Cara Membuat Email Google, Yahoo, Bing (Gambar Lengkap)

advertisement
Cara Membuat Email Google (Gmail), Bing, Yahoo Dengan Mudah (Lengkap dengan Gambar) - Email merupakan singkatan dari Elektronik Mail atau dalam bahasa Indonesia disebut Surat Elektronik. Pada awalnya, email hanya digunakan untuk mengirim pesan saja. Tetapi dengan berkembangnya dunia teknologi, selain untuk mengirim pesan, sekarang email memiliki banyak fungsi dan fitur yang siap digunakan penggunanya.

Fungsi dan fitur tersebut berupa pengiriman surat elektronik, mengirim video, foto / gambar, dokumen, suara dan pengriman hampir semua jenis file. Selain itu, email juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai alat untuk melakukan registrasi / pendaftaran via online. Misalnya mendaftar di berbagai sosial media seperti facebook, telegram, instagram, twitter dan media online lain yang membutuhkan email.

Dengan kebutuhan tersebut, seorang pengguna wajib memiliki sebuah alamat Email, baik itu untuk digunakan sebagai alat pengiriman pesan, data / file atau untuk melakukan pendaftaran / registrasi online. Sekarang ini, sudah ada banyak situs yang menyediakan sarana dalam pembuatan email secara gratis disertai berbagai fitur yang ditawarkan. Misalnya google dan yahoo.

Nah, karena pentingnya sebuah email, untuk itu pada kesempatan kali ini admin akan memberikan Panduan Lengkap Tentang Bagaimana Cara Membuat Email Google (Gmail.com), Yahoo dan Bing (Hotmail.com / Outlook.com) lengkap dengan gambar. Sebelum lanjut, pembuatan email ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Tetapi untuk melakukannya diperlukan sambungan internet baik itu melalui wifi, jaringan seluler, hotspot dan koneksi internet lainnya.

1. Cara Daftar / Membuat Email di Google

Google, selain menyediakan layanan Email dengan fitur lengkap, juga menyediakan banyak produk lainnya seperti Youtube, Blogger, Google Drive, Google Adsense, Adwords, Google Plus dan masih banyak lagi. Produk-produk tersebut secara otomatis akan terhubung ke semua produk google ketika anda sudah selesai mendaftar / membuat email di google.com. Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi untuk membuat email baru ketika ingin login ke Youtube, Blogger atau produk lain milik google.

Untuk mendaftar atau membuat email baru di Google, berikut tutorialnya lengkap dengan gambar.
Langkah #1: Silankan kunjungi link ini : https://accounts.google.com/signup?hl=in. Secara otomatis anda akan melihat sebuah halaman pembuatan email google sperti yang terlihat pada gambar berikut ini.

Perhatikan tanda panah berwarna merah di atas. Pastikan melakukan penggantian bahasa agar anda bisa memahaminya dengan mudah.

Langkah #2: Langkah selanjutnya, silahkan isi formulirnya dengan data yang benar.

