Download Resetter Epson L3210 Gratis + Cara Reset 2024

AndroLite.com : Download Gratis Resetter Adjustment Program (AdjProg.exe) Epson L3210 Terbaru 2024 dan Tutorial Cara Reset - Aplikasi Resetter Epson L3210 Adjustment Program atau AdjProg adalah sebuah tool / alat yang sangat efektif untuk mereset Printer Epson yang bermasalah. Dalam hal ini biasanya lampu indikator tinta/kertas berkedip bergantian/bersamaan tanpa henti, muncul pesan "Ink waste is full, service required, it is nearly time to reset the ink levels, it is time to reset the ink levels" dan sejenisnya.

Aplikasi ini merupakan solusi termudah dan tercepat untuk mereset Epson L3210 tanpa harus membongkar printer atau membawanya ke tukang service. Salah satu fungsinya adalah untuk melakukan reset terhadap batas kapasitas maksimal kertas yang telah dicetak menjadi 0 kembali, menormalkan Waste ink pad counter / service required, mengatasi lampu indikator berkedip bergantian tanpa henti ataupun error ringan lainnya.

Epson L3210 ini sendiri merupakan printer keluaran terbaru jenis All-in-One yang secara resmi dirilis oleh Epson pada akhir tahun 2021 lalu, sebagai penerus / pengganti pendahulunya yakni Epson L3110. Karena printer ini tergolong masih baru, jadi ya wajar jika aplikasi resetter ini masih sulit didapatkan.

Tetapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini saya akan membagikan aplikasi Resetter Adjustment Program Epson L3210 yang bisa kalian download secara gratis dan sekaligus dilengkapi tentang bagaimana cara penggunaannya (lengkap gambar).

1. Tanda-Tanda Epson L3210 Perlu Direset

Ada beberapa ciri-ciri yang muncul pada Printer Epson L3210 ketika sedang bermasalah dan memerlukan tindakan reset. Pertama, muncul kedipan pada lampu indikator power/resume dan tinta/kertas secara bergantian / bersamaan secara terus menerus (contohnya seperti gambar berikut).

Tanda-tanda lain adalah kedua adalah munculnya kotak dialog pada layar komputer (PC/Laptop) dengan isi yang bermacam-macam (sesuai jenis error). Contohnya seperti berikut:

  1. Ink waste is full
  2. service required
  3. Ink pad is at the end of its service live
  4. it is time to reset the ink levels
  5. it is nearly time to reset the ink levels

Nah, ketika salah satu tanda tersebut muncul pada layar komputer kalian, sebaiknya cobalah untuk kalian tangani sendiri. Yaitu dengan cara melakukan Reset. Baik itu secara manual ataupun otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program (AdjProg.exe).

Baca juga: Download Kumpulan Resetter AdjProg Epson L Series Terbaru

2. Cara Reset Epson L3210

Cara reset printer Epson L3210 ini sendiri, terbagi kedalam dua metode. Pertama dengan cara manual (tanpa aplikasi) dan yang kedua yaitu dengan cara otomatis menggunakan aplikasi resetter.

2.1. Reset Manual (Tanpa Aplikasi)

  1. Cabut kabel daya sekitar 3-5 menit.
  2. Colok kembali kabel daya, kemudian nyalakan kembali.
  3. Setelah menyala sempurna, tekan dan tahan tombol RESUME (logo tinta) sekitar 5 detik, lalu lepaskan.
  4. Bila sudah, tekan dan tahan lagi tombol RESUME selama 3 detik, kemudian lepaskan.
  5. Setelah itu, tunggu hingga printer selesai melakukan proses reset. (kira-kira 1-2 menit).
  6. Setelah proses reset berhasil, maka lampu indikator (resume atau tinta/kertas) akan berhenti berkedip dan kembali menyala normal.
  7. Selesai.

2.2. Reset Otomatis Menggunakan Resetter AdjProg.exe

Untuk proses reset otomatis menggunakan aplikasi resetter Adjustment Program, kalian harus mengunduhnya terlebih dahulu. Berikut link downloadnya.

