Download Resetter Epson L110 L210 L300 L350 L355 + Cara Reset

Untuk tutorial kali ini, AndroLite.com akan berbagi kepada kalian tentang Bagaimana Cara mudah dan cepat Reset Printer Epson seri L110, L210, L300, L350 atau L355, baik menggunakan metode manual (tanpa aplikasi) ataupun reset otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program (AdjProg.exe) versi terbaru 2023 + link downloadnya secara gratis.

Hampir semua seri Printer Epson (tidak terkecuali seri L110, L210, L300, L350 atau L355) ketika bermasalah / error (tidak mau mencetak dokumen), biasanya lampu indikator tinta / kertasnya akan terus menerus berkedip bergantian atau bersamaan secara berulang. Contohnya seperti gambar berikut ini.Selain itu, pada layar monitor komputer (PC/Laptop) juga akan muncul berbagai peringatan-peringatan error dengan pesan-pesan seperti di bawah ini.
  • Ink pad is at the end of its service live
  • Ink waste is full
  • Service required
  • it is nearly time to reset the ink levels
  • it is time to reset the ink levels dan pesan error lainnya seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.
Nah, mengenai mengapa hal tersebut bisa terjadi, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi. Diantaranya adanya komponen printer yang bermasalah, ink pad counter telah penuh, bantalan busa pembuangan limbah tinta telah penuh, jumlah batas maksimal telah mencapai batas dan lain sebagainya.


#1. Periksa Penyebab Error

Ketika printer yang kalian miliki mendapatkan salah satu masalah / pesan error tersebut, kalian jangan panik dulu apalagi membawa printer ke tukang service. Karena saya yakin kalian mengatasinya dengan mudah, yaitu dengan melakukan reset total.

Dalam hal ini untuk melakukan reset pada printer Epson L110 L210 L300 L350 L355 ada dua metode yang bisa kalian lakukan. Pertama reset manual (tanpa aplikasi) dan kedua reset otomatis (menggunakan Resetter Adjprog.exe / Adjustment Program Epson).

Tetapi sebelum melakukan reset, sebaiknya periksa beberapa bagian printer yang mungkin menjadi salah satu penyebab utamanya terjadinya error atau lampu indikator kertas / tinta berkedip secara terus menerus, diantaranya:
  1. Tabung Tinta: Periksa tinta pada tabung printer, jika habis silahkan isi ulang.
  2. Cartridge: Periksa cartridge printer. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel dan lihat posisinya, apakah sudah terpasang dengan baik ataukah tidak.
  3. Roller: Pastikan tidak ada kertas terjepit (paper jam) di dalam roller printer.
  4. Kabel: Cek kabel yang mengubungkan antara printer dengan komputer. Pastikan kedua ujungnya telah terpasang dengan baik.

Jika hal-hal tersebut di atas sudah dilakukan, tetapi printer masih tidak berfungsi, sebaiknya kalian lakukan Reset Total, baik secara manual maupun menggunakan aplikasi resetter adjustment program Epson L110/L210/L300/L350/L355.

Baca juga: Cara Atasi Error P07/5B00 Canon MP287, MP258, MP237, iP2770

#2. Cara Reset Manual Tanpa Aplikasi

Mengapa printer Epson perlu direset? Alasannya yaitu untuk mengembalikan semua pengaturan ke posisi semula dan membersihkan semua data-data yang tersimpan di Counter IC (EEPROM) printer.

Misalnya mengembalikan konfigurasi ke posisi awal (default), mereset jumlah maksimum dokumen yang sudah dicetak menjadi nol, menormalkan kembali ink pad counter, dan lain sebagainya.

Nah, salah satu cara yang paling mudah untuk mereset Epson L210, L110, L300, L350, L355 adalah melakukan reset manual tanpa software / aplikasi apapun. Untuk panduan tentang cara reset manual ini, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Cabut kabel power selama kurang lebih 3-5 menit.
  2. Nyalakan kembali dan tunggu hingga posisi printer menyala dengan sempurna.
  3. Selanjutnya, tekan lalu tahan tombol resume (logo tinta) selama 5 detik, lalu lepas.
  4. Setelah itu, tekan dan tahan kembali tombol resume lagi selama 3 detik, setelah itu lepaskan.
  5. Sesaat setelah itu, printer dengan sendirinya akan melakukan proses reset dan tunggu hingga selesai.
  6. Apabila berhasil, maka lampu indikatornya tidak akan berkedip dan siap untuk digunakan kembali.

Namun jika reset manual tidak berhasil dan lampu indikator printer masih berkedip-kedip, maka cobalah melakukan reset otomatis menggunakan software khusus resetter adjustment program.

Baca juga: Download Resetter Epson L3100 L3110 L3150 L3001 + Cara Reset

#3. Cara Reset Otomatis Menggunakan Resetter AdjProg Epson

Salah satu langkah pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan reset otomatis Epson L110 L210 L300 L350 L355 adalah mempersiapkan software Resetter Adjustment Program (Adjprog.exe). Nah untuk mendapatkannya, kalian bisa mendownloadnya di bawah secara gratis beserta tutorial bagaimana cara penggunaanya.

#3.1. Download Resetter Epson Adjustment Program

FileAdjustment Program / Adjprog.exe
Ukuran2,66 MB
SupportWindows 7, 8, 8.1, 10 (32bit / 64bit)
PrinterEpson
SeriL110 L210 L300 L350 L355



Catatan Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Epson Ajustment Program di atas, silahkan matikan terlebih dahulu Antivirus komputer kalian (jangan khawatir, karena file ini bukan virus).
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).

#3.2. Cara Menggunakan Resetter Epson Adjustment Program

  1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah silahkan mendownload file Resetter Epson Adjustment Program L210, L110, L300, L350, L355 di atas, kemudian ekstrak filenya menggunakan aplikasi 7-Zip atau WinRar.
  2. Bila sudah, langkah selanjutnya silahkan jalankan aplikasi Resetter Adjustment Program Epson dengan cara mengklik 2X pada ikon Adjprog.exe.
  3. Klik tombol [Select] kemudian pilih model printer pada [Model Name] dan Port USB yang digunakan, namun disarankan lebih baik memilih [Auto Selection] saja. Setelah itu klik [OK].
  4. Selanjutnya, klik [Particular Adjustment Mode] lalu pilih [Waste ink pad counter] kemudian [OK].
  5. Di menu selanjutnya, Centang pada [Main pad counter], kemudian klik [Check]. Pada tahap ini, printer akan memberikan beberapa informasi penting tentang printer, termasuk sudah berapa kali melakukan cetakan.
  6. Setelah itu, Centang lagi pada [Main pad counter] dan lanjutkan dengan meng-klik [Initialization]. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  7. Setelah proses resetnya selesai, pada layar komputer akan muncul notifikasi [Please Turn On dan Turn Off your printer]. Nah pada tahap ini, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer kalian.
  8. Selesai. Namun, untuk lebih memastikan apakah printer sudah kembali normal, silahkan coba cetak salah satu dokumen.
Biasanya, ketika printer benar-benar telah tereset dengan baik, maka tidak akan ada lagi kedip pada lampu indikator dan pada tahap ini kalian sudah bisa menggunakannya seperti sedia kala.

Demikianlah panduan lengkap tentang bagaimana cara melakukan reset manual dan otomatis printer Epson L210, L110, L300, L350, L355 pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari solusi atas error yang terjadi pada printer kalian. Selamat mencoba dan semoga berhasil.