Download Resetter Epson L120 + Cara Reset 2024

AndroLite.com : Download Gratis Resetter Adjustment Program (AdjProg.exe) Epson L120 versi Terbaru 2024 dan Cara Reset Manual / Otomatis - Epson L120 adalah sebuah printer hemat biaya untuk mencetak berbagai dokumen atau foto sehari-hari. Printer ini didesain tanpa tinta suntik atau menggunakan tinta refill tabung khusus yang dapat diisi dengan mudah. Dalam sekali isi, dapat mencetak banyak halaman.

Dalam penggunaan sehari-hari untuk mencetak, terkadang Epson L120 dihampiri berbagai jenis masalah yang menyebabkan printer tidak dapat digunakan. Dalam hal ini biasanya ditandai dengan adanya blinking (kedip) pada lampu indikator kertas / tinta secara berulang (bergantian / bersamaan).

Selain itu, pada layar monitor komputer juga akan muncul berbagai pesan error, seperti "it is nearly time to reset the ink levels", "Service Required", "Ink waste is full", "Ink pad is at the end of its service live", "it is time to reset the ink levels", "Part Inside Your Printer Are At The End Of Their Life" dan sebagainya. Misalnya seperti screenshot berikut ini.
Beberapa penyebab utamanya biasanya disebabkan oleh tinta pada cartidge meluber / kotor, tinta di dalam tabung sudah habis, cartridge tidak rapat atau rusak, counter ink pad sudah penuh (waste ink pad counter), minta reset tinta (ink level), paper jam (kertas tertinggal di dalam roller), cetakan telah mencapai batas maksimum (over print) dan beberapa penyebab lainnya.

Baca juga: Download Resetter Epson L3100 L3110 L3150 L3001 + Cara Reset

1. Cek Penyebab Error Epson L120

Nah, ketika anda mendapati printer Epson L120 error dan tidak dapat mencetak dokumen apapun yang biasanya muncul pesan "Ink waste is full", "it is nearly time to reset the ink levels", "it is time to reset the ink levels", "service required", "Ink pad is at the end of its service live" di layar komputer, sebaiknya lakukanlah teknik pengecekan awal komponen-komponen printer yang bisa jadi menjadi penyebab utamanya.

  1. Tabung Tinta - Periksa tinta yang ada di dalam tabung printer. Bila habis, silahkan lakukan pengisian ulang. Lihat juga selang yang mengubungkan tabung ke printer jangan sampai macet atau terjepit.
  2. Cartridge - Periksa pada cartridge printer jangan sampai terhalang oleh benda-benda asing, seperti robekan kertas serta bersihkan bila terdapat kotoran atau tinta yang meluber. Jika perlu, silahkan lepas cartridge terlebih dahulu kemudian sedot sisa tinta yang ada di dalamnya, lalu pasang kembali.
  3. Roller - Bukan penutup printer dan pastikan roller tidak macet yang disebabkan oleh adanya kertas atau serpihan kertas (paper jam) yang terjepit didalamnya.
  4. Tabung Pembuangan Sisa Tinta - Faktor lain yang juga dapat menyebabkan printer berkedip adalah karena tabung pembuangan sisa tinta sudah penuh. Bila memungkinkan, silahkan sedot semua sisa tinta yang ada di dalamnya sampai kering / bersih.
  5. Kabel USB - Periksa kabel USB yang mengubungkan antara printer dengan komputer (PC/laptop). Pastikan tidak bermasalah atau telah terpasang dengan baik.
Bila pengecekan awal di atas sudah dilakukan tetapi masih tidak bisa digunakan, sebaiknya lakukan reset total. Reset total bertujuan untuk mengembalikan (mereset) semua konfigurasi ke posisi semula dan membersihkan semua sisa-sisa data yang telah lama tersimpan di chip printer.

Seperti mereset jumlah maksimum halaman / kertas yang telah dicetak menjadi nol, menormalkan kembali ink pad, mengembalikan pengaturan awal printer dan lain sebagainya.

Nah untuk melakukan reset Epson L120, setidaknya ada dua cara yang bisa anda lakukan. Pertama metode Reset Manual yaitu tanpa menggunakan aplikasi resetter dan kedua metode Reset Otomatis yaitu menggunakan aplikasi Resetter Epson Adjustment Program (Adjprog).

