Solusi Kamera Gagal Smartphone Samsung Semua Seri

Solusi (Cara Mengatasi) Kamera Gagal / Failed Semua Ponsel Samsung - Mengatasi sebuah smartphone yang mengalami Kamera Gagal pada saat kita gunakan, bisa dikatakan gampang-gampang susah. Mengapa saya katakan demikian, karena untuk mengatasinya, kita hanya perlu mengecek beberapa bagian penting, seperti mengecek kapasitas penyimpanan yang dalam hal ini adalah penyimpanan foto dan video dari kamera, menghapus cache kamera, mengecek apakah kartu memori rapat atau tidak, mengganti memori eksternal, melakukan update android, dan untuk cara yang paling sulitnya adalah membongkar smartphone.

Beberapa faktor yang menyebabkan masalah tersebut adalah karena hal sepele, seperti memori penyimpanan penuh, memori eksternal sebagai media penyimpanan video atau foto tidak terpasang rapat, adanya virus yang masuk ke smartphone, sistem operasi perlu diperbarui, kerusakan kamera pada smartphone dan masih banyak hal lainnya.

Nah, bagi kalian yang memiliki masalah pada kamera smartphone samsung yang kalian miliki, yang dalam hal ini "Kamera Gagal/Camera Failed" pada saat ingin digunakan, berikut ini solusi yang saya rasa perlu kalian coba.

Sousi Kamera Gagal Smartphone Samsung!

Berikut ini beberapa cara yang bisa kalian coba untuk menyelesaikan permasalahan pada kamera kalian dan dalam artikel ini, saya akan mengurutkannya mulai dari hal yang paling mudah terlebih dahulu, hingga yang paling rumit.

1. Hapus Cache Kamera.

Untuk menghapus cache kamera ini, kalian bisa melakukannya dengan cara membuka menu "Setting/Pengaturan > Aplikasi > Manejer Aplikasi > Kamera". Setelah itu lanjutkan dengan cara mengklik icon kamera yang ada pada manager aplikasi tersebut kemudian ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
  1. Tap "Paksa Berhenti".
  2. Tap pada "Penyimpanan" kemudian pilih "Hapus Data".
  3. Tekan tombol back. Kemudian coba jalankan aplikasi kameranya.
Jika sudah melakukan langkah di atas tetapi kamera masih gagal, selanjutnya coba langkah kedua berikut ini.

2. Hapus/Kosongkan Ruang Penyimpanan.

Salah satu yang juga menjadi penyebab kamera gagal adalah karena media penyimpanan sudah penuh. Untuk itu, kalian perlu mencoba untuk mengosongkan beberapa kapasitas ruang penyimpanan. Jika kalian menggunakan memori telepon/internal sebagai tempat penyimpanan file video dan foto hasil dari kamera smartphone kalian, silahkan hapus beberapa file yang ada di memori telepon/internal.

Namun jika kalian menggunakan kartu memori / memori eksternal sebagai media penyimpanan dari kamera, selanjutnya hapus beberapa file yang ada di kartu memori atau memori eksternal. Namun apabila masih belum berhasil juga, silahkan coba cara ketiga berikut ini.

3. Periksa Kartu Memori.

Apabila kalian menggunakan memori telepon sebagai media penyimpanan hasil dari kamera, sebaiknya langkahi cara ini dan langsung saja kalian lihat solusi yang keempat. Namun jika kalian menggunakan kartu memori / memori eksternal sebagai media penyimpanan kamera, sebaiknya periksa kartu memori kalian. Pastikan bahwa kartu memori kalian masih bagus (tidak rusak) dan apabila masih bagus, coba cabut kartu memori kalian, kemudian pasang kembali dan pastikan bahwa memori tersebut sudah rapat.

4. Bersihkan Cache Sistem Operasi.

Membersihkan cache sistem operasi merupakan salah satu solusi juga untuk memperbaiki kamera yang gagal. Cara untuk melakukan hal ini caranya sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Matikan smartphone kalian hingga posisi off total.
  2. Masuk ke menu CWM dengan cara menekan tombol "Power + Home + Volume Atas".
  3. Pilih menu "Clear cache partition". Untuk memilih menu ini, gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memindahkan pilihan dan gunakan tombol power untuk memilih menu yang diinginkan.
  4. Setelah selesai, pilih "Reboot sistem now".
  5. Tunggu hingga proses restart sistem kalian hingga masuk ke tampilan home. Selanjutnya coba kalian gunakan kamera kalian.
Apabila masih gagal juga, silahkan coba cara kelima berikut ini.

