Resetter Epson L3250 Terbaru 2024 + Cara Reset

AndroLite.com : Download Resetter Adjustment Program (AdjProg.exe) Epson L3250 Terbaru 2024 - Aplikasi Resetter Epson L3250 Adjustment Program atau AdjProg adalah sebuah tool / alat yang sangat membantu untuk mereset Printer Epson yang sedang mengalami berbagai masalah. Misalnya lampu indikator tinta/kertas berkedip bergantian/bersamaan non stop, muncul notifikasi "Ink waste is full, service required, it is nearly time to reset the ink levels, it is time to reset the ink levels" dan pesan error lainnya.

Nah, resetter AdjProgram ini merupakan solusi termudah dan terbaik untuk mereset Epson L3250 tanpa harus membongkar printer atau membawanya ke tukang service. Betapa tidak, salah satu fungsi yang paling dapat diandalkan pada resetter ini adalah untuk menormalkan Waste ink pad counter / service required, menormalkan kembali batas kapasitas maksimal kertas yang telah dicetak menjadi 0 atau kembali baru, mengatasi lampu berkedip bergantian dan masih banyak lagi.

Khusus untuk printer Epson L3250, walaupun printer ini masih tergolong seri terbaru dari L Series, akan tetapi setelah penggunaan yang cukup lama pasti akan mengalami berbagai permasalahan. Baik itu yang ringan maupun error yang berat. Nah, maka dari itu, melalui postingan kali ini AndroLite.com akan berbagi tentang Bagaimana Cara Reset Epson L3250. Baik itu reset secara manual ataupun menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program + link unduhnya secara gratis.

1. Ciri-Ciri Printer Epson L3250 Perlu Direset

Sebelum lanjut ke proses bagaimana cara reset printer epson L3250, sebaiknya kalian harus mengetahui beberapa tanda-tanda printer yang memerlukan tindakan reset. Dalam hal ini ada beberapa tanda-tanda dasarnya, baik itu tanda pada printer itu sendiri, maupun melalui notifikasi yang ditampilkan pada layar komputer PC ataupun Laptop.

Salah satu tanda-tanda yang bisa kalian lihat adalah dengan munculnya kedipan pada lampu indikator power/resume dan tinta/kertas secara bergantian / bersamaan tanpa henti seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Adapun tanda-tanda yang dimunculkan pada layar komputer biasanya akan muncul kotak dialog pada bagian sudut kanan bawah pada layar yang isinya berbeda-beda. Tergantung jenis errornya. Misalnya Ink waste is full, Ink pad is at the end of its service live, service required, it is time to reset the ink levels, it is nearly time to reset the ink levels dan lain sebagainya. Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Nah, dari ketiga contoh gambar yang ditampilkan di atas, dapat dipastikan bahwa jenis errornya merupakan permasalahan yang cukup ringan saja dan untuk mengatasinya cukup dengan melakukan reset. Baik itu secara manual ataupun reset otomatis menggunakan aplikasi Resetter AdjProg.exe khusus printer Epson L3250.

Baca juga: Download Kumpulan Resetter AdjProg Epson L Series Terbaru

2. Cara Reset Epson L3250

Khusus untuk melakukan reset printer Epson L3250 yang mengalami permasalahan ringan, cukup melakukan reset dan tanpa harus membongkar printer. Cara reset Epson L3250 sendiri terbagi kedalam dua cara. Yaitu secara manual tanpa menggunakan aplikasi apapun dan menggunakan aplikasi resetter terbaru.

2.1. Cara Reset Manual (Tanpa Aplikasi)

Salah satu cara yang paling mudah untuk mereset printer epson L3250 adalah menggunakan cara manual. Karena selain mudah dalam penerapannya juga tidak membutuhkan software apapun. Untuk panduannya, bisa kalian lihat di bawah ini.

  1. Lepas kabel daya yang menhubungkan printer ke listrik selama kurang lebih 2-3 menit.
  2. Bila sudah, hubungkan kabel daya, lalu nyalakan kembali printer seperti biasanya.
  3. Ketika printer telah menyala sempurna, tekan dan tahan tombol RESUME (logo tinta) sekitar 5 detik, kemudian lepaskan.
  4. Setelah itu, tekan lalu tahan kembali tombol RESUME selama 3 detik, lalu lepaskan.
  5. Tunggu beberapa saat hingga printer selesai melakukan proses reset. (kira-kira membutuhkan waktu 1 hingga 2 menit).
  6. Ketika reset berhasil, maka lampu indikator printer akan berhenti berkedip dan kembali menyala normal.
  7. Selesai.

2.2. Reset Otomatis Menggunakan Resetter AdjProg.exe

Nah, ketika kalian gagal dalam mereset printer epson L3250 kalian menggunakan cara manual tanpa aplikasi, sebaiknya gunakan cara reset otomatis menggunakan resetter Adjustment Program. Namun sebelum melangkah ke cara penggunaannya, kalian harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di bawah ini.

