[Desember 2019] Download gratis firmware / stock ROM dan tutorial bagaimana cara flash Samsung Galaxy A70 SM-A705F (lengkap gambar). Flashing firmware dapat memperbaiki bootlop, lupa kunci pola, update/downgrade, hapus root, mengatasi Custom Binary Blocked by FRP Lock, kamera gagal dan lain sebagainya.

AndroLite.com - Samsung Galaxy A70 merupakan smartphone high-end yang secara resmi diboyong ke Indonesia sekitar bulan April 2019 lalu. Ini adalah ponsel generasi baru dari keluarga New A Series yang datang membawa spesifikasi unggulan dikelasnya. Diantaranya mengemas panel AMOLED 6,6 inci, CPU Snapdragon 675, storage 128GB, RAM 6GB atau 8GB, 32MP triple kamera belakang, selfie 32MP, baterai 4.500 mAh, on-screen fingerprint dan sebagainya.

Samsung Galaxy A70 ini sendiri datang dengan nomor model SM-A705F untuk negara Indonesia (XID), SM-A705FN/DS untuk Global; dan SM-A705GM/DS, SM-A705MN/DS, SM-A7050 untuk kawasan Asia lainnya. Di sisi lain, saat menyapa pasar gadget untuk pertama kalinya, Samsung A70 dijalankan oleh OS Android 9 (Pie) yang dibungkus oleh skin One UI.

Semenjak saat itu, perangkat lunaknya tersebut sampai saat ini telah mendapatkan beberapa kali pembaruan. Terakhir, Samsung menerapkan update berupa dukungan headset Type-C, peningkatan kualitas kamera dan performa fingerprint, update sistem keamanan dan sebagainya. Sayangnya, hingga saat ini, belum ada kabar mengenai apakah kedepannya Galaxy A70 bakalan mendapatkan update Android Q ataukah tidak.

Untuk menerapkan update tersebut, setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, termasuk via OTA (Settings > Software Update > Download and Install), Samsung Kies dan flash firmware Samsung Galaxy via ODIN. Namun untuk kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas semuanya, melainkan hanya akan difokuskan pada cara flashing firmware saja.

Sebelum lanjut, mungkin sebagian dari kalian belum tahu apa itu flashing firmware? Secara sederhana flasing firmware adalah proses pemasangan ulang sistem operasi Android kedalam ponsel dengan menggunakan bantuan komputer dan aplikasi flashtool bernama ODIN. Flashing ini sendiri memilki banyak fungsi, diantaranya untuk melakukan update / downgrade OS, mengatasi bootlop, memperbaiki kamera gagal, unroot, memperbaiki Custom Binary Blocked by FRP Lock, lupa kunci pola, dan sebagainya.

Nah! Sehubungan dengan hal tersebut di atas, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas secara detail tentang Bagaimana Cara melakukan Flash Firmware / Stock ROM Samsung Galaxy A70 SM-A705F, lengkap dengan gambar sehingga bisa memudahkan kalian untuk memahami alurnya.

Cara Flash Firmware Samsung Galaxy A70

Sebelum proses flashing, persiapkan beberapa aplikasi dan alat yang dibutuhkan. Apa saja itu? berikut daftarnya.

1. Alat dan Aplikasi

  1. Komputer (Laptop/PC) berbasis Windows.
  2. HP Samsung A70 dengan nomor seri SM-A705F.
  3. Kabel USB (disarankan yang ori).
  4. SAMSUNG_USB_Driver_Mobile.exe (35,1 MB) (Install kemudian lakukan restart jika komputer memintanya).
  5. ODIN3_v3.13.3.zip (2,47 MB) (ekstrak filenya menggunakan aplikasi winrar / 7zip).
  6. Firmware_Samsung_A70_SM-A705F_XID.zip (3,58 GB) (ekstrak juga file ini dari .zip menjadi .tar.md5 menggunakan winrar / 7zip).
Apabila semuanya sudah siap, sebaiknya lakukan BACKUP ROM dan semua data yang ada di dalam ponsel terlebih dahulu. Karena proses ini akan menghapus semua data yang ada di dalam memori internal perangkat.