5. Factory Reset / Kembali Kepengaturan Awal Smartphone.

Melakukan factory reset atau kembali ke pengaturan awal mungkin salah satu solusi yang bisa kalian lakukan, namun cara ini akan menghapus semua aplikasi yang sudah terpasang pada smartphone kalian. Dengan kata lain, smatphone akan kembali seperti baru pertama kalian beli. Untuk melakukan factory reset, berikut caranya.
  1. Masuk ke menu "Pengaturan/Settings".
  2. Gulir ke bawah, temukan dan buka menu "Cadangkan dan Reset".
  3. Gulir ke bawah lagi dan pilih "Reset data pabrik".
  4. Tunggu beberapa saat hingga proses reset selesai. Secara otomatis, smartphone akan melakukan restart dengan sendirinya.
  5. Setelah smartphone sudah menyala kembali, selanjutnya coba kalian gunakan kameranya.

6. Perbarui / Update Sistem Operasi Android.

Cara ini sebenarnya tidak terlalu menjanjikan untuk menyelesaikan masalah kamera gagal ini, namun saya rasa cara ini patut untuk dicoba. Namun untuk melakukan pembaruan sistem diperlukan sambungan internet dan untuk melakukannya, caranya sangatlah mudah. Berikut tahapannya.
  1. Buka Menu "Settings/Pengaturan"
  2. Gulir ke bawah, temukan dan buka "About Device/Tentang Perangkat".
  3. Selanjutnya, pilih menu "Unduh pembaruan secara manual".
  4. Secara otomatis, perangkat kalian akan mengecek pembaruan yang tersedia. Tunggu beberapa saat.
  5. Lanjutkan dengan mentap "Unduh dan Pasang". Sekali lagi tunggu hingga selesai.
  6. Setelah proses pembaruan sistem selesai, selanjutnya jalankan kamera kalian.

7. Install / Flash Ulang ROM Android.

Cara ini adalah cara yang paling efektif apabila solusi nomor 1 sampai 6 diatas tidak berhasil. Namun sayangnya untuk solusi yang ketujuh ini, diperlukan sebuah komputer dan beberapa aplikasi yang diperlukan, serta ROM Android yang diperlukan. Jika kalian mau mencoba cara ini, silahkan baca tutorialya di:
Cara Install / Flash ROM Android Samsung via ODIN Terbaru.
Ingat, kalian harus teliti dalam menerapkan tutorial yang ada di artikel tersebut. Karena apabila tidak teliti, proses pemasangan / flash / penggantian ROM android akan gagal.

8. Ganti Kamera.

Apabila semua cara di atas sudah dilakukan, langkah terakhir yang bisa kalian tempuh adalah membawa smartphone ke Service Center Samsung / Tukang Servis yang kalian percaya yang ada di daerah kalian.

Dan apabila Kamera Masih Gagal, solusi yang paling terakhir adalah simpan smartphone kalian, terus datang ke toko dan katakan pada mereka, bang / mbak / kakak / adik / bapak / ibu "Saya mau beli smartphone baru." Hehehe, sorry becanda kawan. Tapi saya rasa ada benarnya juga! :D

Bantuan dan Saran!

Apabila kalian mengalami kesulitan dalam menerapakan solusi yang sudah saya jelaskan di atas, silahkan meninggalkan komentar pada kolom komentar yang sudah kami sediakan. Atau kalian bisa juga menghubungi admin secara langsung melalui Formulir Contact US.

Dan bagi kalian yang memiliki cara lain untuk menyelesaikan masalah pada kamera gagal ini, mohon untuk memberitahukannya kepada kami agar kami bisa menambahkannya ke dalam artikel yang ada di atas.

Itulah Solusi Kamera Gagal pada Android Semua Smartphone Samsung yang bisa saya berikan. Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang membutuhkannya, salam hangat dari kami, terima kasih dan sampai ketemu lagi di artikel berikutnya.