Keterangan Gambar :
  • Nama : Isi sesuai dengan nama anda.
  • Nama Pengguna : Isi dengan alamat email yang anda inginkan. Alamat ini harus unik dan pastikan belum ada orang lain yang menggunakan sebelumnya. Sebagai tanda apabila alamat email sudah ada yang menggunakan, maka akan ada tulisan berwarna merah di bawahnya.
    Perhatikan, tidak usah menambahkan kata @gmail.com di bagian belakan alamat pengguna. Cukup masukkan nama pengguna saja. Misalnya anda memasukkan kata androlite.service, maka nantinya alamat email akan berubah menjadi androlite.service@gmail.com.
  • Buat Sandi : Isi dengan sandi / password yang mudah anda ingat. Jumlahnya minimal 8 karakter, bisa anda padukan dengan huruf dan angka serta beberapa simbol lainnya seperti : @, #, $, %, -, + dan sebagainya.
  • Konfirmasi kata sandi : Masukkan ulang kata sandi sesuai dengan yang sudah anda masukkan pada kolom "Buat Sandi". Ingat pastikan konfirmasi password ini harus sama dengan sandi yang sudah anda buat pada kolom sebelumnya.
  • Tanggal lahir : Isi tanggal lahir anda. Formatnya di awali dengan Tahun Lahir, Bulan dan Tanggal Lahir. Jangan terbalik ya!
  • Gender : Pilih jenis kelamin anda.
  • Ponsel : Jika anda memiliki nomor ponsel, silahkan mengisi kolom tersebut. Hal ini akan sangat berguna dalam meningkatkan keamanan akun anda nantinya.
  • Alamat email anda saat ini : Jika anda sudah memiliki email lain, silahkan isi kolom bagian ini. Jika belum punya, usahakan minta email keluarga atau teman yang bisa anda percayai. Admin sarankan agar anda TIDAK mengosongkannya. Fungsi email tersebut akan sangat berguna nantinya, baik untuk meningkatkan keamanan akun atau bisa juga untuk melakukan pemulihan email apabila anda lupa passwordnya.
  • Lokasi : Pilih negara anda.
  • Langkah berikutnya : Setelah anda selesai mengisi semua kolom yang diperlukan, silahkan mengeklik tombol tersebut untuk menyelesaikan tahap pendaftaran / pembuatan akun email.
Langkah #3: Sesaat setelah anda mengeklik tombol Langkah berikutnya, maka anda akan dialihkan ke halaman Persetujuan atas Privasi dan Persyaratan penggunaan akun google. Silahkan klik Saya Setuju untuk menuju ke halaman berikutnya.

Langkah #4: Setelah langkah ketiga di atas, anda akan dialihkan ke halaman selamat datang. Silahkan klik Continue untuk masuk ke akun email baru anda.

Pada tahap ini anda sudah sepenuhnya memiliki sebuah alamat email yang baru dan sudah bisa anda gunakan seperlunya.

2. Cara Daftar / Membuat Email di Yahoo

Tidak seperti email google (gmail.com) yang memiliki banyak produk yang terhubung sesaat setelah anda selesai melakukan pembuatan akun baru, Yahoo hanya memiliki satu pruduk saja, yaitu email. Karena beberapa pruduk lainnya sudah diakuisisi oleh Microsoft, misalnya produk webmaster, analystic dan beberapa pruduk lainnya.

Nah, untuk pembuatan akan email di yahoo sendiri, caranya tidak terlalu jauh berbeda dengan pendaftaran akun email lainnya. Hanya saja yang membedakan pada bagian kolom isian dan tampilannya saja. Untuk Panduan Lengkap tentang Bagaimana Cara Membuat Email di Yahoo, berikut tutorial lengkapnya.

Step #1: Silahkan klik link ini: https://login.yahoo.com/account/create. Secara otomatis anda akan diarahkan ke halaman pengisian formulir di yahoo.

Step #2: Isi semua kolom dengan data anda secara benar. Silahkan perhatikan gambar berikut ini.

Keterangan :
  • First Name : Isi dengan nama pertama anda.
  • Last Name : Isi nama terakhir anda. Jika nama anda hanya satu suku kata saja, silahkan gunakan nama orang tua atau apa saja.
  • Email Address : Masukkan nama pengguna / email yang akan digunakan. Tapi harus menggunakan nama pengguna yang unik dan belum pernah digunakan oleh orang lain.
  • Password : Masukkan kata sandi anda. Minimal karakter yang dibutuhkan adalah 8 karakter. Anda bisa memadukan antara huruf, angka dan beberapa simbol.
  • Mobile Phone Number : Isi dengan nomor ponsel. Saran saya, lebih baik anda memasukkan nomor telepon aktif yang sedang digunakan. Karena pada halaman berikutnya akan ada verifikasi melalui nomor telepon.
  • Birth Month : Isi dengan Bulan Lahir.
  • Day : Masukkan Tanggal Lahir.
  • Year : Isi Tahun Lahir anda.
  • Gender (Optional) : Pilih jenis kelamin anda.
Step #3: Setelah semua form isian diisi, selanjutnya klik tombol Continue untuk proses penyelesaian pendaftaran / pembuatan akun.

