Developer Options, USB Debugging, OEM Unlock XIAOMI (All Type)

Cara Munculkan Opsi Pengembang dan Aktifkan USB Debugging / OEM Unlocking Xiaomi Mi Redmi (All Type) - Di dalam menu Pengaturan (Settings) ROM MIUI 7/8/9/10/11/12 ponsel Xiaomi, selain terdapat pengaturan kunci layar, notifikasi, baterai, ruang penyimpanan, akun Mi, jaringan, waktu & tanggal, pengaturan telepon dan sebagainya, ternyata ada menu tersembunyi lainnya, yakni Developer Options atau Opsi Pengembang.

Menu ini sejatinya diperuntukan untuk pengembangan / perbaikan (maintenance) pada ponsel Xiaomi Redmi atau untuk mendapatkan performa yang lebih baik, modifikasi (oprek) ROM MIUI dan lain sebagainya. Nah, didalam menu ini, ada dua opsi yang paling sering digunakan, yakni USB Debugging dan OEM Unlocking yang wajib diaktikan ketika hendak melakukan modifikasi. Misalnya Root, pasang TWRP, Install Xposed Framework dan sebagainya.

Lalu apa sih fungsi USB Debugging dan OEM Unlock ini dan mengapa mesti wajib diaktifkan? USB Debugging merupakan sebuah jembatan penghubung utama antara perangkat smartphone dengan Komputer (PC/Laptop) untuk mentransfer / menyinkronkan data atau file dari komputer ke ponsel atau sebaliknya.

Sedangkan OEM Unlock adalah sebuah sistem keamanan perangkat yang berfungsi untuk membatasi gerak pengguna smartphone Xiaomi ketika ingin melakukan modifikasi (oprek) device. Apabila kedua opsi ini tidak diaktifkan, maka dapat dipastikan melakukan root, pasang custom recovery TWRP, update ROM, unlock bootloader mustahil dilakukan.

1. Aktifkan USB Debugging & OEM Unlocking MIUI 7/8/9/10

Sebelum mengaktifkan opsi OEM Unlock dan USB Debugging, Anda harus memunculkan menu Developer Options terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

1.1. Memunculkan Developer Options Xiaomi Redmi

  • Buka menu Pengaturan (Settings).
  • Pilih Tentang Ponsel (About Phone).
  • Ketuk sebanyak 7 hingga 10 kali pada MIUI Version (Versi MIUI) sampai muncul notifikasi kecil "Selamat Anda sudah menjadi pengembang (You are a developer now)" atau sejenisnya.
  • Untuk melihat menu Opsi Pengembang, silahkan buka Pengaturan » Setelan Tambahan (Additional settings).
  • Selesai.

1.2. Aktifkan Opsi USB Debugging & OEM Unlock

  1. Buka menu Pengaturan.
  2. Pilih Setelan Tambahan (Additional settings).
  3. Pilih Opsi pengembang (Developer Options).
  4. Selanjutnya cari Mendebug USB (USB Debugging) & Buka Kunci OEM (OEM Unlock) lalu aktifkan dengan cara menekan tombol aktifasi disampingnya.
  5. Pilih OK / Enable untuk mengkonfirmasi pilihan.
  6. Selesai.

2. Aktifkan USB Debugging & OEM Unlocking Xiaomi Android One

Tidak semua smartphone yang dirilis Xiaomi dibalut oleh antarmuka MIUI, karena ada juga ponsel yang masih mengandalkan tampilan murni Android (Android One) seperti MI A1, MI A2/Lite, MI A3/Lite, sehingga user interface yang ditampilkan sedikit berbeda.

Nah untuk memunculkan Opsi Pengembang dengan antarmuka murni tersebut, bisa Anda lihat langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Masuk ke menu Pengaturan.
  2. Pilih Sistem lalu arahkan ke Tentang Ponsel.
  3. Ketuk sebanyak 7 hingga 10 kali pada Nomor Build (Build Number) sampai muncul notifikasi kecil "Selamat Anda sudah menjadi pengembang (You are a developer now)" atau sejenisnya.
  4. Tekan back / kembali sampai di menu utama Pengaturan.
  5. Buka Sistem lalu navigasikan ke Opsi Pengembang.
  6. Terakhir, silahkan aktifkan opsi OEM Unlocking dan USB Debugging.
  7. Selesai.

3. Saran dan Penutup

Ketika anda selesai melakukan modifikasi (tweak), sangat dianjurkan untuk mematikan / menonaktifkan fungsi OEM Unlock. Salah satu alasan utamanya agar ponsel tidak mudah dimasuki oleh virus / malware atau setidaknya membatasi ruang gerak virus agar tidak dapat merusak sistem / mengambil data penting yang ada di dalam perangkat.

Demikianlah panduan lengkap bagaimana cara memunculkan Opsi Pengembang dan mengaktikan fungsi USB Debugging serta OEM Unlock HP Xiaomi Redmi semua tipe tersebut di atas. Jika ada yang kurang dimengerti, silahkan meninggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung, Salam!