2. Cara Reset Manual Epson L120

Salah satu teknik paling mudah untuk reset Epson L120 adalah reset manual tanpa aplikasi. Metode ini sangat praktis untuk diterapkan terutama ketika tidak mempunyai sofware adjprog. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Cabut kabel daya selama kurang lebih 3-5 menit atau sampai tidak ada listrik yang tersimpan di dalam printer.
  2. Colok kembali kabel daya kemudian tekan Power untuk menyalakan printer dan tunggu sampai menyala sempurna.
  3. Selanjutnya, tekan lalu tahan tombol Resume (logo tinta) selama 5 detik, lalu lepaskan.
  4. Tekan dan tahan lagi tombol Resume selama 3 detik, setelah itu lepaskan.
  5. Pada tahap ini, printer Epson L120 dengan sendirinya akan melakukan proses reset otomatis.
  6. Bila berhasil, maka lampu indikator oranya akan berhenti berkedip.
  7. Silahkan cek dengan melakukan cetak dokumen.
  8. Selesai.

Baca juga: Cara Atasi Error P07/5B00 Canon MP287, MP258, MP237, iP2770

3. Cara Reset Otomatis Epson L120 Menggunakan Resetter

Bila reset manual tersebut di atas tidak bisa menyelesaikan masalah, cobalah untuk meresetnya menggunakan metode reset otomatis memakai aplikasi / software Resetter Adjustment Program / Adjprog Epson L120. Untuk link download dan cara menggunakannya, bisa kalian lihat berikut ini.

3.1. Download Resetter Adjustment Program Epson L120

NamaEpson Adjustment Program
FileAdjprog_L120.exe
Ukuran2,67 MB
Windows7, 8, 8.1, 10
Bit32bit / 64bit
PrinterEpson
SeriL120
LinkDownload | Alternatif
Catatan Penting - Ekstrak file resetter tersebut di atas menggunakan aplikasi ekstraktor seperti 7-Zip (recommended) atau WinRar versi terbaru (versi lama kadang error).

3.2. Cara Menggunakan Resetter Adjustment Program Epson L120

  1. Jalankan aplikasinya dengan cara klik 2X pada icon Adjprog.exe. Namun lebih disarankan menjalankannya dengan cara klik kanan > run as administrator.
  2. Klik Select lalu pilih seri printer pada Model Name. Untuk Port USB sebaiknya pilih Auto Selection. Setelah itu klik OK.
  3. Berikutnya, klik [Particular Adjustment Mode] > [Waste ink pad counter] > [OK].
  4. Selanjutnya, Centang pada Main pad counter dan lanjutkan dengan meng-klik Check. Tujuannya adalah untuk menampilkan beberapa informasi penting printer, termasuk jumlah kertas yang telah dicetak.
  5. Centang lagi pada Main pad counter kemudian lanjutkan dengan mengklik tombol Initialization. Tunggu sampai proses reset selesai dilakukan.
  6. Setelah selesai, layar komputer akan menampilkan pesan "Please Turn On dan Turn Off your printer". Nah pada tahap ini, silahkan matikan printer Epson L120 kalian lalu nyalakan kembali.
  7. Terakhir, periksa lampu indikator printer. Bila sudah tidak berkedip berarti printer sudah tereset dan siap untuk digunakan kembali. Selesai.

4. Solusi Gagal Reset Epson L120

Setelah melakukan tahap pemeriksaan penyebab masalah terjadinya error dan telah melakukan proses reset, namun lampu indikator printer Epson L120 masih berkedip, cobalah beberapa solusi berikut ini.
  1. Bersihkan ulang kedua cartidge dan sedot / keluarkan tinta yang di dalamnya.
  2. Pastikan pemasangan cartridge warna dan hitam tidak tertukar.
  3. Bersihkan busa tempat cartridge berhenti (ada di sebelah kanan) sampai kering.
  4. Pastikan selang tinta tidak menghalangi jalur cartridge.
  5. Sedot sisa tinta di dalam tabung / vacum pembuangan.
  6. Cabut kabel power sekitar 3 menit sebelum melakukan reset.
  7. Pastikan roller tidak terhalang oleh benda asing atau sisa kertas.

Ketika solusi tersebut di atas sudah dicoba namun printer masih tidak bisa berfungsi dengan baik, mungkin sudah saatnya untuk kalian bawa ke tukang service terdekat yang ada di tempat kalian.

Demikianlan tutorial terlengkap Bagaimana Cara Reset Manual dan Otomatis (via Adjustment Program / Adjprog) Epson L120 pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam!