Cara Flash Firmware Samsung Galaxy A70s SM-A707F

Download Firmware Gratis dan Cara Flash ROM Samsung Galaxy A70s SM-A707F - Melakukan flash Firmware atau Stock ROM HP Samsung Galaxy A70s via flashtool ODIN sangatlah mudah dilakukan sendiri dan tanpa harus meminta bantuan orang lain. Biasanya flash sangat berguna untuk mengatasi berbagai mecam error / masalah ringan hingga berat sekalipun.

Antara lain mampu mengatasi bootlop (booting berhenti di logo), lupa kunci pola / pattern, kamera gagal, soft/hard brick, ponsel mati total, menghapus root, membersihkan virus / malware, Custom Binary Blocked by FRP Lock, lambat, aplikasi force close, sayangnya aplikasi telah berhenti dan sebagainya. Selain itu, flash firmware juga bisa dijadikan alternatif untuk upgrade OS Android jika OTA tidak menyediakannya.

1. Samsung Galaxy A70s Overview

Samsung Galaxy A70s merupakan ponsel berbasis Android kelas menengah atas yang datang membawa spesifikasi berupa RAM 6GB/8GB, storage 128GB, prosessor Qualcomm Snapdragon 675, GPU Adreno 612, panel Super AMOLED FHD+ seluas 6,7 inci, 64MP tiga kamera belakang, kamera selfie 32MP, fingerprint dalam layar, baterai 4500 mAh, serta menawarkan berbagai fitur menarik lainnya.

Untuk wilayah Indonesia sendiri, Galaxy A70s datang dengan nomor model SM-A707F, sama seperti yang beredar India. Sementara untuk versi global adalah SM-A707FN, SM-A707GM, SM-A707MN, SM-A7070, SM-A707W. Saat pertama kali meluncur, A70s dijalankan oleh OS Android Pie v9.0 antarmuka One UI. Namun tidak menutup kemungkinan, kedepannya ponsel ini bakalan mendapatkan update ke Android Q 10.0.

2. Cara Flash Samsung A70s

Sebelum melangkah keproses flashing, terlebih dahulu kalian harus mempersiapkan beberapa peralatan serta aplikasi yang diperlukan. Apa saja itu? berikut daftar lengkapnya.

2.1. Download Firmware Galaxy A70s

VERSIUPDATE
Android Q 10.0-UpComing...
Android Pie 9.0-Uploading...
Download salah satu firmware di atas lalu ekstrak filenya menggunakan aplikasi 7-Zip atau winrar. Setelah itu simpan filenya dimana saja asal mudah ditemukan, misalnya di desktop atau Local Disk D: / Local Disk D:.

2.2. Peralatan Flash Samsung A70s

  1. Kabel USB yang masih berfungsi dengan baik.
  2. Komputer (Laptop/PC) berbasis Windows.
  3. SAMSUNG_USB_Driver_Mobile.exe (35,1 MB) (Install dan restart komputer).
  4. ODIN3_v3.13.3.zip (2,47 MB) (ekstrak menggunakan winrar / 7zip).

2.3. Proses Flashing Firmware Samsung A70s

Penting!
Proses flashing firmware dapat menyebabkan terhapusnya semua data yang ada didalam memori internal ponsel. Untuk itu, sebelum melakukannya, sebaiknya lakukan FULL BACKUP kemudian simpan di penyimpanan eksternal seperti kartu microSD, komputer dan sebagainya.
Peringatan!
Silahkan gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat mem-flash Galaxy A70s Anda. AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta informasi yang ada di situs web ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Step #1. Matikan HP Galaxy A70s. Masuk ke Mode Downloading dengan cara tekan tombol 'POWER + VOLUME ATAS + VOLUME' secara bersamaan sampai ponsel bergetar atau layar menampilkan logo booting. Setelah berada di tampilan WARNING, tekan lagi tombol 'VOLUME ATAS' untuk masuk ke mode downloading.

Step #2. Tahap selanjuntynya, buka komputer lalu jalankan aplikasi ODIN dengan cara Run as administrator.

Step #3. Koneksikan ponsel A70s ke komputer menggunakan kabel USB. Untuk mengetahui apakah keduanya sudah terhubung dengan baik, coba perhatikan pada bagian LOG ODIN, apabila terdapat tulisan 'Added!!', maka keduanya sudah terhubung dengan baik.

Namun apabila tidak menampilkan apa-apa, maka saya sarankan untuk memindahkan kabel USB ke port yang lain atau ganti dengan kabel USB.

Step #4. Proses berikutnya adalah silahkan klik tab 'OPTIONS' pada ODIN kemudian centang () pada kolom "AUTO REBOOT" dan "F. RESET TIME".

Step #5. Jika file firmware yang telah Anda donwload hanya ada satu file, maka anda hanya perlu menekan tombol "AP" pada ODIN lalu cari file firmware Galaxy A70s (ekstensi .tar.md5), kemudian klik OPEN.

Tetapi apabila file firmware jumlahnya ada 4 buah (CSC, BL, AP, CP), maka Anda harus memasukkan satu-persatu file sesuai jenis filenya (lihat gambar di bawah untuk lebih jelasnya).

Step #6. Silahkan klik 'START' untuk memulai proses instalasi / flash firmware lalu tunggu sampai prosesnya selesai. Bila berhasil, maka ODIN akan menampilkan notifikasi PASS!! di bagian sudut kiri atas dan FAIL!! bila gagal.

Step #7. Saat flashing berhasil, ponsel akan melakukan reboot / restart secara otomatis. Nah pada tahap ini, Anda sudah bisa mencabut kable USB dan tunggu hingga proses booting selesai.

3. Solusi Gagal Flashing Galaxy A70s

Ada beberapa solusi yang dapat dilakukan ketika HP Galaxy A70s gagal di-flash. Apa saja itu? Berikut solusinya.
  1. Ganti kabel USB atau pindahkan ke port USB lainnya.
  2. Pastikan ODIN berjalan secara Run as administrator.
  3. Pastikan panduan diatas tidak ada yang terlewatkan.
  4. Pastikan port USB di komputer tidak longgar atau bermasalah.
  5. Pastikan file firmware yang didownload sudah sesuai nomor model ponsel dan tidak rusak (corrupt).
  6. Update aplikasi ODIN atau Samsung USB Driver keversi teranyar.
  7. Install ulang Samsung USB Driver, lalu restart komputer.
Apabila semua solusi yang disebutkan di atas sudah dilakukan, tetapi flash masih gagal, kemungkinan besar masalahnya ada pada perangkat A70s Anda sendiri. Bisa jadi sudah mengalami kerusakan fatal. Untuk itu, silahkan periksakan ke service center yang ada di kota Anda.