Recovery Mode + Cara Hard Reset Samsung Galaxy A20s

Recovery Mode + Cara Hard Reset Samsung Galaxy A20s - Walaupun Samsung Galaxy A20s merupakan salah satu smartphone populer saat ini, tetapi ponsel besutan perusahaan raksasa asal Korea Selatan ini juga kerap mendapatkan masalah atau error layaknya smartphone Android pada umumnya. Misalnya bootlop (stuck di logo), lupa kunci pola, aplikasi force close, sayangnya aplikasi telah berhenti, ponsel lambat, memori internal tidak mencukupi dan sebagainya.

Nah, ketika ponsel kalian mendapati salah satu masalah tersebut, kalian jangan langsung panik karena untuk mengatasinya ada beberapa solusi yang bisa dilakukan, termasuk melakukan hard reset. Hard reset ini sendiri hanya dapat dilakukan melalui mode recovery yang sudah tertanam di dalam ponsel. Tetapi lain halnya ketika posel tidak bisa booting / mati total, maka perlu ditangani dengan cara Flashing Firmware Samsung via ODIN.

Apa Itu Recovery dan Hard Reset?

Recovery mode atau juga dikenal sebagai CWM/TWRP merupakan sebuah partisi bootable khusus yang berisikan aplikasi / fitur pemulihan yang memungkinkan pemiliknya untuk memperbaiki masalah atau error ringan pada perangkat. Secara teknis, Recovery dapat digunakan untuk meng-upgrade sistem operasi (firmware), wipe data / factory reset, menghapus cache, masuk ke downloading mode dan sebagainya.

Sementara hard reset sendiri atau juga dikenal dengan istilah factory reset atau master reset, merupakan pemulihan perangkat kekeadaan semula / kembali baru (seperti baru keluar dari pabrik) dengan cara mengembalikan semua pengaturan, aplikasi, dan menghapus semua data (foto, dokumen, video, aplikasi) yang pernah ditambahkan oleh pengguna.

Nah sehubungan dengan hal tersebut di atas, pada tutorial kali ini akan dibahas secara singkat mengenai bagaimana cara melakukan hard reset Samsung Galaxy A20s melalui recovery mode yang berlaku untuk semua seri A20s, diantaranya SM-A207F, SM-A207FN (Global); SM-A207U (USA); SM-A207GN, SM-A207YN, SM-A207G, SM-A207W.

Namun sebelum melakukannya, sangat dianjurkan untuk melakukan BACKUP sistem atau data terlebih dahulu. Hal ini diperlukan karena dapat mengakibatkan terhapusnya semua data yang ada di dalam penyimpanan internal ponsel. Seperti foto, video, aplikasi, dokumen. Backup data dapat dilakukan dengan memindahkannya ke memori eksternal (microSD), komputer, penyimpanan cloud dan sebagainya.

Recovery Mode Samsung A20s

Sebelum melakukan hard reset, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke mode recovery terlebih dahulu. Dalam hal ini ada dua cara yang dapat dilakukan (tergantung kondisi perangkat), pertama metode umum dan kedua karena lupa kunci pola yang menyebabkan ponsel tidak bisa dimatikan (dinonaktifkan).

CARA #1 : Metode Umum


  1. Nonaktifkan perangkat hingga mati total.
  2. Tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS". Saat logo booting Samsung muncul, segera lepaskan tombol POWER namun tetap menekan tombol VOLUME ATAS.
  3. Ketuk layar / tunggu beberapa saat saat layar memperlihatkan "No Command" dan secara otomatis ponsel akan langsung masuk recovery mode.
  4. Untuk memindahkan selector naik turun, gunakan tombol volume dan tombol power / daya untuk memilih.

CARA #2 : Lupa Kunci Pola


  1. Dalam keadaan ponsel menyala, tekan lalu tahan tombol "POWER + VOLUME BAWAH".
  2. Saat layar hitam / blank, lepaskan tombol VOLUME BAWAH kemudian segera pindahkan jari ke tombol "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan tombol "POWER" (lakukan dengan cepat).
  3. Pada saat layar menampilkan logo booting Samsung, silahkan lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Setelah di layar muncul pesan "No Command", silahkan ketuk layar atau tunggu beberapa saat untuk masuk ke mode recovery.
  5. Untuk navigasi naik turun, gunakan tombol pengatur suara dan tombol power / daya untuk memilih menu.

Hard Reset Samsung A20s

Setelah berada di dalam recovery mode, tahapan selanjutnya adalah melakukan hardreset Samsung Galaxy A20s. Bagaimana melakukannya? berikut langkah-langkahnya.
  1. Arahkan ke menu "WIPE DATA / FACTORY RESET" menggunakan tombol volume.
  2. Tekan tombol "POWER" untuk memilih menu tersebut.
  3. Arahkan lagi ke "YES" dan sekali lagi tekan tombol POWER untuk mengkonfirmasinya.
  4. Setelah itu, ponsel akan melakukan reset. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Selanjutnya, arahkan lagi ke menu "REBOOT SYSTEM NOW".
  6. Tunggu beberapa saat sampai perangkat selesai booting dan menyala sempurna.
  7. Terakhir, silahkan lakukan pengaturan sesuai keinginan.
  8. Selesai.
Catatan : Selain yang diarahkan di atas, jangan sekali-kali memilih menu lain yang ada di dalam menu recovery apabila masih belum paham fungsinya karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah baru bagi perangkat.
Demikianlah tutorial tentang bagaimana cara masuk menu recovery mode dan melakukan hard / factory reset Samsung Galaxy A20s pada kesempatan kali ini. Jika masih kurang paham, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih, salam!