Step #4: Pada tahap ini, anda akan dihadapkan pada tahap verifikasi akun menggunakan nomor telepon yang sudah anda masukkan pada halaman pendaftaran sebelumnya.

Step #5: Langkah berikutnya, silahkan klik "Text me an Account Key". Akan ada pesan yang dikirim oleh yahoo ke nomor ponsel anda, yang isinya beberapa digit angka verifikasi. Selanjutnya masukkan angka tersebut kedalam kolom yang di sediakan dan lanjutkan dengan mengklik tombol "Verify" dan tombol "Mari Kita Mulai".

Step #6: Sesaat setelah itu, anda akan diarahkan ke halaman utama yahoo. Untuk masuk ke dalam email anda silahkan klik "Icon Email" di sudut kanan atas halaman utama yahoo atau bisa juga mengeklik link ini https://mail.yahoo.com/. Selesai.

3. Cara Daftar / Membuat Email di Bing

Selain email, Bing juga memiliki banyak produk yang bisa digunakan setelah anda selesai melakukan pembuatan email baru. Produk Bing tersebut antara lain Webmaster, One Drive, Mail dan lain sebagainya. Untuk pembuatan emailnya sendiri, sedikit agak berbeda dari Google dan Yahoo. Dimana pada yahoo dan google anda dihadapkan pada pengisian formulir sekaligus, tetapi pada bing anda akan mengisi satu persatu formulir untuk setiap halamannya.

Step #1: Silahkan buka link ini: https://signup.live.com/.

Step #2: Selanjutnya klik tombol "Get a new email address" yang posisinya berada di bagian bawah tombol Next. Anda akan di arahkan ke halaman baru untuk proses pembuatan akun.

Berikutnya, isi nama pengguna (alamat email nantinya) kemudian pilih situs yang anda inginkan untuk berada di belakang nama pengguna anda. Misalnya androlitecom@hotmail.com atau androlitecom@outlook.com. Setelah itu masukkan password yang akan ada gunakan, lalu klik "Next".

Step #3: Masukkan Nama Depan pada kolom First Name dan Nama Belakang anda pada kolom Last Name. Setelah itu klik tombol Next. Di halam berikutnya, isi Negara pada "Country/Region" serta masukkan Tanggal, Bulan dan Tahun lahir pada kolom "Birtdate".

Step #4: Step berikutnya, pada "Country Code" silahkan cari Kode untuk Negara Indonesia dan dibawahnya masukkan nomor telepon kalian. Setelah itu lanjutkan dengan mengeklik tombol "Send Code". Kode verifikasi ini akan dikirim ke nomor telepon yang baru saja anda masukkan. Tunggu beberapa saat.

Setelah ada kode masuk kedalam ponsel anda, selanjutnya masukkan kode tersebut ke dalam kolom "Enter the access code" dan lanjutkan dengan mengeklik tombol Next.

Step #5: Rangkaian untuk pembuatan akun di Bing sudah selesai. Selanjutnya untuk membuka email anda, silahkan klik link ini https://outlook.live.com/. Selesai.
Catatan Penting : Jangan lupa untuk mencatat dan menyimpan baik-baik Alamat email dan kata sandi yang anda gunakan. Hal ini sangat penting, anda anda bisa menggunakannya kembali ketika hendak login ke email anda.

Demikianlah tutorial Panduan Lengkap Tentang Bagaimana Cara Membuat Email di Google (Gmail), Yahoo dan Bing (Outlook/Hotmail) pada kesempatan kali ini. Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Jika ada pertanyaan seputar tutorial di atas, silahkan meninggalkan komentar. Terima kasih dan salam.
advertisement
Open Comments