Download Resetter Epson L1110 + Cara Reset 2024

AndroLite.com : Tutorial Bagaimana Cara Reset Manual dan Otomatis + Download Gratis Resetter Adjustment Program (AdjProg) Epson L1110 Terbaru 2024 - Sama seperti kebanyakan printer Epson L Series lainnya, seri L1110 juga terkadang dilanda berbagai permasalahan yang menyebabkan printer tidak mau mencetak dokumen. Biasanya ketika hal ini terjadi, lampu indikator power / resume atau tinta kertas akan berkedip bergantian atau bersamaan.

Selain itu, pada layar monitor komputer (laptop/PC) juga akan muncul sebuah kotak dialog yang didalamnya berisi pesan seperti "it is nearly time to reset the ink levels", "it is time to reset the ink levels", "service required", "Ink waste is full", "Ink pad is at the end of its service live", "Part Inside Your Printer Are At The End Of Their Life" atau pesan serupa lainnya.

Jika mendapati salah satu pesan tersebut yang diikuti oleh munculnya kedipan pada lampu indikator secara bergantian / bersamaan, kalian jangan langsung panik atau membawanya ke tukang service. Karena bisa jadi, masalah tersebut bisa kalian atasi sendiri dengan mudah.

Dalam hal ini setidaknya ada tiga buah solusi yang bisa kalian terapkan. Pertama memeriksa beberapa komponen printer yang bisa jadi menjadi penyebab utama terjadinya error, kedua melakukan reset manual tanpa menggunakan software apapun dan ketiga melakukan reset secara otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program Epson L1110.


Baca juga: Download Kumpulan Resetter Adjustment Program Epson L Series

1. Periksa Penyebab Error Printer Epson L1110

Beberapa penyebab mengapa lampu power / tinta kertas berkedip secara bersamaan / bergantian yang mengakibatkan printer Epson L1110 tidak mau mencetak dokumen / foto apapun, biasanya disebabkan oleh faktor eksternal dan Internal.

Faktor internal biasanya terjadi karena data yang tersimpan di dalam chipset printer sudah penuh. Seperti jumlah cetakan dokumen sudah mencapai batas maksimal, ink pad perlu dinormalkan dan sebagainya. Nah untuk mengatasinya, kalian hanya perlu melakukan reset total menggunakan aplikasi resetter adjustmen program / adjprog Epson L1110.

Sedangkan untuk faktor eksternal, biasanya disebabkan oleh beberapa komponen-komponen penting pada printer Epson L1110 sedang mengalami masalah. Seperti cartridge telah rusak atau perlu dibersihkan, roller macet, tabung tinta bermasalah dan lain sebagainya.

  1. Bersihkan Cartridge - Lepas cartridge kemudian bersihkan sisa tinta yang masih tertinggal di dalamnya dengan cara menyedotnya. Bila kalian memiliki cairan head cleaner, silahkan semprotkan secara perlahan pada nozzle cartidge. Jika sudah, pasang kembali cartridge dan nyalakan kembali printer.
  2. Sedot Tabung Pembuangan Tinta (Vacum) - Salah satu penyebab eksternal lain penyebab printer error adalah tabung pembuangan tinta sudah penuh. Untuk itu, silahkan sedot semua tinta yang terdapat di dalam tabung pembuangan hingga bersih.
  3. Bersihkan Roller - Pastikan roller (tempat keluarnya kertas) tidak terhalang oleh benda-benda asing, seperti robekan kertas. Jika ada, bersihkan sampai bersih.
  4. Cek Tabung Tinta - Pastikan tabung masih memiliki tinta di dalamnya. Jika habis, silahkan isi ulang kembali. Selain itu, periksa juga selang tinta jangan sampai terlipat atau macet.
Bila pemeriksaan sudah dilakukan, tetapi printer Epson L1110 masih tidak mau mencetak atau lampu indikator masih berkedip, sebaiknya lakukan reset total. Baik itu secara manual maupun otomatis menggunakan aplikasi Resetter. Untuk panduan lengkapnya, silahkan lihat pada segmen selanjutnya.

