Cara Flash Firmware Samsung A10s SM-A107F Android Q 10

AndroLite.com : Cara Flash Stock ROM Samsung Galaxy A10s SM-A107F Android Q 10.0 / Pie 9.0 (XID Indonesia) - Samsung Galaxy A10s resmi masuk ke Indonesia sekitar pertengahan bulan Agustus 2019 lalu. Ponsel ini hadir dengan nomor model SM-A107F yang dioperasikan oleh sistem operasi Android Pie 9.0 yang dibalut oleh skin bernama One UI.

Tidak butuh waktu lama setelah perilisannya, Samsung A10s kini telah memiliki stock ROM atau firmaware yang siap digunakan, baik untuk memperbarui sistem, memperbaiki kerusakan perangkat lunak, mengatasi bootloop, memperbaiki kamera gagal Samsung, lupa kunci pola, softbirck, Memperbaiki Custom Binary Blocked By FRP Lock, menghapus virus, melakukan unroot dan sebagainya.

Nah, berkenaan dengan hal tersebut, berikut ini adalah panduan lengkap tentang bagaimana cara melakukan flashing Firmware Samsung Galaxy A10s SM-A107F yang dilengkapi dengan gambar, plus link download gratis Stock ROM Galaxy A10s.

Download Firmware Samsung A10s SM-A107F

PhoneSamsung Galaxy A10s
ModelSM-A107F
NegaraIndonesia - XID
ANDROID Q 10
BuildApril 2020
PDAA107FOLE5BTD2
CSCA107FOLE5BTD2
Ukuran2.50GB
DownloadAndroid Q 10
ANDROID PIE 9
BuildFebruari 2020
PDAA107FXXU5ATA9
CSCA107FOLE5ATA8
Ukuran2.20GB
DownloadAndroid Pie 9
Catatan : Ekstrak file firmware yang telah diunduh menggunakan aplikasi WinRar atau 7-Zip.

Cara Flash Firmware Samsung A10s SM-A107F

Sebelum melakukan proses flashing firmware HP Samsung Galaxy A10s, tentu kita harus mempersiapkan beberapa peralatan dan aplikasi yang diperlukan. Apa saja itu? berikut daftarnya.

1. Peralatan dan Aplikasi

  1. Smartphone Samsung Galaxy A10s.
  2. Kabel USB (disarankan yang original).
  3. Komputer berbasis Windows.
  4. Samsung USB Driver (Install kedalam komputer).
  5. ODIN3_v3.13.1 (ekstrak filenya dan tidak perlu diinstall).
Nah setelah semua peralatan dan aplikasi yang diperlukan sudah siap, selanjutnya mari kita menuju ketahapan pemasangan firmware. Ingat, baca dengan teliti dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

2. Proses Flashing Firmware Galaxy A10s

Silahkan gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat dari melakukan flash ponsel Anda. AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta panduan di situs web ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Proses flashing stock ROM dapat menyebabkan terhapusnya semua data atau file di memori internal Galaxy A10s. Untuk itu, silahkan pindahkan data yang ada di dalamnya ke memori eksternal (SDcard) atau media penyimpanan lainnya.
Langkah #1. Tahapan pertama yang harus dilakukan adalah mematikan ponsel Galaxy A10s kalian sampai mati total.

Langkah #2. Selanjutnya, tekan 3 tombol "Volume Atas + Volume Bawah + Power" secara bersamaan hingga ponsel bergetar, setelah itu lepaskan. Saat ponsel sudah menyala, tekan lagi tombol "Volume Atas" untuk masuk ke menu "Downloading Mode".

Langkah #3. Berikutnya, buka komputer kemudian jalankan aplikasi ODIN3_v3.13.1 yang filenya sudah kalian ekstrak sebelumnya. Klik kanan pada filenya, lalu pilih "Run as administrator".

Langkah #4. Sambungkan HP dengan komputer menggunakan kabel USB. Sesaat setelah terhubung, akan ada notifikasi pada bagian Log aplikasi Odin bertuliskan "Added!!" yang menandakan bahwa komputer dan HP sudah terkoneksi dengan baik. Apabila tidak ada, maka cobalah pindahkan kabel USB ke port lain atau ganti kabel USB dengan yang lain.

Langkah #5. Jika keduanya sudah terkoneksi dengan baik, langkah selanjutnya adalah klik pada tab "Options" kemudian ceklis () pada "Auto Reboot" dan "F. Reset Time". Sisanya biarkan saja kosong (jangan di checklist).

Langkah #6. Proses berikutnya, memilih file firmware. Jika file firmware yang kalian download hanya ada 1 FILE saja, maka silahkan klik tombol AP lalu pilih file tersebut.

Namun jika file firmware ada 4 buah (CSC, BL, AP, CP), maka silahkan memasukkan satu-persatu sesuai jenisnya pada kolom BL, AP, CP dan CSC. Lebih jelasnya, lihat gambar di bawah.

Langkah #7. Untuk memulai proses pemasangan, silahkan tekan klik tombol "Start". Tunggu beberapa saat sampai proses pemasangannya selesai. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 5 menit.

Untuk mengetahui apakah prosesnya berhasil atau tidak, lihat pada bagian kiri atas ODIN. Apabila terdapat pesan PASS!! dengna latar belakang hijau yang artinya berhasil. Tetapi jika pesannya FAIL!! berarti prosesnya gagal.

Step #8. Tahap terakhir, ponsel dengan sendirinya akan melakukan Restart. Pada tahap ini kalian sudah bisa mencabut kabel USB yang mengubungkan antara ponsel dengan komputer. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai ponsel botting dengan sempurna dan masuk ke layar utama. Selesai.

Solusi Jika Gagal Flash

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan dalam melakukan flashing firmware, diantaranya disebabkan oleh aplikasi yang rusak ataupun peralatan dengan kondisi yang kurang baik. Nah, ketika kalian mengalaminya, cobalah beberapa tips berikut ini.
  1. Update aplikasi ODIN dan USB Samsung Driver ke versi yang lebih baru.
  2. Ganti kabel USB atau pindahkan ke port lainnya.
  3. Pastikan bahwa ketikan menjalankan ODIN, pilih Run as administrator.
  4. Periksa Firmware apakah mengalami kerusakan (file corrupt).
  5. Unduh ulang ROM dan pastikan filenya sesuai dengan model ponsel Samsung kalian.
Jika hal-hal tersebut di atas sudah dilakukan namun masih tetap gagal dalam mem-flash, kemungkinan besar ponsel sudah mengalami kerusakan dan membutuhkan penanganan khusus.

Nah, itulah panduan lengkap tentang bagaimana cara melakukan flashing stock ROM Samsung Galaxy A10s SM-A107F (XID). Semoga tutorial kali ini bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung dan salam.