Download Resetter Epson L1210 + Cara Reset 2024

AndroLite.com : Resetter Adjustment Program / AdjProg.exe Epson L1210 Terbaru 2024 merupakan sebuah aplikasi yang dapat membantu mengatasi berbagai jenis error pada printer Epson L1210. Misalnya Service Required, Ink waste is full (tinta pembuangan sudah penuh), it is time to reset the ink levels, InkPad Counter telah mencapai batas maksimal, mengatasi lampu indikator berkedip bergantian tanpa henti dan berbagai permasalahan lainnya.

Aplikasi ini merupakan salah satu solusi yang paling mudah diterapkan dan tanpa harus membongkar printer ataupun membawanya ke tukang service. Selain itu, resetter adjustment program ini juga sangat mudah dan cepat digunakan oleh siapa saja, serta bisa kalian download secara gratis dan tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun.

Epson L1210 ini sendiri merupakan printer EcoTank All-in-One untuk rumah yang secara resmi masuk ke Indonesia tahun 2021 lalu, dengan harga yang sangat terjangkau, yakni sekitar Rp2,3 jutaan saja. Printer ini sejatinya merupakan penerus Epson L120, namun telah mengalami peningkatan besar pada kualitas pencetakan foto, kontras untuk gambar yang lebih hidup dan realistis.

Nah, berhubung printer ini tergolong masih baru, sudah wajar apabila software resetter adjustment programnyanya masih sulit didapatkan. Tetapi kalian jangan khawatir, karena pada artikel, selain saya akan menyediakan link downloadnya secara gratis, saya juga akan menyediakan panduan lengkap tentang bagaimana cara menggunakannya (lengkap gambar) agar lebih mudah dipahami.

1. Tanda-Tanda Epson L1210 Perlu Direset

Salah satu tanda yang membuat Printer Epson L1210 memerlukan tindakan reset adalah munculnya kedipan pada lampu indikator tinta dan kertas. Kedipan tersebut akan muncul secara bergantian atau bersamaan secara terus menerus. Contohnya seperti gambar berikut.

Selain ciri-ciri pada printer itu sendiri, biasanya pada layar monitor komputer (PC/Laptop) juga akan muncul berbagai jenis peringatan sesuai jenis error yang terjadi pada printer. Misalnya menampilkan pesan-pesan seperti berikut:

  1. it is time to reset the ink levels
  2. it is nearly time to reset the ink levels
  3. Ink Waste Is full
  4. Service Required
  5. Ink pad is at the end of its service live

Nah, dari sebagian tanda-tanda yang telah kalian lihat di atas, salah satu langkah yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan melakukan reset. Untuk tutorial lengkapnya, bisa kalian lihat di bawah.


2. Cara Reset Epson L1210

Untuk proses reset printer Epson L1210 ini sendiri, sebenarnya terbagi kedalam dua cara. Yang pertama adalah dengan cara manual yaitu tanpa menggunakan aplikasi (hanya menekan tombol kombinasi pada printer) dan yang kedua yaitu dengan cara menggunakan software resetter Adjustment Program.

2.1. Reset Tanpa Aplikasi

  1. Cabut kabel daya sekitar 3-5 menit.
  2. Colok kembali kabel daya, kemudian nyalakan kembali.
  3. Setelah menyala sempurna, tekan dan tahan tombol RESUME (logo tinta) sekitar 5 detik, lalu lepaskan.
  4. Tekan dan tahan lagi tombol RESUME selama 3 detik, kemudian lepaskan.
  5. Tunggu hingga proses reset selesai dilakukan.
  6. Setelah berhasil, maka lampu indikator akan berhenti berkedip.
  7. Selesai.

Cara reset manual tanpa aplikasi mungkin merupakan satu metode yang paling mudah diterapkan, tetapi cara ini memiliki tingkat keberhasilan cukup rendah. Dan ketika metode tersebut di atas tidak berhasil mereset printer kalian, sebaiknya gunakan cara reset otomatis menggunakan aplikasi resetter AdjProg.exe

Baca juga: Download Kumpulan Resetter AdjProg Epson L Series Terbaru

2.2. Reset Menggunakan Resetter AdjProg.exe

Sebelum melangkah ke proses reset menggunakan aplikasi, kalian sudah pasti harus memiliki aplikasi resetternya terlebih dahulu. Nah untuk link unduhnya, bisa kalian lihat di bawah ini..

