Cara Atasi / Reset Error P07 Canon MP287, MP258, MP237, iP2770

Tutorial/ Panduan Lengkap Bagaimana Cara Reset / Solusi Error P07/5B00 pada Printer Canon MP287, MP258, MP237, IP2770 yang juga berfungsi untuk Canon jenis iP2772, MP250, IP7270, E400, E510 dan beberapa Seri Printer CANON lainya dan download gratis aplikasi Resetter / Service Tool Canon.
AndroLite.com - Panduan Lengkap Bagaimana Cara Reset / Solusi Error P07/5B00 pada Printer Canon MP287, MP258, MP237, IP2770 - Printer merupakan perangkat eksternal komputer yang memiliki fungsi untuk melakukan cetakan dari bentuk digital seperti teks maupun gambar / foto ke dalam bentuk fisik. Selain itu, perangkat ini juga memiliki multi fungsi lain selain mencetak, termasuk scanner, fotocopy, fax dan sebagainya.

Meski demikian, printer juga terkadang memiliki permasalahan sendiri sewaktu ingin menggunakan, misalnya saja terjadi error The Following Ink May Have Run Out Black / Color, error dengan kode E05 yang menandakan bahwa Cartridge telah rusak, error P07/5B00 yang artinya Counter pencetakan sudah Full dan lain sebagainya.

Error dengan kode P07 / 5B00 biasanya muncul pada jenis printer Canon MP287, MP258, MP237, IP2770 dan sebagainya yang ditandai dengan lampu indikator orange yang secara terus menerus berkedip-kedip, diikuti kode pada P07 / 5B00 pada printer atau muncul pemberitahuan pada layar komputer dengan notifikasi seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Nah, apabila kalian mendapati permasalahan tersebut, kalian tidak perlu panik atau langsung membawanya ke tukang service printer, karena jenis error tersebut bisa kalian atasi dengan sangat mudah, yaitu dengan melakukan reset dengan menggunakan aplikasi Service Tool yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Reset Printer Canon Error P07 / 5B00

Sebelum proses reset, sudah tentu memerlukan beberapa persiapan yang dibutuhkan, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Download Resetter / Service Tool Canon lalu ekstrak filenya di desktop atau dimana saja sesuai keinginan kalian.
  • Kertas HVS sebanyak 2 atau 5 lembar untuk kebutuhan print test.
  • Komputer dan printer Canon MP287 yang akan di reset.
Setelah semua persiapan sudah selesai, selanjutnya mari kita menuju ke cara resetnya.
  1. Matikan printer hingga posisi off total dengan cara menekan tombol power tanpa melepas kabel power yang terhubung ke listrik dan pastikan bahwa kabel USB terhubung antara printer dengan komputer.
  2. Nyalakan kembali printer seperti biasanya dan tunggu hingga menyala dengan sempurna.
  3. Selanjutnya tekan dan tahan tombol STOP / RESET terlebih dahulu. Setelah itu tekan lagi tombol POWER dengan tetap menekan tombol STOP / RESET. Jadi kedua tombol tersebut akan tertekan oleh kedua jari kalian.
  4. Setelah itu, lepaskan jari yang menekan tombol STOP / RESET dan jari satunya masih tetap menekan tombol POWER.
  5. Selanjutnya, tekan tombol STOP / RESET sebanyak 6 (Enam) kali. Saat menekannya, lakukan dengan perlahan dan pada tekanan keenam, tahan sebentar tombol STOP / RESET kemudian lepaskan secara bersamaan dengan tombol POWER.
  6. Jika reset berhasil dilakukan, maka pada layar komputer akan ada notifikasi penginstallan kembali driver printer canon. Silahkan tunggu hingga prosesnya selesai.
  7. Setelah itu, masukkan kertas sebanyak 2-5 lembar ke dalam printer. Hal ini diperlukan karena saat proses reset selanjutnya, print akan melakukan cetakan.
  8. Tahap selanjutnya adalah mereset printer dengan menggunakan Aplikasi Canon Service Tool. Caranya, jalankan aplikasi Service tool yang telah kalian download dengan cara klik kanan pada aplikasi, kemudian pilih "Run as administrator".
  9. Di dalam menu aplikasi itu, lihat pada menu "Clear Ink Counter" dengan pilihan "Main" pada Absorber dan lanjutkan dengan mengklik "SET" yang ada di bagian kanan menu Clear Ink Counter.
  10. Sesaat setelah tombol "Set" diklik, maka printer akan melakukan cetakan yang bertuliskan kode "D=000.0".
  11. Kembali ke aplikasi Service Tool Canon lagi. Tahap selanjutnya, klik pada menu "EEPROM" lalu pilih "OK" dan sekali lagi printer akan melakukan cetakan yang berisikan kode panjang.
  12. Langkah terakhir, matikan printer dengan cara menekan tombol POWER hingga posisi mati total. Setelah itu nyalakan kembali dan tunggu hingga menyala dengan sempurna.
Untuk mengetes printer apakah sudah berfungsi dengan baik ataukah masih error, silahkan print salah satu dokumen kalian. Pada Point 11 di atas, sebenarnya printer Canon MP287 kalian sudah berfungsi dengan baik karena sudah bisa mencetak, meski hasilnya hanya berupa kode panjang.

Solusi Lain Jika Masih Error P07/5B00

Apabila printer masih belum mau mencetak dan masih terdapat error P07/5B00, baik melalui blink pada lampu indikator maupun notifikasi pada layar, mungkin beberapa tips berikut ini bisa menjadi solusinya.
  1. Lepas cartridge dari dalam printer kemudian lap dengan tissu, baik pada bagian bawah tempat keluarnya tinta, maupun pada bagian belakang yang terdapat titik-titik berwarna emas.
  2. Ambil tissu kemudian keringkan bagian tempat cartridge berhenti (busa penyerap tinta) yang ada di bagian sebelah kanan. Caranya gulung kecil tissu, kemudian dorong ke busa penyerapan. Lakukan berulang-ulang hingga sudah tidak ada lagi tinta pada busa tersebut.
  3. Pasang kembali cartirde, lalu lakukan tahap reset seperti yang telah dijelaskan di atas.
Nah, itulah panduan lengkap bagaimana cara melakukan reset pada printer Canon MP287, MP258, MP237, IP2770 Error P07/B500, yang juga bisa kalian terapkan pada jenis printer seperti pada seri iP2772, MP250, IP7270, E400, E510 dan beberapa seri printer CANON Lainya. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.
Apabila ada pertanyaan seputar perihal tersebut di atas, silahkan meninggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung ke Androlite.com dan sampai jumpa lagi di tutorial berikutnya, salam.
Open Comments