Download Resetter Epson L3110, L3100, L3150 + Cara Reset 2024

AndroLite.com : Download Gratis Resetter Adjustment Program (AdjProg.exe) Epson L3110 Terbaru 2024 dan Cara Reset (Manual / Otomatis) (Lengkap Gambar) - Resetter Adjustment Program atau yang biasa disebut AdjProg.exe Printer Epson L3110 adalah sebuah aplikasi pereset yang berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami oleh Printer Epson L3110. Misalnya lampu indikator berkedip tanpa henti, Ink waste is full, service required, it is nearly time to reset the ink levels, it is time to reset the ink levels dan sebagainya.

Beberapa faktor penyebab terjadinya error, biasanya disebabkan oleh komponen-komponen (hardware) printer itu sendiri. Misalnya cartridge, roller, tabung pembuangan sisa tinta sudah penuh dan lain sebagainya (memerlukan pengecekan). Sedangkan untuk faktor internal, biasanya terjadi ketika jumlah cetakan kertas telah mencapai batas maksimal, ink pad counter sudah penuh dan seterusnya (memerlukan reset).

Nah, berkaitan dengan hal ini, pada kesempatan kali ini AndroLite.com akan memberikan solusinya agar kalian bisa menanangainya / memperbaikinya sendiri dengan mudah. Dalam hal ini setidaknya ada tiga buah cara yang bisa kalian gunakan. Pertama memeriksa beberapa bagian printer yang bisa jadi menjadi pemicu utama terjadinya error, kedua melakukan reset manual (tanpa aplikasi) dan yang ketiga mereset secara otomatis menggunakan aplikasi Resetter Adjustment Program (AdjProg.exe) Epson L3110.


1. Tanda-Tanda Printer Epson Sedang Bermasalah (Error)

Epson L3000 Series merupakan printer All In One yang sudah sangat populer dan jempolan dikalangan masyarakat. Karena selain dapat digunakan untuk mencetak, juga bisa dijadikan sebagai mesin foto copy atau scanner. Printer ini sendiri sejatinya merupakan keluaran terbaru Epson atau lanjutan dari seri L sebelumnya, seperti L110, L120, L130, L210, L220 dan seterusnya.

Meski begitu, printer Epson L3100, L3110, L3001, atau L3150 juga terkadang mengalami berbagai permasalahan yang menyebabkan printer tidak mau mencetak dokumen apapun. Hal ini biasanya ditandai dengan lampu indikator tinta/kertas berkedip bergantian/bersamaan (blinking ink and paper light).

Hal yang paling mudah dikenali ketika Printer Epson Seri L3100, L3110, L3001, dan L3150 sedang bermasalah / error adalah lampu indikator tinta dan kertasnya kan berkedip bergantian / bersamaan (blinking ink and paper light) secara terus menerus. Contohnya seperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Selain itu, pada layar monitor komputer (Laptop / PC) juga akan memunculkan kotak dialog yang didalamnya berisikan berbagai pesan-pesan error. Antara lain adalah sebagai berikut:
  1. it is nearly time to reset the ink levels
  2. it is time to reset the ink levels
  3. Ink waste is full
  4. service required
  5. Ink pad is at the end of its service live
Contohnya seperti gambar di bawah ini.

Nah, ketika printer Epson L3110, L3100, L3150 atau L3001 kalian mengalami salah satu error di atas, sebaiknya lakukanlah pengecekan awal terhadap komponen-komponennya, atau bisa juga langsung melakukan reset.

2. Periksa Penyebab Error Epson L3110, L3150, L3100, L3001

Salah satu penyebab mengapa sering terjadinya error pada printer adalah karena hardware bermasalah. Olehnya itu, cobalah periksa terlebih dahulu beberapa bagian-bagian pada printer berikut yang mungkin menjadi penyebab utamanya.
  • Cartridge - Bagian pertama yang paling sering bermasalah adalah Cartridge. Untuk mengatasinya, silahkan lepas cartridge terlebih dahulu kemudian sedot sisa tinta yang terdapat di dalamnya. Dan bila kalian memiliki cairan head cleaner, silahkan semprotkan secara perlahan pada nozzle cartidge. Bila masih error, keringkan busa tempat berhentinya cartridge (ada di sebelah kanan) juga menggunakan tissu.
  • Roller (Paper Jam) - Bagian kedua yakni roller (tempat keluarnya kertas). Pastikan bagian ini dalam keadaan tidak macet dan bersihkan bila terdapat sobekan kertas yang terjepit didalamnya.
  • Tabung Tinta - Periksa tabung tinta printer dan pastikan didalamnya masih berisikan tinta. Jika habis, silahkan isi ulang kembali. Selain itu, cek juga selang tinta jangan sampai terjepit atau macet.
  • Tabung Pembuangan Tinta - Bagian lainnya yang perlu diperiksa adalah tabung pembuangan tinta sudah penuh. Untuk itu, silahkan sedot semua sisa tinta yang terdapat di dalamnya sampai bersih.
Setelah pemeriksaan awal telah dilakukan, namun lampu indikator masih tetap berkedip, sebaiknya lakukan reset. Baik itu reset manual maupun secara otomatis menggunakan Resetter Adjustment Program (AdjProg.exe). Proses reset ini bertujuan untuk mengembalikan konfigurasi ke posisi default (seperti baru) serta menghapus semua sisa-sisa data yang tersimpan di dalam chip printer. Misalnya mereset jumlah cetakan maksimum, menormalkan ink pad dan sebagainya.