2.2.1. Download Resetter Epson L3210 AdjProg Gratis

PrinterEpson L Series
SeriL3210/L1210/L3250/L3251/L3260/L5290
FileAdjustment Program (Adjprog.exe)
Ukuran4,2 MB
Windows7, 8, 8.1, 10 (32/64bit)
LinkDownload | Alternatif
Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Epson L3210, silahkan matikan terlebih dahulu Antivirus komputer kalian (jangan khawatir, karena file ini bukan virus).
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).
Catatan : Aplikasi Resetter di atas, selain bisa digunakan untuk seri L3210, juga bisa dipakai untuk seri L1210, L3250, L3251, L3260 dan L5290.

2.2.2. Cara Menggunakan Resetter AdjProg Epson L3210

  1. Pertama, silahkan ekstrak file resetter menggunakan aplikasi 7Zip ataupun WinRar (disarankan untuk menonaktifkan antivirus terlebih dahulu).
  2. Setelah itu, jalankan aplikasi Resetter Adjprog.exe. Saat pertama kali dijalankan, aplikasi ini akan meminta password. Kalian tinggal masukkan saja "i-loadzone.com" sebagai passwordnya.
  3. Ditampilan depan aplikasi, silahkan pilih [Select].
  4. Selanjutnya pada bagian Model Name, pilih seri printer yang digunakan, lalu klik [OK].
  5. Setelah itu, pilih [Particular Adjustment Mode].
  6. Di dalamnya, silahkan pilih [Waste ink pad counter], lalu klik [OK].
  7. Selanjutnya, Centang [Main pad counter], [Platen pad counter] dan [Ink System pad pounter], kemudian klik [Check].
  8. Bila sudah, Centang kembali [Main pad counter], [Platen pad counter] dan [Ink System pad pounter] lalu pilih [Initialize].
  9. Sesaat setelah itu, printer akan mulai direset. Tunggu hingga prosesnya selesai yang membutuhkan waktu kira-kira 1-3 menit saja.
  10. Bila proses reset sudah selesai dilakukan, maka pada layar komputer akan muncul dialog kecil yang berisikan pesan "Please Turn Off and Turn On your printer".
  11. Tahap berikutnya, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer kalian.
  12. Apabila proses reset berhasil dilakukan, maka lampu Power / Resume Printer akan menyala dengan normal (tidak berkedip lagi). Selesai.

Baca juga: Download Gratis Resetter Epson L3110 + Cara Reset

4. Solusi Gagal Reset Epson L3210

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan dalam mereset printer Epson L3210. Terutama pada hardware printer itu sendiri. Nah, untuk itu, cobalah untuk memeriksa beberapa bagian-bagian tersebut.

  1. Cartridge - Cobalah lepas cartridge terlebih dahulu, lalu bersihkan sampai bersih. Bila sudah, silahkan pasang kembali, lalu nyalakan ulang printer.
  2. Tabung Pembuangan Sisa Tinta (Vacum) - Cobalah memeriksa bagian Tabung Pembuangan Sisa Tinta (Vacum). Bila penuh, silahkan sedot sisa tinta yang terdapat di dalamnya.
  3. Roller - Pastikan roller (tempat keluarnya kertas) tidak terhalang oleh benda-benda asing, seperti robekan kertas, besi dan benda-benda asing lainnya.
  4. Tabung Tinta - Pastikan tabung tinta masih berisikan tinta di. Bila sudah habis, silahkan isi ulang kembali. Periksa juga selangnya jangan sampai terlipat, terjepit ataupun macet.
  5. Kabel Daya - Cobalah Cabut kabel daya selama kurang lebih 1-3 menit sebelum melakukan reset.
  6. Lain-Lain - Periksalah beberapa bagian penting lainnya yang kalian rasa menjadi penyebabnya. Misalnya, kabel USB, busa tinta (tempat berhentinya cartridge saat sedang tidak digunakan), dan sebagainya.

Setelah komponen-komponen tersebut di atas telah kalian periksa, tetapi proses reset masih belum berhasil juga, jalan terakhir yang bisa kalian lakukan adalah membawanya ke tukang service printer terdekat, ataupun menggantinya dengan yang baru.

Nah itulah tutorial lengkap tentang bagaimana cara mereset printer Epson L3210 secara manual dan otomatis + link download aplikasi resetter Adjustment Program (AdjProg.exe) gratis pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung dan Salam!