Cara Reset + Download Resetter Epson L210, L110, L300, L350, L355

Panduan lengkap bagaimana cara reset manual (tanpa software) dan otomatis (epson adjustment program) printer Epson L210, L110, L300, L350 dan L355 dengan mudah dan cepat. Download gratis resetter Epson L210, L110, L300, L350 dan L355.
AndroLite.com - Panduan Lengkap Bagaimana Cara Reset Printer Epson L210, L110, L300, L350, L355 + Download Gratis Resetter Epson Adjustment Program - Mengatasi setiap permasalahan yang sering terjadi pada printer Epson, bukanlah sebuah perkara yang sulit dilakukan. Mengapa saya katakan demikian, karena sekarang ini sudah banyak panduan / tutorial yang membahas tentang hal tersebut, lengkap dengan gambar dan aplikasinya. Jadi, kalian bisa dengan mudah memperbaiki masalah pada printer tanpa harus membawanya ke tukang service.

Untuk jenis printer Epson L210/L110/L300/L350/L355, ketika sedang mengalami masalah, biasanya ditandai dengan adanya kedipan berulang-ulang pada lampu indikator dengan warna oranye. Penyebabnya bisa saja terjadi karena tinta sudah habis, cartridge kotor atau tidak rapat, paper jam, pemakaian telah mencapai batas maksimal atau over print dan lain sebagainya.
Dan ketika hal tersebut terjadi (lampu indikator warna orange berkedip-kedip), kalian jangan panik dulu, tetapi lakukan beberapa langkah di bawah ini untuk pendeteksian awalnya.
  1. Periksa tinta pada tabung printer, jika habis silahkan isi ulang.
  2. Periksa cartridge printer. Pastikan tidak ada kotoran yang menempel dan lihat posisinya, apakah sudah terpasang dengan baik ataukah tidak.
  3. Pastikan tidak ada kertas terjepit (paper jam) di dalam roller printer.
  4. Cek kabel yang mengubungkan antara printer dengan komputer. Pastikan kedua ujungnya telah terpasang dengan baik.
Jika hal-hal tersebut di atas sudah dilakukan, tetapi printer masih tidak berfungsi, sebaiknya kalian lakukan Reset Total. Dalam hal ini terdapat dua cara untuk melakukannya, pertama Reset Manual (Tanpa Aplikasi) dan Reset Otomatis (Menggunakan Software Resetter Epson Adjustment Program).

Mengapa harus di reset? nah seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa terkadang printer mengalami permasalahan lain yang tidak terdeteksi, misalnya printer telah mengalami over print (batas maksimal pemakaian) dan sebagainya. Lantas bagaimana cara meresetnya? Berikut panduan lengkapnya.

1. Reset Manual (Tanpa Aplikasi)

Salah satu langkah yang paling mudah untuk mereset Epson L210 adalah dengan cara melakukan reset manual tanpa software apapun. Bagaimana cara melakukannya? berikut langkah-langkahnya.
  1. Cabut kabel power selama kurang lebih 3-5 menit.
  2. Nyalakan kembali dan tunggu hingga posisi printer menyala dengan sempurna.
  3. Selanjutnya, tekan lalu tahan tombol resume (logo tinta) selama 5 detik, lalu lepas.
  4. Tekan dan taha tombol resume lagi selama 3 detik, setelah itu lepaskan.
  5. Sesaat setelah itu, printer dengan sendirinya akan melakukan proses reset dan tunggu hingga selesai.
  6. Apabila berhasil, maka lampu indikatornya tidak akan berkedip dan siap untuk digunakan kembali.
Namun jika reset manual tidak berfungsi, silahkan coba lakukan reset otomatis dengan menggunakan software resetter.

2. Reset Otomatis (Menggunakan Software Resetter)

  1. Download file Resetter Epson Adjustment Program L210, L110, L300, L350, L355, lalu ekstrak filenya.
  2. Sambungkan kabel printer ke komputer.
  3. Jalankan aplikasi resetter dengan cara mengklik 2X pada icon "ResetterApp".
  4. Klik tombol "Select" pilih jenis printer pada "Model Name" dan Port USB yang digunakan, namun disarankan lebih baik memilih "Auto Selection" saja. Setelah itu klik "OK".
  5. Selanjutnya, klik "Particular Adjustment Mode" lalu pilih "Waste ink pad counter" kemudian "OK".
  6. Di menu selanjutnya, Centang pada "Main pad counter", kemudian klik "Check". Pada tahap ini, printer akan memberikan beberapa informasi penting tentang printer, termasuk sudah berapa kali melakukan cetakan.
  7. Setelah itu, Centang lagi pada "Main pad counter" dan lanjutkan dengan meng-klik "Initialization". Tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Setelah proses resetnya selesai, pada layar komputer akan muncul notifikasi "Please Turn On dan Turn Off your printer". Nah pada tahap ini, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer kalian.
  9. Selesai.
Biasanya, ketika printer benar-benar telah tereset dengan baik, maka tidak akan ada lagi kedip pada lampu indikator dan pada tahap ini kalian sudah bisa menggunakannya seperti sedia kala.
Demikianlan panduan lengkap tentang Bagaimana cara melakukan reset manual dan otomatis printer Epson L210, L110, L300, L350, L355 pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan.

Jika ada pertanyaan seputar permasalahan di atas, kalian bisa menanyankannya melalui kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih telah berkunjung ke situs kami, salam!
Open Comments