Cara Flash Firmware Samsung A50 SM-A505F Android Q 10

AndroLite.com : Cara Flash Stock ROM (Firmware) Samsung Galaxy A50 SM-A505F Android Q 10 / Pie 9 - Samsung Indonesia resmi membawa Galaxy A50 ke Tanah Air pada Maret 2019 lalu dengan membawa bebera fitur dan spesifikasi unggulan dikelasnya. Ini adalah ponsel high-end yang diperuntukan untuk pasar kelas menengah atas dan meluncur dengan nomor model SM-A505F.

Saat pertama kali meluncur, Samsung Galaxy A50 dijalankan oleh sistem operasi Android Pie 9.0 yang dibungkus oleh balutan antarmuka One UI. Sejak peluncurannya tersebut, perangkat ini kini telah banyak mendapatkan pembaruan sistem operasi, termasuk didalamnya perbaikan bug, peningkatan kinerja dan keamanan, penambahan beberapa fitur baru dan sebagainya.

Dalam hal update Samsung A50, setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, termasuk update via OTA dan flashing Stock ROM / Firmware. Update OTA dapat dilakukan melalui menu Pengaturan / Settings > Software Update > Download and Install. Sementara untuk flashing ROM, prosesnya sedikit lebih rumit dan hal inilah yang akan kita bahas pada tutorial kali ini.

Flash Firmware Samsung Galaxy A50 ini sendiri memiliki beberapa keuntungan dibandingkan update via OTA, termasuk memperbarui OS, menghapus root, mengatasi bootlop, memperbaiki lupa kunci pola, kamera gagal Samsung, menghapus virus, custom binary blocked by FRP Samsung, softbrick dan sebagainya.

Download Firmware Samsung Galaxy A50 SM-A505F

PhoneSamsung Galaxy A50
ModelSM-A505F
NegaraIndonesia - XID
ANDROID Q 10
UpdateApril 2020
PDAA505FDDS5BTJA
CSCA505FOLE5BTH9
Ukuran3.76GB
DownloadAndroid Q 10
ANDROID PIE 9
UpdateFebruari 2020
PDAA505FDDS4ATB6
CSCA505FOLE4ATA1
Ukuran3.44GB
DownloadAndroid Pie 9
Catatan : Ekstrak file firmware yang telah diunduh menggunakan aplikasi WinRar atau 7-Zip.

Cara Flash Samsung A50 SM-A505F

Untuk mem-flash Galaxy A50, tentu kita harus mempersiapkan segala peralatan dan aplikasi yang diperlukan. Apa saja itu, berikut daftar lengkapnya.

1. Alat dan Aplikasi

  1. Samsung Galaxy A50 SM-A505F.
  2. Komputer, baik berupa PC maupun Laptop yang berbasis Windows.
  3. Sebuah Kabel USB, disarankan yang asli atau bawaan ponsel.
  4. Download dan Install SAMSUNG_USB_Driver_Mobile.exe (35,1 MB). Lakukan restart sesudah penginstallan.
  5. Unduh dan ekstrak aplikasi ODIN3_v3.13.3.zip (2,47 MB) (tidak perlu diinstall) dan simpan ditempat yang mudah ditemukan, misalnya di desktop.
Setelah semua peralatan dan file yang diperlukan di atas sudah dipersiapkan, selanjutnya adalah proses pemasangan / flashing Stock ROM / Firmware kedalam Galaxy A50.

Tetapi sebelum melakukannya, sangat disarankan untuk melakukan BACKUP ROM sistem. Ini untuk menjaga ketika proses flashing mengalami kegagalan, maka kalian bisa dengan mudah melakukan restore ROM kekeadaan semula.

2. Proses Flashing Stock ROM / Firmware

Peringatan!
Silahkan gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat dari melakukan flashing HP Anda. AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta informasi yang ada di situs web ini.

Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Step #1. Matikan ponsel hingga off total. Kemudian tekan tiga tombol "Volume Atas + Volume Bawah + Power" secara bersamaan hingga HP bergetar. Setelah itu lepaskan. Lanjutkan lagi menekan "Volume Atas" untuk masuk ke "Downloading Mode"

Step #2. Selanjutnya, buka komputer lalu buka aplikasi ODIN3. Jalankan aplikasi ini dengna cara mengklik kanan dan pilih "Run as administrator".

Step #3. Hubungkan HP Samsung A50 ke komputer menggunakan kabel USB. Apabila komputer dan PC terhubung dengan baik, maka akan muncul pesan "Added!!" pada tab "Log" ODIN. Jika tidak muncul, coba pindahkan kabel USB ke port lain / ganti kabel USB.

Step #4. Klik tab "Options" pada aplikasi ODIN, lalu ceklis () bagian "F. Reset Time" serta "Auto Reboot". Yang lain jangan dicentang.

Step #5. Berikutnya, klik tombol "AP" yang ada disamping kanan ODIN. Lalu cari dan pilih file Stock ROM/Firmware dengan ekstensi .tar.md5 (bukan .zip/.rar) kemudian klik "Open".

Step #6. Klik "Start" dan tunggu pemasangan firmware selesai. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 2 sampai 5 menit. Sesaat setelah prosesnya berhasil, maka akan ada notifikasi PASS!! di sudut kiri atas ODIN3. Tetapi jika pesannya FAIL!!, berarti gagal.

Step #8. Apabila proses instalasi berhasil, maka HP Galaxy A50 secara otomatis akan melakukan Restart / Reboot. Pada tahapan ini silahkan cabut kabel USB dan kemudian tunggu sampai ponsel menyala secara dengan sempurna. Selesai.

Ringkasan Instalasi Firmware

  1. Matikan smartphone Galaxy A50 hingga off total.
  2. Tekan tombol "Power + Vol Up + Vol Down" sampai bergetar/menyala. Tekan lagi tombol "Volume atas" untuk masuk ke "Downloading Mode".
  3. Sambungkan HP ke komputer menggunakan kabel USB.
  4. Jalankan aplikasi ODIN3.exe dengan cara klik kanan lalu pilih "Run As Administrator".
  5. Klik tab "Options" pada ODIN3 dan centang "F. Reset Time" dan "Auto Reboot".
  6. Klik tombol "AP" lalu cari / pilih file firmware Galaxy A50.
  7. Klik tombol "Start". Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  8. Ponsel akan melakukan restart secara otomatis dan tunggu sampai menyala sempurna.
  9. Selesai.

Solusi Jika Gagal Flashing Firmware

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gagalnya melakukan flashing Stock ROM / Firmware, diantaranya karena disebabkan oleh file / aplikasi rusak (corrupt), peralatan yang tidak memadai atau disebabkan adanya gangguan lain. Nah, ketika anda mengalami kegagalan, silahkan coba lakukan beberapa tips ini.
  1. Ganti kabel USB atau pindahkan ke port lain.
  2. Pastikan file firmware sudah sesuai dengan model Samsung Galaxy A50.
  3. Perbarui software ODIN dan Samsung USB Driver ke versi baru.
  4. Install ulang Samsung USB Driver.exe, kemudian restart komputer.
  5. Pastikan aplikasi ODIN berjalan sebagai Run as administrator.
  6. Periksa port USB, jangan sampai goyang ketika firmware di-flash.
  7. Periksa file firmware, jangan sampai rusak (corrupt) saat diunduh.
Apabila tips diatas sudah dilakukan, tetapi masih gagal, kemungkinan besar masalahnya ada pada ponsel itu sendiri. Jangan sampai sudah rusak dan membutuhkan penanganan khusus (service).

Nah, itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara flash firmware Samsung Galaxy A50 SM-A505F XID. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Salam!