Download dan Cara Install Xposed Framework Edxposed di Semua HP Xiaomi Mi / Redmi berbasis Android Q ROM MIUI 10/11 Terbaru - Sejak rilisnya Android Pie hingga OS teranyar saat Android Q, proses pemasangan Xposed Installer sudah tidak sama lagi dengan penginstallan pada Android Oreo 8.0 kebawah. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan kerangka / struktur Sistem Operasi untuk setiap versinya.

Cara pemasangan Xposed Framework kedalam ponsel berbasis Android 10.0 dan 9.0 hanya dapat dilakukan menggunakan EdXposed yang dikembangkan oleh Solohsu. Sedangkan untuk ponsel yang masih dijalankan oleh OS Android Oreo 8.0/8.1 atau versi dibawahnya, masih bisa memasang Xposed Official yang dikembangkan oleh master of Xposed Rovo89. Meski begitu, keduanya masih memiliki cara kerja dan tujuan yang sama, yakni tweak.

Ini berlaku untuk semua perangkat yang menjalankan sistem operasi Android 9, 10 hingga versi terbaru yang akan datang. Tidak terkecuali HP Xiaomi semua tipe, baik itu Mi Series atau Redmi Series dengan ROM MIUI 9, 10 hingga yang terbaru saat ini MIUI 11. Jadi pada dasarnya, proses hingga aplikasi yang digunakan untuk memasang Xposed Framework, semuanya sama saja.

1. Xposed dan EdXposed Introduction


Xposed Framework adalah sebuah aplikasi tweaking yang dapat digunakan untuk merubah tampilan / user interface Android, menambah fitur baru yang tidak disediakan oleh developer, meningkatkan kinerja perangkat dan sebagainya. Xposed ini sendiri hanya dapat digunakan pada perangkat yang telah ROOTED, namun untuk Android 9.0 atau 10.0, perangkat harus di-root menggunakan Magisk Root.

Sedangkan EdXposed merupakan sebuah modul baru untuk memasangan Xposed Framework yang dikhususkan untuk perangkat berbasis Android Pie (SDK 28) atau Q (SDK 29). Modul ini selain hanya dapat bekerja di perangkat yang sudah ROOT, juga harus berjalan selaras dengan modul Riru Core sebagai inti untuk framework EdXposed sehingga dapat bekerja secara sempurna dan tanpa konflik.

EdXposed selain tersedia dalam bentuk Modul, juga tersedia dalam bentuk Installer dan Manager yang akan sangat membantu penggunanya untuk mengatur atau menambahkan modul baru. Bukan hanya itu saja, Solohsu sebagai pengembang utama modul ini juga selalu menyediakan update teratur untuk penyesuaian bila terjadi pembaruan OS Android yang dilakukan oleh Developer.

2. Cara Install Xposed Xiaomi MIUI 9/10/11

Sebagai langkah awal sebelum proses pemasangan Xposed Framework kedalam HP Xiaomi seri Mi atau Redmi, Anda harus mempersiapkan beberapa syarat yang diperlukan dan harus mengunduh modul, installer atau manager EdXposed.

2.1. Syarat Pasang Xposed Xiaomi

  1. Daya baterai perangkat minimal 50%.
  2. HP sudah ROOT menggunakan Magisk Root.
  3. HP Xiaomi dijalankan oleh OS Android Q/Pie ROM MIUI 9/10/11 atau versi terbaru.
  4. Bootloader sudah terbuka / Unlock. Lihat Cara UBL HP Xiaomi semua tipe.

2.2. Download Aplikasi Xposed

  1. Magisk_Manager_v7.4.x.apk (install di ponsel)
  2. EdXposed_Installer_v2.2.x.apk atau EdXposed_Manager_v4.5.x.apk (install di ponsel).
  3. EdXposed_module_v0.4.6.x.zip versi YAHFA atau SandHook (simpan di memori ponsel).
  4. Magisk_riru_core_v19.x.zip (download file yang memiliki ekstensi .zip lalu simpan di memori ponsel).

