Download Firmware + Cara Flash Samsung M20 SM-M205G Android 10

AndroLite.com : Download Firmware (Stock ROM) + Cara Flash Samsung Galaxy M20 SM-M205G - Samsung Galaxy M20 yang resmi diluncurkan pada bulan Februari 2019 lalu datang dengan membawa nomor model SM-M205G untuk wilayah Indonesia dan SM-M205F, SM-M205FN untuk versi Global. Pada awal peluncurannya, Galaxy M20 dioperasikan oleh perangkat lunak / Sistem Operasi (OS) Android Pie 9.0 yang dibalut oleh antarmuka One UI.

Namun berselang beberapa bulan kemudian, Samsung kemudian melakukan pembaruan perangkat lunak pada Galaxy M20 yang meliputi peningkatan performa, penambalan bug dan sebagainya. Sayangnya belum diketahui apakah Samsung M20 kedepannya akan mendapatkan update ke Android Q ataukah tidak.

Sehubungan dengan hal tersebut, pengguna yang ingin melakukan update perangkat lunak / sistem operasi dapat dilakukan dengan beberapa cara, termasuk update via OTA ataupun manual. Untuk update via OTA dapat dilakukan dengan mudah, yakni dengan cara masuk ke menu Pengaturan / Settings > Software Update / Perangkat Lunak > Download and Install.

Sedangkan cara manual dapat dilakukan dengan menggunakan Samsung Kies dan Flashing menggunakan ODIN. Tetapi pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas secara detail tentang Flashing Firmware / Stock ROM Samsung M20 SM-M205G via ODIN.

Adapun manfaat melakukan flash firmware diantaranya adalah untuk memperbaiki bootlop (stack di logo) yang kerap terjadi ketika ponsel mengalami masalah, update / downgrade OS, mengatasi kamera gagal Samsung, lupa kunci pola / PIN, memperbaiki custom binary blocked by FRP Samsung, menghapus virus / malaware, unroot, dan sebagainya.

Nah, bagi kalian yang membutuhkan panduan flashing firmware Galaxy M20, berikut ini tutorialnya yang dibahas secara detail, lengkap dengan gambar untuk memudahkan dalam melakukan proses flashing. Selain itu, disediakan pula link download Firmware / Stock ROM yang bisa kalian dapatkan secara gratis.

Cara Flash Firmware Samsung M20

Dalam proses flashing firmware, tentu kita membutuhkan beberapa alat beserta aplikasi yang diperlukan. Apa saja itu? Berikut daftarnya.

1. Alat dan Aplikasi

  1. Smartphone Galaxy M20 SM-M205G.
  2. Kabel USB. Disarankan yang asli.
  3. Komputer berbasis Windows, baik laptop maupun PC.
  4. Download kemudian Install SAMSUNG_USB_Driver_Mobile.exe (35,1 MB) kedalam komputer, setelah itu lakukan restart.
  5. Download lalu ekstrak aplikasi ODIN3_v3.13.3.zip (2,47 MB) serta simpan ditempat yang mudah dilihat, contohnya di desktop.
  6. Download Firmware Samsung Galaxy M20 SM-M205G XID (Android Q 10) (2,93 GB). Setelah itu, ekstrak menggunakan aplikasi winrar / 7zip sehingga ekstensi filenya berubah menjdi .tar.md5.
Jika semua yang diperlukan sudah siap, selanjutnya menuju ke proses flashing. Tetapi sebelum melakukannya, silahkan lakukan BACKUP ROM Sistem Samsung M20 kalian agar ketika ponsel mengalami masalah (bootlop), bisa dikembalikan kesedia kala.

2. Proses Flashing Firmware

Peringatan!
Silahkan gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat dari melakukan flashing HP Anda. AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta informasi yang ada di situs web ini.

Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Step #1. Matikan HP hingga mati total kemudian masuk ke "Downloading Mode Samsung Galaxy M20 SM-M205G". Caranya silahkan tekan tombol "Volume Atas + Volume Bawah + Power" secara bersamaan sampai ponsel. Setelah berada di menu "Warning", lanjutkan menekan tombol "Volume Atas".

Step #2. Buka aplikasi ODIN yang ada di dalam komputer kalian dengan cara mengklik kanan pada file ODIN3.exe kemudian pilih "Run as administrator".

Step #3. Hubungkan smartphone dengan komputer menggunakan kabel USB. Ketika ODIN mendeteksi adanya ponsel yang terhubung, maka akan muncul pesan "Added!!" pada tab "Log". Tetapi apabila tidak muncul, coba pindahkan kabel USB ke port lain atau ganti kabel USB dengan yang lainnya.

Step #4. Selanjutnya, pada ODIN klik pada tab "Options" dan centang () pada bagian "F. Reset Time" serta "Auto Reboot".

Step #5. Klik tombol "AP" yang ada disamping kanan ODIN lalu cari serta pilih file firmware Galaxy M20 yang sudah mempunyai ekstensi .tar.md5 (bukan .zip/.rar).

Step #6. Untuk memulai proses flashing, silahkan klik tombol "Start" dan tunggu hingga proses pemasangannya selesai. Apabila proses pemasangan berhasil, maka aplikasi ODIN akan memunculkan pesan PASS!!. Tetapi apabila pesan yang muncul FAIL!!, berarti prosesnya gagal.

Step #7. Saat proses flashing berhasil, HP dengan sendirinya akan melakukan Restart / Reboot. Nah pada tahap ini proses flashing sudah selesai dan kalian sudah bisa mencabut kabel USB yang menghubungkan ponsel dengan komputer.

Ringkasan Flashing Firmware

  1. Matikan HP Galaxy M20 hingga mati total.
  2. Tekan tombol "Power + Vol Up + Vol Down" untuk masuk ke "Downloading Mode". Setelah itu tekan lagi tombol "Volume atas".
  3. Hubungkan ponsel ke Komputer menggunakan kabel USB.
  4. Jalankan aplikasi ODIN dengan cara klik kanan lalu pilih "Run As Administrator".
  5. Klik tab "Options" pada ODIN lalu ceklis "F. Reset Time" dan "Auto Reboot".
  6. Klik tombol "AP" dan cari file firmware Galaxy M20.
  7. Klik "Start" untuk memulai proses flashing dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Ketika proses flashing berhasil, ponsel akan melakukan reboot/restart otomatis.
  9. Selesai.

Solusi Gagal Flashing Firmware

Jika kalian mendapati kegagalan (fail) saat proses flashing, cobalah beberapa tips di bawah ini untuk mengatasinya.
  1. Baca secara teliti panduan di atas jangan sampai ada yang terlewatkan.
  2. Ganti kabel USB dengan yang baru.
  3. Cek port USB, jangan sampai bermasalah.
  4. Cek file firmware/ROM, pastikan tidak rusak (corrupt) setelah selesai di unduh.
  5. Install ulang Samsung USB Driver.exe dan restart komputer.
  6. Cek firmware, apakah sudah sesuai dengan nomor model HP ataukah tidak.
  7. Perbarui Samsung USB Driver dan aplikasi ODIN ke versi teranyar.
  8. Pastikan ODIN dijalankan dengan cara Run as administrator.
Setelah semua tips di atas sudah kalian lakukan dan masih tetap mengalami kegagalan, cobalah untuk memeriksa HP Samsung M20 kalian, jangan sampai mengalami masalah dan membutuhkan penanganan khusus (service).

Nah, itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara flashing firmware Samsung Galaxy M20 SM-M205G XID Indonesia. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung. Salam!