2.2.1. Download Resetter Epson L3250 AdjProg Gratis

PrinterEpson L Series
SeriEcoTank L3250
FileAdjustment Program (Adjprog.exe)
Ukuran4,2 MB
Windows7, 8, 8.1, 10 (32/64bit)
DownloadAdjProg.exe Epson L3250
Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Epson L3250, silahkan matikan terlebih dahulu Antivirus komputer kalian (jangan khawatir, karena file ini bukanlah virus).
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).
Catatan : Aplikasi Resetter di atas, selain bisa digunakan untuk seri L3250, juga bisa dipakai untuk seri L1210, L3210, L3251, L3260 dan L5290.

2.2.2. Cara Menggunakan Resetter Epson L3250

  1. Pertama, silahkan ekstrak file resetter menggunakan aplikasi 7Zip ataupun WinRar (disarankan untuk menonaktifkan antivirus terlebih dahulu).
  2. Setelah itu, buka folder yang telah di ekstrak kemudian jalankan aplikasi Resetter Adjprog.exe yang ada didalamnya.
  3. Masukkan password "i-loadzone.com" ketika aplikasi ini memintanya.
  4. Setelah aplikasi terbuka, silahkan pilih [Select].
  5. Di bagian Model Name, pilih seri printer yang kalian gunakan. Setelah itu lalu klik tombol [OK].
  6. Selanjutnya, pilih [Particular Adjustment Mode].
  7. Lanjutkan lagi memilih [Waste ink pad counter], kemudian [OK].
  8. Tahap berikutnya, Centang pada bagian [Main pad counter], [Platen pad counter] dan [Ink System pad pounter]. Setelah itu klik tombol [Check].
  9. Bila sudah, Centang kembali [Main pad counter], [Platen pad counter] dan [Ink System pad pounter] kemudian pilih [Initialize].
  10. Tunggu beberapa waktu sampai proses reset printer Epson L3250 selesai dilakukan. Dalam hal ini biasanya membutuhkan waktu kira-kira 1 hingga 3 menit.
  11. Ketika proses reset telah selesai dilakukan, maka akan muncul dialog kecil yang berisikan pesan "Please Turn Off and Turn On your printer" pada monitor komputer.
  12. Selanjutnya, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer epson L3250 kalian.
  13. Apabila proses reset berhasil, maka semua lampu indikator pada Printer akan berhenti berkedip-kedip dan menyala dengan normal. Selesai.

Baca juga: Download Gratis Resetter Epson L3210 + Cara Reset

4. Solusi Gagal Reset Epson L3250

Ada beberapa penyebab yang sering ditemui ketika printer Epson L3250 gagal tereset. Biasanya hal tersebut berasal dari hardware printer itu sendiri. Seperti cartridge, roller, tabung pembuangan tinta, kabel daya, busa penyerapan sisa tinta dan lain sebagainya. Nah, ketika kegagalan reset terjadi pada printer kalian, maka cobalah untuk memeriksa beberapa bagian-bagian hardware berikut ini.

  1. Cartridge - Cobalah lepas cartridge terlebih dahulu, kemudian bersihkan menggunakan tissu.
  2. Tabung Pembuangan Sisa Tinta (Vacum) - Periksa Tabung Pembuangan Sisa Tinta (Vacum). Bila penuh, silahkan sedot sisa tinta yang ada di dalamnya.
  3. Roller - Periksa pada bagian roller (tempat keluarnya kertas). Pastikan tidak ada benda asing yang menghalanginya. Seperti robekan kertas, besi dan benda-benda asing lainnya.
  4. Tabung Tinta - Pastikan tabung tinta masih ada isinya. Bila sudah habis, silahkan isi ulang kembali. Periksa juga selangnya jangan sampai terlipat, terjepit ataupun macet.
  5. Selang Tinta - Periksa selang tinta yang menghubungkan tabung dengan cartridge. Pastikan selang ini tidak terjepit atau terlipat yang menyebabkan kemacetan aliran tinta.
  6. Kabel Daya - Periksalah kabel daya printer. Pastikan sudah terhubung dengan baik. Atau bisa juga kalian cabut dulu selama kurang lebih 1-3 menit sebelum melakukan reset.
  7. Lain-Lain - Periksalah beberapa bagian penting lainnya yang kalian rasa menjadi penyebabnya. Misalnya, kabel USB, busa tinta (tempat berhentinya cartridge saat sedang tidak digunakan), dan sebagainya.

Setelah kalian melakukan berbagai pemeriksaan pada bagian-bagian printer Epson L3250 yang telah disebutkan di atas, namun printer tetap bermasalah, maka langkah terakhir yang harus kalian lakukan adalah membawanya ke tukang service terdekat yang ada di tempat kalian.

Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana cara reset printer Epson L3250 secara manual tanpa aplikasi dan otomatis menggunakan resetter Adjustment Program (AdjProg.exe) pada kesempatan kali ini. Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung dan Salam!