Cara Memperbaiki Custom Binary Blocked by FRP Lock Samsung

Cara Memperbaiki Custom Binary Blocked FRP Lock Samsung - Bagi pengguna smartphone samsung yang suka melakukan kustomasi terhadap sistem operasi Android, mungkin sudah tidak asing lagi jika mendapatkan masalah Custom Binary yang diblokir oleh FRP Lock. Namun bagi pengguna baru, mungkin hal ini hal yang tidak wajar dan seringkali langsung panik ketika mendapati masalah ini.

Custom Binary Blocked biasanya terjadi karena proses kustumasi yang dilakukan terhadap smartphone. Misalnya melakukan pemasangan terhadap custom TWRP (Team Win Recovery Project), melakukan root dan melakukan upgrade/downgrade/install ulang rom android.

Lalu, bagaimana dan kenapa hal ini bisa terjadi? Singkatnya, custom binary terblokir yang disebabkan oleh OEM unlock yang ada di menu Developer Option tidak aktif atau tidak diaktifkan. Sehingga pada saat selesai melakukan kostumasi OS android dan posisi OEM unlock tidak aktif, maka ponsel tidak akan bisa masuk ke menu cwm/custom twrp dan bahkan untuk masuk ke layar utama sistem. Hal ini biasa disebut bootloop (login stuck hingga logo smratphone saja).

Jadi ketika sobat mengalami atau mendapati hal ini pada smartphone samsung yang sobat miliki, jangan panik dulu. Karena semua masalah yang ada pasti ada solusinya, begitu juga masalah-masalah yang terjadi pada smartphone samsung.
Nah, berikut ini androlite akan menguraikan secara singkat dan jelas untuk menyelesaikan masalah Custom Binary Blocked FRP Lock Samsung. Namun sebelum lanjut saya perlu mengingatkan kepada sobat, bahwa apabila smartphone sobat mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh informasi yang ada di website ini, admin / penulis di web androlite.com tidak bertanggungjawab.

Memperbaiki Custom Binary Terblokir

Untuk memperbaiki custom binary blocked cukup dengan melakukan pemasangan ROM baru kedalam ponsel. Pemasangan ROM baru ini bisa dilakukan dengan 2 cara.
  1. Pertama dengan flash/install ulang ROM android kalian. Untuk tutorialnya, silahkan buka artikel Cara Flash / Install Ulang ROM Android melalui aplikasi ODIN.
  2. Kedua pemasangan ROM baru melalui aplikasi Samsung Kies 3. Untuk cara yang kedua inilah yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti tahapan-tahapannya berikut ini.
Langkah #1. Download Samsung USB Driver kemudian install/pasang kedalam komputer. Dan jangan lupa restart komputer sobat sesaat setelah proses pemasangannya selesai.

Langkah #2. Download aplikasi Samsung Kies3 kemudian install kedalam komputer. Setelah terpasang, jalankan aplikasi tersebut. Selanjutnya, klik menu "Tools" lalu pilih "Firmware upgrade and Initialisation".



Langkah #3. Masukkan model number pada kolom yang disediakan. Misalnya SM-J700F (untuk Samsung Galaxy J7), SM-J500F (untuk samsung galaxy J5) atau model samsung lainnya. Biasanya untuk modelnya, bisa kita dapatkan di dus atau di dalam smartphone itu sendiri. Tepatnya di bawah baterai. Setelah nomor model dimasukkan, selanjutnya klik OK.

Langkah #4. Masukkan lagi kode serial number (S/N). Untuk kode ini bisa sobat temukan di bagian dalam atau di bagian dus smartphone. Biasanya jika ingin melihatnya pada bagian dalam ponsel, terlebih dahulu kita harus melepas penutup belakang dan melepas baterai. Tapi tidak semua nomor serial number bisa di temukan di bagian tersebut, tergantung dari model smarphone itu sendiri. Yang jelasnya, silahkan cari nomor kode yang di depannya bertuliskan S/N. Setelah kode serial number dimasukkan, langkah berikutnya adalah mengklik OK > OK.



Langkah #5. Setelah tombol OK di klik pada aplikasi Kies3, maka akan ada sebuah pop-up di layar komputer yang meminta agar kita menghubungkan ponsel ke komputer. Nah pada tahap ini, silahkan non aktifkan ponsel samsung sobat kemudian masuk ke Menu Downloading. Caranya cukup menekan tombol Home+Power+Volume Bawah secara bersamaan kurang lebih 3-5 detik. Setelah itu lanjutkan dengan menekan tombol Volume Atas untuk contiune atau melanjutkan.