Baca juga: Download Gratis Resetter dan Cara Reset Epson L3100, L3110, L3001, L3150

2. Cara Reset Manual Epson L1110

Salah satu cara terbaik untuk menormalkan kembali fungsi printer Epson L1110 adalah dengan cara melakukan reset manual. Karena selain tidak memerlukan aplikasi khusus seperti resetter adjustment program, juga sangat mudah dan cepat untuk diterapkan sendiri. Nah untuk melakukannya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan lepas atau cabut kabel daya selama kurang lebih 3 hingga 5 menit, atau sampai daya listrik yang tersimpan di dalam printer telah habis.
  2. Selanjutnya, colok kembali kabel daya tersebut kemudian nyalakan kembali printer Epson L1110 seperti biasanya. Yaitu dengan cara menekan tombol Power.
  3. Bila printer telah menyala sempurna, silahkan tekan dan tahan tombol RESUME (logo tinta) selama kurang lebih 5 detik, lalu lepaskan.
  4. Tekan dan tahan lagi tombol RESUME selama 3 detik, lalu lepaskan.
  5. Setelah itu, tunggu sampai printer selesai melakukan proses reset (biasanya butuh waktu sekitar 30 detik sampai 1 menit).
  6. Ketika proses reset berhasil, maka lampu indikator (resume atau tinta/kertas) akan berhenti berkedip.
  7. Nah, pada tahap ini printer sudah bisa digunakan. Silahkan silahkan cetak satu atau dua dokumen untuk lebih memastikannya.
Bila reset manual tersebut di atas masih belum bisa mengatasi error, sebaiknya lakukan reset otomatis menggunakan aplikasi / software Resetter Adjustment Program Epson L3000 series berikut ini.

3. Cara Reset Otomatis Epson L1110 Menggunakan Resetter

Sebelum melangkah keproses reset otomatis, tentu kalian harus memiliki aplikasi Resetter Adjustment Program (Adjprog.exe) khusus untuk printer Epson L1110. Untuk mendapatkannya, kalian bisa mendownloadnya secara gratis berikut ini beserta panduan bagaimana cara penggunaanya.

3.1. Download Gratis Resetter Epson L1110

PrinterEpson L1110
FileAdjustment Program (Adjprog.exe)
Ukuran5,65 MB
Windows7, 8, 8.1, 10 (32bit/64bit)
LinkDownload
Catatan Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Epson L1110, silahkan matikan terlebih dahulu Antivirus komputer kalian (jangan khawatir, karena file ini bukan virus).
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).

Baca juga: Download Resetter + Cara Reset Canon MP287, MP258, MP237, iP2770

3.2. Cara Menggunakan Resetter AdjProg Epson L1110

  1. Pertama, silahkan jalankan aplikasi Resetter Adjprog.exe Epson L1110. Di jendela awal aplikasi resetter, klik [Select].
  2. Pada bagian Port, pilih port USB tempat tertancapnya kabel USB atau biarkan saja [Autoselection]. Setelah itu klik [OK].
  3. Selanjutnya, pilih [Particular Adjustment Mode].
  4. Pada halaman selanjutnya, pilih [Waste ink pad counter] kemudian lanjutkan dengan mengeklik [OK].
  5. Di jendela berikutnya, silahkan Centang [Main pad counter] dan [Platen pad counter] lalu lanjutkan dengan mengeklik tombol Check. Tunggu beberapa saat sampai proses pemeriksaan selesai dilakukan.
  6. Bila sudah selesai, Centang kembali [Main pad counter] dan [Platen pad counter]. Setelah itu, klik tombol Initialize untuk memulai proses reset Epson L1110. Tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  7. Bila sudah selesai, akan muncul sebuah dialog kecil pada layar komputer yang menampilkan pesan "Please Turn Off and Turn On your printer". Nah, pada tahap ini, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer kalian.
  8. Bila proses reset berhasil, maka lampu Power / Resume akan menyala dengan normal atau sudah tidak berkedip lagi. Untuk memastikannya, silahkan cetak sebuah dokumen apa saja. Selesai.

Baca juga: Cara Atasi CANON The Following Ink May Have Run Out

4. Solusi Gagal Reset Epson L1110

Bila mengalami kegagalan pada saat selesai melakukan reset, sebaiknya lakukan pemeriksaan atau bershikan kembali pada beberapa komponen printer yang bisa jadi menjadi salah satu faktor utamanya. Termasuk diantaranya:
  1. Bersihkan / sedot ulang kembali tinta pada cartidge printer.
  2. Pastikan saat memasang ulang kembali cartridge, posisinya tidak tertukar dengan warna lain.
  3. Pastikan sisa tinta yang terdapat dalam tabung pembuangan sudah bersih total.
  4. Cabut kabel daya selama kurang lebih 3 menit sebelum melakukan reset.
  5. Pastikan roller printer sudah benar-benar bersih dari berbagai benda asing yang menghalagi keluarnya kertas.

Nah, bila masih gagal juga, mungkin sudah saatnya printer Epson L1110 dibawa ke tukang service terdekat untuk penanganan lebih lanjut. Atau bisa juga menggantinya dengan yang baru. Hehehe!

Demikianlah tutorial lengkap cara reset printer Epson L1110 plus link download gratis aplikasi resetter adjustment program / adjprog.exe pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang kami sajikan kali ini bisa mengatasi masalah error yang sedang dialami oleh printer kalian. Salam!