2.3. Proses Install Xposed

Peringatan!
Memasang Xposed dapat mengakibatkan terjadinya bootlop, kehilangan data dan bahkan kerusakan pada ponsel Xiaomi. Untuk itu, AndroLite.com tidak bertanggung jawab apabila hal tersebut terjadi yang disebabkan oleh penggunaan informasi, file atau aplikasi yang disediakan oleh situs ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
  1. Buka aplikasi Magisk Manager yang sudah terinstall di dalam perangkat.
  2. Buka Menu » Modules kemudian tap icon "Tambah (+)".
  3. Pilih dan instal Magisk_riru_core_v19.x.zip dan EdXposed_module_v0.4.6.x.zip.
  4. Setelah selesai, centang kedua modul tersebut lalu Restart perangkat Anda.
  5. Jalankan EdXposed_installer_v2.2.x.apk atau EdXposed_Manager_v4.5.x.apk. Bila pemasangan Xposed berhasil, maka terlihat seperti gambar di bawah.
  6. Untuk menambahkan berbagai jenis modul baru seperti GravityBox, silahkan buka Menu pada EdXposed Intaller/Manager lalu pilih Download.
  7. Selanjutnya, cari fitur/modul yang akan ditambahkan lalu pilih Install.
  8. Selesai.

2.4. Cara Hapus Xposed

Untuk menghapus / uninstall Xposed Framework dari ponsel Xiaomi anda, caranya sama saja dengan proses pemasangan modul melalui Magisk Manager. Hanya saja file yang digunakan adalah EdXposed_Uninstaller.zip.
  1. Unduh EdXposed_Uninstaller.zip lalu simpan di memori telepon.
  2. Jalankan aplikasi Magisk Manager.
  3. Buka Menu » lalu pilih Modules.
  4. Tap icon "Tambah (+)".
  5. Pilih EdXposed_Uninstaller.zip lalu tap Install.
  6. Bila sudah, silahkan Reboot / Restart HP Anda.
  7. Selesai.

2.5. Tindakan yang Diperlukan

Untuk memastikan beberapa modul dapat bekerja secara sempurna, misalnya GravityBox, pastikan memasukkan daftar berikut ke dalam Whitelisted atau bukan Blacklist.
  • Android System (android)
  • Call Management (com.android.server.telecom)
  • Phone (com.android.dialer or com.google.android.dialer)
  • System UI (com.android.systemui)
  • Phone (com.android.incallui) (OxygenOS only)
  • Download Manager (com.android.providers.downloads)

3. Rekomendasi HP Xiaomi

Modul Xposed Framework di atas dapat Anda terapkan pada hampir semua seri Xiaomi Mi atau Redmi yang telah dijalankan oleh OS Android 9.0 atau 10.0 dengan ROM MIUI 9.0, 10.0 atau yang teranyar MIUI 11.0.
  • Xiaomi Mi Series : Mi Note 10/Note 10 Pro, Mi CC9/CC9e/CC9e Pro, Mi 9/9 Pro/9 Lite/9 Explore, Mi 9T/9T Pro, Mi Pad 4, Mi 8/8 Explorer/8 Pro/8 Lite, Mi Mix 3, Mi Mix 2/Mix 2s, Mi A2, Mi A3 dan sebagainya.
  • Xiaomi Redmi Series : Redmi K30/K30 Pro, Redmi K20/K20 Pro, Redmi 8/8A, Redmi 7/7A, Redmi Y3, Redmi Go, Redmi Note 8/Note 8 Pro/Note 8T, Redmi Note 7/Note 7S/Note Pro, Redmi Note 6/Note 6 Pro, Redmi Note 5/Note 5 Pro.
  • Lainnya : Black Shark 2, Black Shark, Pocophone F2, Pocophone F1.

4. Solusi Gagal Pasang Xposed Xiaomi

Ada berbagai macam penyebab terjadinya kegagalan dalam pemasangan Xposed kedalam smartphone Xiaomi. Diantaranya karena keliru dalam memilih versi xposed atau tidak sesuai dengan OS Android, file rusak atau corrupt setelah diunduh, bootloader masih terkunci dan lain sebagainya. Nah untuk mengatasinya,

Untuk mengatasinya, berikut beberapa solusi yang bisa anda coba.
  1. Pastikan Bootloader sudah Unlock.
  2. Bersihkan dalvik cache melalui menu recovery.
  3. Pastikan versi Xposed sesuai dengan versi Android yang berjalan di dalam perangkat.
  4. Download ulang aplikasi Xposed bila mengalami kerusakan saat selesai di download.
  5. Baca dengan teliti tutorial di atas dan pastikan tidak ada yang terlewatkan.
  6. Restart / reboot perangkat.
Open Comments