2. Proses Flashing Firmware

Peringatan!
Silahkan gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat dari melakukan flashing HP Anda. AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta informasi yang ada di situs web ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Step #1. Nonaktifkan ponsel hingga mati total. Setelah itu tekan "Power + Volume Bawah + Volume Atas" untuk masuk ke "Downloading Mode" selama 3 sampai 5 detik (hingga ada getaran) lalu lepaskan. Lanjutkan lagi dengan menekan tombol 'Volume Atas' agar bisa masuk ke halaman utama downloading mode.

Step #2. Buka komputer kemudian jalankan aplikasi ODIN3. Untuk menjalankannya, silahkan klik kanan pada aplikasi ODIN3_v3.13.3, lalu pilih 'Run as administrator'.

Step #3. Sambungkan ponsel Galaxy A70 kalian ke komputer menggunakan kabel USB. Setelah terhubung, lihat pada 'Log' ODIN, jika ada pesan 'Added!!' atau terdapat alamat port di bawah ID:COM, berarti keduanya telah terhubung dengan baik. Tetapi jika tidak muncul, cobalah untuk memindahkan kabel USB ke port lain atau ganti kabel USB dengan yang lain.

Step #4. Tahap selanjutnya, klik pada tab 'Options' lalu ceklis () pada bagian "Auto Reboot" dan "F. Reset Time". Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Step #5. Karena file firmware yang disediakan merupakan singel file, maka kalian hanya perlu memilih tombol "AP" yang ada disebelah kanan ODIN. Setelah itu pilih file firmware Galaxy A70 yang sudah berekstensi .tar.md5.

Tetapi jika kalian sudah memiliki file firmware sendiri, yang dalam hal ini ada 4 buah (CSC, BL, AP, CP), maka kalian harus mengklik satu-persatu tombol CSC, BL, AP, CP tersebut kemudian pilih file sesuai dengan namanya.

Step #6. Untuk memulai proses flashing, silahkan klik tombol 'Start' dan tunggu sampai selesai. Ketika proses pemasangan berhasil, di sudut kiri atas ODIN akan menunjukkan notifikasi PASS!!, dan FAIL!! apabila gagal.

Step #7. Hanya berselang beberapa saat ketika proses flashing berhasil, HP dengan segera akan Booting. Booting ini biasanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 5 menit atau lebih. Silahkan tunggu hingga ponsel menyala sempurna. Sambil menunggu, cabut kabel USB yang menghubungkan perangkat dengan komputer. Selesai.

Solusi Gagal Flashing Samsung Galaxy A70

Saat kalian mengalami kegagalan dalam proses instalasi Stock ROM / Firmware, silahkan lakukan beberapa tips berikut :
  1. Ganti kabel USB.
  2. Pastikan ODIN dijalankan dengan cara Run as administrator.
  3. Baca secara teliti tutorial di atas dan jangan sampai ada yang terlewatkan.
  4. Perbarui aplikasi flashtool ODIN atau Samsung USB Driver keversi yang lebih baru.
  5. Install ulang Samsung USB Driver, kemudian restart komputer.
  6. Periksa lubang USB yang ada dikomputer, jangan sampai goyang atau bermasalah.
  7. Periksa file firmware, pastikan sudah sesuai dengan nomor model HP A70 kalian.
  8. Periksa file firmware, pastikan tidak corrupt / rusak ketika selesai didownload.
Jika masih gagal, kemungkinan besar masalahnya ada pada ponsel. Untuk itu silahkan periksa terlebih dahulu.

Demikianlah tutorial tentang Bagaimana Cara Flashing Firmware / Stock ROM Samsung Galaxy A70 SM-A705F. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Salam!
Open Comments