4 Cara UNROOT (Hapus Root) Semua HP Android

Cara UNROOT (Hapus Root) Android untuk Semua Jenis Android Terbaru - Ada beberapa alasan mengapa orang ingin melakukan UNROOT, diantaranya adalah karena ingin mendapatkan update sistem operasi terbaru, ingin mengamankan perangkat dari gangguan virus, ingin melakukan klaim garansi dan masih banyak lagi faktor lainnya.

Berbicara mengenai UNROOT, paling tidak ada 3 cara untuk melakukannya, pertama flashing ulang firmware / ROM, kedua menghapus file root secara manual & ketiga menggunakan bantuan aplikasi android. Tetapi untuk yang pertama, tidak akan kita bahas kali ini. Mungkin dilain waktu dan kesempatan.

Sebelum melakukan Unroot, langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah melakukan backup terhadap semua data dengan cara menyalinnya ke kartu memori SD/Eksternal, komputer atau ke cluoud (penyimpanan data online), karena ketika melakukan unroot, maka kemungkinan besar semua data yang tersimpan di memori internal / telepon akan ikut terhapus.

Cara UNROOT Semua HP Android

1. Unroot Dengan Cara Flash Firmware

Salah satu metode yang paling manjur untuk menghapus Root, adalah dengan melakukan Flash Firmware. Untuk caranya sendiri, silahkan kalian cari di google atau youtube.

Tetapi bagi kalian pengguna HP Samsung, kalian bisa melihat tutorialnya di Cara Flash Firmware / Stock ROM Samsung via ODIN.

2. Unroot Dengan Super SU

Sejauh ini, aplikasi yang bagus & cepat untuk digunakan dalam melakukan Unroot adalah aplikasi Super SU. Aplikasi ini bisa kalian dapatkan secara gratis di Google Play Store. Berikut cara melakukan Unroot terhadap perangkat android menggunakan super SU.
  1. Download kemuadian Install Super SU.
  2. Setelah proses install selesai, buka aplikasi tersebut kemudian pergi ke tab "Settings".
  3. Scroll ke bawah hingga mendapatkan tulisan "Full Unroot"
  4. Ketika kalian mengklik/mentap Full unroot, maka akan ada kotak konfirmasi persetujuan. Pilih "Continue"
  5. Setelah selesai, Super SU akan tertutup sendiri. Restart perangkat Anroid kalian.
  6. Saat ponsel sudah kembali menyala, langkah selanjutnya adalah Uninstall / hapus aplikasi Super SU. Selesai, ponsel android kalian sudah dalam keadaan normal atau sudah tidak root lagi.

3. Unroot Dengan Root Xplorer

Saat pertama kalian melakukan root terhadap perangkat android, aplikasi root akan menempatkan sebuah file kedalam sistem android. Dimana semua izin diberikan melalui file ini. Jadi, apabila kalian ingin melakukan Unroot, cukup menghapus file ini saja namun tingkat keberhasilannya sekitar 70% - 80% saja.
  1. Download, lalu install File Explorer.
  2. Setelah selesai, jalankan aplikasinya. Cari tab "Root" (biasanya berada disebelah kiri atas) & temukan folder "System" kemudian buka.
  3. Tap Folder "Bin" lalu scroll ke bawah & temukan file "SU". Hapus file tersebut. Untuk aplikasi root tertentu, kadang juga memasukkan file yang bernama "Busybox". Jika ada hapus juga file tersebut.
  4. Restar perangkat android kalian. Selesai.

4. Unroot Dengan Kingo Root

Mungkin sebagian dari kalian sudah tau apa itu aplikasi Kingo root PC. Iya, aplikasi ini selain bisa digunakan untuk melakukan Root terhadap device android, juga bisa dilakukan untuk melakukan Unroot. Tapi diperlukan alat tambahan lagi berupa PC/Laptop. Untuk menggunakannya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Unduh, ekstrak & install aplikasi Kingo Root ke dalam komputer.
  2. Aktifkan mode Debugging USB di ponsel kalian. (Pengaturan > Developer Option > USB Debugging Mode)
  3. Sambungkan ponsel ke komputer melalu Kabel USB (disarankan kabel asli).
  4. Jalankan aplikasi Kingo Root yang ada di komputer kalian dan tunggu hingga Kingoroot mendeteksi device android.
  5. Setelah terdeteksi, akan muncul pesan bahwa perangkat kalian dalam keadaan root. Di sana juga terdapat pilihan "Remove Root" lalu klik.
  6. Tunggu sekitar 2-5 menit hingga proses unroot selesai.

Rekomendasi Penggunaan

Tiga tutorial unroot di atas bisa digunakan untuk semua jenis ponsel/tablet & bisa digunakan untuk berbagai jenis merek perangkat seperti Samsung, sony, realme, advan, lenovo, evercoss, xiaomi, redmi, asus, oppo & masih banyak lagi.

Jika ketiga cara tersebut diatas tidak satupun yang berhasil, silahkan meninggalkan komentar atau bisa menghubungi admin melalui formulir kontak yang telah disediakan. Terima kasih dan salam.