Cara Flash Firmware Samsung A20s SM-A207F Android Q 10

AndroLite.com : Flash Stock ROM Samsung Galaxy A20s SM-A207F Android Q 10.0 / Pie 9.0 - Samsung Galaxy A20s adalah smartphone low-end yang resmi diluncurkan pada September 2019 lalu yang diperuntukan untuk pasar kelas menengah bawah. Untuk pasar Indonesia, HP ini meluncur dengan nomor model SM-A207F dan dijalankan oleh OS Android Pie 9.0 dengan balutan antarmuka One UI.

Sebagai smartphone unggulan dengan pengguna cukup banyak, kini Samsung Galaxy A20s telah memiliki Stock ROM atau Firmware yang siap untuk digunakan. Firmware ini sendiri memiliki banyak fungsi, diantaranya dapat digunakan untuk memperbarui sistem, menghapus root, mengatasi bootlop, lupa kunci pola, memperbaiki kamera gagal, softbrick, mengatasi custom binary blocked by FRP, menghapus virus dan sebagainya.

Nah, mengenai bagaimana cara melakukan flashing / install Firmware / Stock ROM kedalam HP Samsung Galaxy A20s SM-A207F, berikut ini panduannya yang dilengkapi dengan gambar agar memudahkan kalian untuk melakukannya, ditambah link download gratis Firmware SM-A207F.


Download Firmware Samsung A20s SM-A207F

PhoneSamsung Galaxy A20s
ModelSM-A207F
NegaraIndonesia - XID
ANDROID Q 10
UpdateMei 2020
PDAA207FXXU2BTE1
CSCA207FXXU2BTE1
Ukuran3.10GB
DownloadAndroid Q 10
ANDROID PIE 9
UpdateFebruari 2020
PDAA207FOLE2ATB1
CSCA207FOLE2ATB1
Ukuran2.83GB
DownloadAndroid Pie 9
Catatan : Ekstrak file firmware yang telah diunduh menggunakan aplikasi WinRar atau 7-Zip.

Cara Flash Samsung Galaxy A20s SM-A207F

Sebelum melakukan flashing / pemasangan Stock ROM Samsung Galaxy A20s, tentu kita harus menyiapkan peralatan ataupun aplikasi pendukung yang dibutuhkan. Apa saja itu? berikut daftar lengkapnya.

1. Alat dan Aplikasi

  1. HP Samsung Galaxy A20s dengan nomor model SM-A207F.
  2. Komputer berbasis Windows, baik berupa laptop maupun PC.
  3. Kabel USB (disarankan yang asli).
  4. SAMSUNG_USB_Driver_Mobile.exe (35,1 MB) (Install kedalam komputer).
  5. ODIN3_v3.14.1 (2,47 MB) (ekstrak filenya dan tidak perlu diinstall).
Nah setelah semua persiapan yang diperlukan di atas sudah selesai, tahapan berikutnya adalah proses flashing. Tetapi sebelum melakukannya, saya sarankan agar melakukan BACKUP ROM terlebih dahulu. Agar pada saat terjadi kesalahan dalam prosesnya, sistem dapat dikembalikan kekeadaan semula.

2. Proses Flashing Firmware A20s

Silahkan gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat dari melakukan flash HP Anda. AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta informasi yang ada di situs web ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Proses flashing stock ROM dapat menyebabkan terhapusnya semua data atau file di memori internal Galaxy A20s. Untuk itu, silahkan pindahkan data yang ada di dalamnya ke memori eksternal (SDcard) atau media penyimpanan lainnya.
Langkah #1. Proses pertama yang harus kalian lakukan adalah mematikan / turn off smartphone Samsung Galaxy A20s hingga mati total.

Langkah #2. Gunakan tiga jari kalian untuk untuk menekan tombol "Volume Atas + Volume Bawah + Power" secara bersamaan sampai perangkat bergetar, lalu lepaskan. Saat ponsel sudah menyala kalian akan melihat peringatan / warning di layar. Tetapi abaikan hal ini dan lanjutkan menekan tombol "Volume Atas" untuk masuk ke "Downloading Mode".

