan ponsel ke PC via kabel USB dengan tetap menekan Vol Bawah + Vol Atas.
  4. Bila sudah berada di tampilan "WARNING", tekan lalu tahan VOL ATAS selama kurang lebih 5-10 detik atau sampai pada tampilan "Unlock Bootloader?".
  5. Pilih opsi "YES" dengan menekan tombol VOLUME ATAS.
  6. Saat berada di tampilan "The phone's bootloader is unlocked...", tekan POWER lalu tunggu sampai proses Erasing selesai.
  7. Bila sudah selesai, ponsel secara otomatis akan melakukan reboot. Namun bila hal tersebut tidak terjadi, silahkan reboot manual.
  8. Ketika ponsel telah menyala sempurna, silahkan lakukan konfigurasi awal sama seperti ponsel dalam keadaan baru dibeli, tetapi "JANGAN" Sign in / login ke akun Google / Samsung (skip saja bila mendapatinya).
  9. Selesai, Sistem Operasi ponsel Samsung sudah siap dimodifikasi.

4. Hal Penting yang Harus Diketahui

Perlu kalian ketahui, bahwa dengan mengaktifkan OEM Lock memiliki resiko yang cukup lumayan besar. Hal ini disebabkan karena ketika fungsi ini aktif, maka virus juga akan dengan leluasa bisa masuk ke sistem operasi Android hingga ke bagian akarnya. Untuk itu saya sarankan, agar kalian mendisable / menonaktifkan OEM Lock sesaat setelah melakukan kostumasi.

Demikianlah penjelasan singkat tentang Bagaimana Cara Aktifkan USB Debugging / OEM Unlock (Developer Options) dan UBL HP Samsung dengan harapan kalian lebih memahami fungsinya. Terima kasih telah berkunjung, silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat. Salam dan sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.