2.2.1. Download Resetter AdjProg Epson L1210 Gratis

PrinterEpson L Series
SeriEcoTank L1210
FileAdjustment Program (Adjprog.exe)
Ukuran4,2 MB
Windows7, 8, 8.1, 10 (32/64bit)
DownloadAdjProg.exe Epson L1210
Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Epson L1210 di atas, pastikan Non-Aktifkan Antivirus komputer kalian terlebih dahulu. Tetapi jangan khawatir, karena file tersebut diatas bukanlah virus, tetapi entah mengapa sebagian antivirus mendeteksinya sebagai virus.
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).
Catatan : Aplikasi Resetter di atas, selain bisa digunakan untuk seri L1210, juga bisa dipakai untuk seri L3210, L3250, L3251, L3260 dan L5290.

Baca juga: Download Resetter dan Cara Reset Epson L3210

2.2.2. Cara Menggunakan Resetter AdjProg Epson L1210

  1. Ekstrak file resetter menggunakan aplikasi 7Zip ataupun WinRar.
  2. Jalankan aplikasi Resetter AdjprogL1210
  3. Masukkan password "i-loadzone.com" jika diminta.
  4. Pilih [Select].
  5. Di bagian Model Name, pilih L1210 kemudian [OK].
  6. Pilih [Particular Adjustment Mode].
  7. Pilih [Waste ink pad counter], lalu klik [OK].
  8. Centang Main, Platen dan Ink System Pad Counter, kemudian klik [Check].
  9. Berikutnya, Centang kembali [Main, Platen dan Ink System Pad Counter] lalu klik [Initialize].
  10. Sesaat setelah itu, printer akan mulai direset. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  11. Jika muncul pesan "Please Turn Off and Turn On your printer", selanjutnya matikan printer kalian lalu nyalakan kembali.
  12. Apabila proses reset berhasil, maka lampu Power / Resume Printer akan menyala dengan normal. Selesai.

Baca juga: Resetter Epson L1110

4. Solusi Gagal Reset Epson L1210

Ada beberapa cara yang bisa kalian coba apabila gagal melakukan reset. Dalam hal ini mencoba untuk memeriksa beberapa komponen-komponen pada printer L1210 itu sendiri yang mungkin menjadi penyebab terjadinya error.

  1. Kabel Daya - Cobalah Cabut kabel daya selama kurang lebih 1-3 menit sebelum melakukan reset.
  2. Cartridge - Cobalah lepas cartridge, kemudian bersihkan.
  3. Tabung Tinta - Pastikan tabung tinta masih berisikan tinta didalamnya.
  4. Selang Tinta - Pastikan selang tinta tidak terlipat, terjepit atau macet.
  5. Roller - Pastikan roller (tempat keluarnya kertas) bersih tidak terhalang oleh benda-benda asing, seperti robekan kertas dan benda-benda asing lainnya.
  6. Vacum - Cobalah Vacum atau Tabung Pembuangan Sisa Tinta. Bila penuh, silahkan sedot sisa tinta yang terdapat di dalamnya sampai bersih.
  7. Lain-Lain - Coba cek, kabel USB, busa tinta (tempat berhentinya cartridge saat sedang tidak digunakan), dan sebagainya.

Setelah komponen-komponen printer tersebut di atas telah kalian periksa satu-persatu, tetapi masih gagal juga dalam melakukan reset, maka jalan terakhir yang harus kalian coba adalah membawanya ke tukang service terdekat yang ada di kota kalian.

Nah demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana cara melakukan reset printer Epson L1210 tanpa aplikasi (manual) dan menggunakan aplikasi resetter Adjustment Program + link downloadnya secara gratis pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang AndroLite.com sajikan kali ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung dan salam!