Langkah #6. Sambungkan smartphone ke komputer melalui kabel USB. Dalam hal ini saya sarankan agar menggunakan kabel asli agar smartphone bisa terbaca sempurna oleh aplikasi Kies3.

Langkah #7. Kembali ke komputer. Setelah smartphone sudah terhubung secara sempurna dengan komputer, otomatis tombol "Start Upgrade" akan aktif. Silahkan mengklik tombol tersebut untuk memulai proses pemasangan Firmware / ROM baru dan tunggu hingga prosesnya selesai.
Catatan !!!
Sebagai catatan, untuk proses tersebut diperlukan sambungan ke internet. Jika tidak terhubung, maka prosesnya tidak akan bisa dilanjutkan. Karena proses pemasangan Firmware ROM akan dilakukan dari server samsung yakni melalui sambungan internet.
Langkah #8. Apabila proses pemasangan berjalan dengan sempurna dan berhasil, maka smartphone sobat akan melakukan restart dengan sendirinya dan akan langsung menuju ke menu pengaturan awal. Menu yang sama seperti saat sobat baru pertama kali menggunakan ponsel tersebut. Selesai.
Cara di atas bisa sobat gunakan untuk kategori Smartphone Samsung Galaxy Series berikut ini :
  • Samsung Galaxy J Series = SM-J100H, SM-J120G, SM-J105F, SM-J110G, SM-J111F, SM-J106B, SM-J200G, SM-G532G, SM-J320G, SM-J500G, SM-J510FN, SM-J700F, SM-G610F, SM-J710FN, SM-J730G
  • Samsung Galaxy A Series = SM-A320Y, SM-A300H, SM-A310F, SM-A500F, SM-A520F, SM-A510FD, SM-A710FD, SM-A720F, SM-A910F
  • Samsung Galaxy E Series = SM-E500H, SM-E700H
  • Samsung Galaxy S Series = SM-G920F, SM-G925F, SM-G9287C, SM-G930FD, SM-G935FD, SM-950FD, SM-955FD
  • Samsung Galaxy Note Series = SM-N910H, SM-N9208
  • Samsung Galaxy Tab Series = SM-P355, SM-T231, SM-T531, SM-T705, SM-T719Y, SM-T116NU, SM-T285, SM-T365, SM-T715Y, SM-T805, SM-T815Y, SM-T819Y, SM-T585Y, SM-T111

Jika Gagal, Apa yang Harus Dilakukan?

Jika proses tersebut di atas gagal, maka akan ada pesan atau pemberitahuan dari aplikasi Samsung Kies3. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut tips yang bisa saya berikan.
  1. Silahkan baca dengan teliti langkah-langkahnya. Jangan sampai ada yang terlewatkan.
  2. Periksa sambungan internet sobat. Usahakan pada saat pemasangan, sambungan ke internet harus stabil dan jangan sampai terputus.
  3. Periksa kabel USB yang sobat gunakan. Jika ada masalah dengan kabel USBnya, silahkan ganti dengan yang lain.

Bantuan dan Saran

Agar Custom Binary tidak terblokir lagi, caranya sangatlah mudah. Cukup dengan mengaktifkan mode "OEM Unlock" yang ada di dalam menu "Developer Option". Berikut langkah-langkahnya.
  1. Masuk ke menu Settings. Kemudian gulir ke bawah dan temukan "Developer Option". Jika menu ini tidak ada atau tersembunyi, silahkan ikuti penjelasannya berikut ini.
    • Cari dan buka "About device/Tentang ponsel".
    • Gulir kebawah dan tap pada "Software Info".
    • Tap pada "Build Number" sebanyak 5 hingga 7 kali hingga ada pesan yang mengatakan bahwa Developer Option sudah aktif.
    • Tekan tombol kembali sampai pada menu utama settings. Sobat akan menemukan menu tersebut tepat di urutan kedua dari bawah.
  2. Selanjutnya, masuk ke menu Developer Option. Cari dan aktifkan "OEM Unlock".
  3. Selesai
[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:


Semoga informasi Bagaimana Cara Memperbaiki Custom Binary Blocked FRP Lock Samsung tersebut di atas bisa memberikan manfaat kepada sobat yang membutuhkan. Dan jika ada kendala dalam mengaplikasikan hal tersebut di atas, silahkan meninggalkan komentar atau menghubungi admin situs ini. Terima kasih dan salam.