Langkah #3. Berikutnya, buka komputer lalu buka aplikasi ODIN3_v3.13.3 dengan cara klik kanan, terus pilih "Run as administrator".

Langkah #4. Hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB. Perhatiakan pada bagian log ODIN, jika ada notifikasi bertuliskan "Added!!", berarti HP sudah terhubung dengan baik. Jika tidak ada, coba pindahkan kabel USB ke port lain atau ganti kabel USB.

Langkah #5. Apabila ponsel dan komputer sudah terkoneksi dengan baik, berikutnya klik pada tab "Options" yang ada disamping tab log, lalu centang () pada "F. Reset Time" dan "Auto Reboot". Selebihnya biarkan saja kosong (jangan di centang).

Langkah #6. Jika file firmware yang kalian unduh hanya ada 1 FILE saja, maka silahkan klik tombol AP lalu pilih file tersebut.

Namun jika file firmware ada 4 buah (CSC, BL, AP, CP), maka silahkan memasukkan satu-persatu sesuai dengan namanya pada kolom BL, AP, CP dan CSC. Lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Langkah #7. Berikutnya adalah proses instalasi ROM kedalam perangkat dengan cara menekan tombol "Start". Sesaat setelah kalian menekan Start, proses pemasangan akan segera dilakukan. Tunggu sampai selesai yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 5 menit.

Untuk mengetahui apakah prosesnya berhasil ataukah tidak, lihat pada bagian kiri atas ODIN. Jika pesannya menunjukkan PASS!!, maka itu artinya pemasangan ROM berhasil dilakukan. Tetapi jika pesannya FAIL!!, berarti gagal.

Step #8. Terakhir, ponsel secara otomatis akan melakukan Restart / Reboot. Pada tahap ini Anda sudah bisa mencabut kabel USB yang menyambungkan antara HP dengan komputer. Kemudian tunggu beberapa saat hingga ponsel booting / menyala secara sempurna. Selesai.

Ringkasan Instalasi Firmware

  1. Matikan ponsel.
  2. Masuk ke "Downloading Mode" dengan menekan tombol "Power - Vol Up - Vol Down" kemudian tekan lagi tombol "Volume Atas".
  3. Sambungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.
  4. Buka aplikasi ODIN dengan cara klik kanan, lalu pilih "Run As Administrator".
  5. Pada ODIN, pilih tab "Options" lalu centang "F. Reset Time" dan "Auto Reboot".
  6. Klik pada tombol "BL, AP, CP, CSC" lalu masukkan setiap file sesuai jenisnya.
  7. Klik tombol "Start" dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  8. Ponsel akan melakukan Rebooting sesaat setelah proses instalasi berhasil.
  9. Selesai.

Solusi Gagal Flash Firmware

Ada banyak faktor yang dapat mengakibatkan kegagalan dalam melakukan flash Stock ROM, termasuk disebabkan oleh aplikasi yang rusak (corrupt) ataupun peralatan yang kurang memadai. Nah, ketika kalian mengalami hal tersebut, silahkan coba beberapa tips di bawah ini.
  1. Perbarui aplikasi ODIN ataupun Samsung USB Driver ke versi terbaru.
  2. Ganti kabel USB dengan yang original atau pindahkan ke port lain.
  3. Pastikan ODIN berjalan sebagai Run as administrator.
  4. Cek file Firmware, apakah mengalami kerusakan (file corrupt) ataukah tidak.
  5. Pastikan bahwa firmware sudah sesuai dengan nomor model HP Samsung kalian.
  6. Pastikan USB tidak goyang pada saat proses pemasangan firmware.
Jika hal tersebut di atas sudah kalian lakukan tetapi masih gagal dalam mem-flashing, bisa jadi karena ponsel sudah mengalami kerusakan dan membutuhkan penanganan khusus.

Nah, demikianlah tutorial lengkap tentang bagaimana cara flashing firmware Samsung Galaxy A20s SM-A207F XID di atas. Semoga panduan kali ini memberikan bermanfaat bagi kalian. Terima kasih telah berkunjung dan salam.