Kumpulan Resetter EPSON AdjProg (Download Gratis + Tutorial)

AndroLite.com : Tutorial Cara Reset + Download Gratis Kumpulan Resetter Epson Adjustment Program (AdjProg.exe) - Ketika printer Epson tidak mau mencetak dokumen apapun atau sedang bermasalah, biasanya lampu indikator power / resume dan indikator kertas / tinta akan berkedip secara bergantian atau bersamaan secara terus menerus yang diikuti munculnya berbagai pesan error pada layar komputer.

Seperti Waste Ink Pads Counter Overflow Error, "A printer's ink pad is at the end of its service life. Please contact Epson Support", "Ink pad is at the end of its service live", "Service required", "Ink waste is full", "Part inside your Printer are at the end of their life" atau pesan sejenisnya.

Nah, ketika printer Epson mendapati salah satu permasalah tersebut, kalian bisa melakukan reset secara manual ataupun menggunakan Aplikasi Resetter Adjustment Program atau AdjProg yang bisa kalian download secara gratis. Aplikasi ini merupakan sebuah tool pembantu yang berfungsi untuk menormalkan kembali fungsi printer.

Salah satu manfaat Adjprog yang paling sering digunakan adalah mereset total terhadap Waste Ink Pad Counter yang telah mencapai batas jumlah maksimum cetakan dan penggunaan printer Epson. Selain itu, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melakukan maintenance lainnya, seperti mengatur EEPROM, Ink Charge, Print Head Cleaning dan sebagainya.


Beberapa Penyebab Error / Lampu Indikator Berkedip Printer Epson


Semua printer yang sekarang ini banyak beredar, termasuk Epson mempunyai bantalan busa / spon sebagai tempat pembuangan limbah tinta yang menetes dari cartridge. Bantalan ini bertanggung jawab untuk mengumpulkan, menyerap, menampung tinta yang tidak digunakan.

Ketika bantalan tinta telah penuh / sudah mencapai batasnya, maka printer akan mengirimkan peringatan dan menolak untuk mencetak seperti biasanya. Selain faktor tersebut, penyebab error lainnya biasanya karena roller macet, tinta dalam cartrigde perlu disedot, nozzle cartridge butuh semprotan cairan head cleaner dan sebagainya.

Nah, solusi terbaiknya untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi printer Epson, selain melakukan reset total terhadap Counter IC (EEPROM) menggunakan aplikasi Resetter Tool Epson Adjustment Program, juga harus mengecek dan membersihkan bagian-bagian printer yang telah disebutkan di atas.

Baca juga : Download Resetter Canon MP287 MP258 MP237 iP2770 + Cara Reset

Kumpulan Resetter Epson Adjustment Program (AdjProg.exe)

SeriFile
Epson L120Download & Tutorial
Epson L130, L220, L310, L360, L365Download & Tutorial
Epson L110, L210, L300, L350, L355Download & Tutorial
Epson L455Download & Tutorial
Epson L805Download & Tutorial
Epson L1300Download & Tutorial
Epson L1110Download & Tutorial
Epson L1800Download & Tutorial
Epson L3100, L3110, L3150, L3001Download & Tutorial
Catatan Penting : Sebelum mengunduh file Resetter Adjustment Program Epson, silahkan matikan terlebih dahulu Antivirus komputer kalian (jangan khawatir, karena file ini bukan virus).
Disclaimer : Segala bentuk file unduhan yang ada di situs AndroLite.com hanya merupakan bahan edukasi. Resiko yang mungkin ditimbulkan, silahkan tanggung sendiri (Do With Your Own Risk).

Cara Menggunakan Resetter Adjustment Program Epson

  1. Pertama, silahkan download salah satu Resetter Tool Epson Adjustment Program di atas lalu ektrak filenya menggunakan winrar / 7-zip.
  2. Langkah selanjutnya, jalankan aplikasi Resetter Epson dengan cara mengeklik 2X pada file AdjProg.exe. Kemudian saat aplikasi terbuka, silahkan klik [Select].
  3. Pilih seri printer Epson yang digunakan pada bagian "Model Name". Sementara untuk bagian Port biarkan [Autoselection] saja. Bila sudah klik [OK].
  4. Selanjutnya, di tampilan awal aplikasi Resetter Epson Adjustment Program, klik pada bagian [Particular Adjustment Mode].
  5. Di tampilan berikutnya, pilih [Waste ink pad counter] lalu klik [OK].
  6. Selanjutnya, Centang pada [Main pad counter] dan [Platen pad counter] (jika ada) kemudian lanjutkan mengeklik tombol Check. Tunggu beberapa saat sampai proses pemeriksaan Ink Pad Counter selesai dilakukan.
  7. Bila sudah selesai, Centang kembali [Main pad counter] dan [Platen pad counter] (jika ada) lalu klik tombol Initialize untuk memulai proses reset Printer Epson. Tunggu beberapa saat sampai proses reset selesai dilakukan.
  8. Setelah proses reset selesai, maka pada layar akan muncul sebuah dialog kecil yang menampilkan pesan "Please Turn Off and Turn On your printer". Nah, pada tahap ini, silahkan matikan lalu nyalakan kembali printer Epson kalian.
  9. Bila proses reset berhasil, maka lampu indikator akan berhenti berkedip atau sudah menyala normal dengan lampu berwarna hijau. Untuk memastikan apakah benar-benar berhasil, silahkan cetak sebuah dokumen apa saja. Selesai.

Baca juga: Cara Atasi CANON The Following Ink May Have Run Out

Cara Reset Manual Printer Epson

Selain menggunakan aplikasi Resetter Epson Adjustment Program, metode lain yang bisa kalian lakukan untuk mereset total printer Epson adalah dengan cara manual. Metode ini selain mudah dan praktis diterapkan, juga tidak memerlukan software apapun. Nah, untuk panduannya, silahkan simak-langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Pertama, silahkan lepas atau cabut kabel daya selama kurang lebih 3 hingga 5 menit, atau sampai daya listrik yang tersimpan di dalam printer habis.
  2. Selanjutnya, colok kembali kabel daya lalu nyalakan kembali printer seperti biasanya.
  3. Setelah menyala sempurna, tekan dan tahan tombol RESUME selama 5 detik, lalu lepaskan.
  4. Tekan dan tahan lagi tombol RESUME selama 3 detik, lalu lepaskan.
  5. Setelah itu, tunggu sampai printer selesai melakukan proses reset.
  6. Ketika proses reset berhasil, maka lampu indikator (resume atau tinta/kertas) akan berhenti berkedip.
  7. Nah, pada tahap ini printer sudah bisa digunakan.
  8. Silahkan cetak dokumen untuk memastikannya. Selesai

Nah, itulah kumpulan aplikasi Resetter Epson Adjustment Program / AdjProg dan tutorial bagaimana cara reset Epson pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang AndroLite.com sajikan, bisa menyelesaikan permasalahan yang sedang dialami oleh printer kalian. Terima kasih telah berkunjung, Salam.