Baca juga: Download Gratis Resetter Epson L1110 + Cara Reset

3. Reset Manual Epson L3110, L3100, L3150, L3001 Tanpa Aplikasi

Reset manual Epson L3000 series merupakan salah satu solusi terbaik untuk menormalkan kembali fungsi printer. Dalam hal ini hanya perlu melakukan beberapa trik khusus dan tidak membutuhkan bantuan software apapun. Nah untuk melakukan reset manual, berikut langkah-langkahnya.

  1. Cabut kabel daya selama 3 hingga 5 menit.
  2. Setalah itu colok kembali kabel daya
  3. Nyalakan printer seperti biasanya (tekan tombol Power).
  4. Setelah menyala sempurna, tekan dan tahan tombol Resume (logo tinta/kertas) selama 5 detik, lalu lepaskan.
  5. Tekan dan tahan lagi tombol Resume selama 3 detik, setelah itu lepaskan.
  6. Tunggu sampai proses reset printer selesai dilakukan.
  7. Bila berhasil, maka lampu indikator tinta/kertas akan berhenti berkedip.
  8. Untuk memastikannya, silahkan cetak satu atau dua dokumen.

Baca juga: Download Resetter dan Cara Reset Canon MP287, MP258, MP237, iP2770

4. Reset Otomatis Epson L3110, L3100, L3150, L3001 Menggunakan Resetter

Bila reset manual tersebut di atas masih belum bisa mengatasi error, sebaiknya lakukan reset otomatis menggunakan aplikasi software Resetter Adjustment Program. Untuk link unduh tool resetter beserta cara menggunakannya, bisa kalian lihat berikut ini.

4.1. Download Resetter Ajustment Program Epson

NamaEpson Adjustment Program
FileAdjprog.exe
SupportWindows 7, 8, 8.1, 10 (32bit/64bit)
LinkDownload | Alternatif (Epson L3100 Only)
Download | Alternatif (Epson L3100, L3001, L3110, L3150)
Catatan Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Epson L3110, L3100, L3001, L3150, silahkan matikan terlebih dahulu Antivirus komputer kalian (jangan khawatir, karena file ini bukan virus).
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).

4.2. Cara Menggunakan Resetter Ajustment Program

  1. Ekstrak file Resetter Adjprog Epson L3100, L3001, L3110 atau L3150 di atas menggunakan aplikasi 7-Zip atau WinRar, setelah itu jalankan.
  2. Di tampilan awal, klik [Select].
  3. Pilih seri printer yang digunakan pada kolom Model Name. Sementara untuk bagian Port biarkan [Autoselection] saja. Setelah itu klik [OK].
  4. Selanjutnya klik [Particular Adjustment Mode] yang ada di samping kanan bawah aplikasi.
  5. Di jendela berikutnya, klik [Waste ink pad counter] kemudian klik [OK].
  6. Centang pada [Main pad counter] dan [Platen pad counter]. Setelah itu klik Initialize untuk memulai proses reset. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.
  7. Bila sudah, pada layar komputer akan menampilkan kotak dialog "Please Turn OFF and Turn On your printer". Silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer Epson L3100, L3001, L3110, L3150 anda.
  8. Bila lampu indikator sudah tidak berkedip, berarti printer telah berhasil direset dan siap untuk digunakan kembali. Selesai.

5. Solusi Gagal Reset Epson L3110, L3100, L3150, L3001

Setelah melakukan tahap pemeriksaan komponen printer hingga reset namun lampu power dan kertas berkedip bersamaan, cobalah lakukan tips berikut ini.
  1. Bersihkan ulang cartidge.
  2. Pastikan posisi cartridge warna dan hitam tidak tertukar.
  3. Sedot sisa tinta di dalam tabung pembuangan.
  4. Cabut kabel daya selama kurang lebih 3 menit sebelum melakukan reset.
  5. Pastikan kembali roller printer jangan sampai masih ada benda asing atau sisa kertas di dalamnya.

Ketika beberapa tips tersebut di atas sudah anda coba namun hasilnya masih sama, maka langkah terahir yang harus dilakukan adalah membawanya ke tukang service atau menggantinya dengan yang baru. Hehehe!

Demikianlah panduan lengkap bagaimana cara mengatasi error / masalah + link download gratis aplikasi Resetter Adjustment Program Epson L3110, L3100, L3150, L3001 pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjug dan sampai jumpa lagi di tutorial selanjutnya.