TWRP 3.3.1 Root Samsung Galaxy A50 SM-A505F Pie 9.0

Cara Install TWRP & Root Samsung Galaxy A50 - Solusi terbaik melakukan Root Samsung Galaxy A50 SM-A505F adalah melalui custom recovery TWRP dibandingkan root tanpa PC. Tetapi untuk melakukannya, diperlukan bantuan komputer karena proses pemasangan TWRP akan dilakukan melalui aplikasi Flashtool ODIN.

Setelah proses pengintalan recovery TWRP selesai dilakukan, akan dilanjutkan dengan mem-flash file root seperti Magisk Root. Lantas bagaimana caranya? Berikut tutorial lengkap cara install TWRP 3.3.1 dan Root Samsung Galaxy A50 SM-A505F untuk Android Pie 9.0.

1. Download TWRP 3.3.1 Samsung A50 dan File Pendukung

Unduh file TWRP khusus Samsung Galaxy A50, aplikasi root dan beberapa file pendukung lainnya berikut ini, kemudian ikuti petunjuknya.

FileKeterangan
TWRP_3.3.1_SM-A505F.tarSimpan di PC
TWRP_3.3.1_SM-A505F.tar (optional)Simpan di PC
Vbmeta.tarSimpan di PC
SAMSUNG_USB_Driver.exeInstall di PC
ODIN3_v3.13.3.zipEkstrak di PC
Magisk_Root_v20.3.zipSalin ke memori ponsel
Dm-verity/No-Verity.zipSalin ke memori ponsel
Multi-disabler-samsung-v2.2.zipSalin ke memori ponsel

2. Install TWRP Samsung Galaxy A50 SM-A505F

Sebelum memulai proses pemasangan TWRP dan rooting, persiapkan segala keperluan yang dibutuhkan serta resiko apa saja yang dapat ditimbulkan.

2.1. Disclaimer

  1. Dapat mengakibatkan kerusakan ponsel.
  2. Sistem keamanan KNOX jebol permanen.
  3. Ponsel rawan dimasuki virus.
  4. Dapat menyebabkan Bootloop.
  5. Garansi resmi / toko hilang.
  6. Data di memori internal terhapus.

2.2. Syarat

  1. Aktifkan OEM Unlock dan USB Debugging. Tutorialnya Disini
  2. Wajib Unlock Bootloader (UBL). Tutorialnya Disini
  3. Sebuah komputer berbasis Windows dan kabel USB.
  4. Daya baterai perangkat minimal 50%.

2.3. Install TWRP

  1. Nonaktifkan ponsel Galaxy A50 sampai off total lalu booting ke Downloading Model. Caranya, silahkan pilih salah satu opsi berikut.
    • Tekan & tahan VOL ATAS + VOL BAWAH + POWER.
    • Tekan & tahan VOL ATAS + VOL BAWAH sambil mencolok kabel USB yang sudah tertancap di PC.
    Saat telah berada di tampilan Warning, tekan Volume Up agar bisa masuk ke mode utama Downloading.
  2. Selanjutnya, hubungkan perangkat Galaxy A50 ke komputer menggunakan kabel USB, kemudian buka PC lalu jalankan aplikasi ODIN secara run as administrator.
  3. Untuk memastikan apakah ponsel telah tekoneksi dengan baik dengan komputer, lihat pada bagian log Odin. Pastikan terdapat tulisan Added!!. Bila tidak ada, coba pindahkan kabel USB ke port yang lain.
  4. Tahap berikutnya, klik tab Options kemudian hapus (kosongkan) semua centangnya.
  5. Selanjutnya, klik tombol "AP" yang ada disebelah kanan Odin lalu cari dan temukan file TWRP-3.3.1-A50.tar yang sebelumnya sudah diunduh. Klik tombol START untuk memulai proses flashing TWRP. Bila sudah, flash juga file vbmeta.tar dengan cara yang sama.
  6. Bila proses flashing berhasil dilakukan, maka Odin akan menampilkan pesan PASS!. Nah pada tahap ini, kalian sudah bisa mencabut kabel USB.
  7. Selanjutnya, untuk keluar dari Mode Downloading dan sekaligus Booting untuk pertama kalinya ke TWRP, silahkan tekan & tahan tombol "POWER + VOL BAWAH".

    Saat layar telah BLANK / HITAM, segera lepaskan Volume Bawah lalu pindahkan jari ke tombol Volume Atas dengan tetap menekan tombol POWER.
    Catatan Penting : Lakukan proses ini dengan cepat, karena posisi layar BLANK / HITAM hanya muncul sekitar 2 detik. Bila telat, maka proses masuk ke TWRP bakal gagal dan bahkan TWRP bisa kembali ke recovery bawaan.
  8. Pada tampilan awal TWRP, silahkan centang pada "Never show this screen during boot again" kemudian usap ke kanan pada "Swipe to allow Modification".
  9. Sebelum mulai menggunakan TWRP, silahkan format data terlebih dahulu. Caranya, pilih Wipe » Format Data » ketik "Yes" » OK.
  10. Untuk mencegah terjadinya bootloop ketika ponsel dinyalakan kembali, silahkan flash file dm-no-verity.zip dan multi-disabler-samsung-v2.2.zip. Caranya, tap Install » Select Storage » cari file » lalu usap ke kanan "Swipe to confirm flash".
  11. Setelah selesai, silahkan pilih [Reboot] » [Reboot to system]. Selamat, TWRP di Samsung Galaxy A50 telah berhasil terpasang.

3. Root Samsung Galaxy A50 via TWRP

  1. Bila masih berada di dalam menu TWRP, silahkan lanjutkan ke langkah selajutnya. Tetapi jika sudah keluar, silahkan booting kembali ke mode TWRP dengan cara tekan dan tahan POWER + VOLUME ATAS. Saat logo booting Samsung muncul, lepaskan kedua tombol tersebut.
  2. Selanjutnya flash ketiga daftar file di bawah (sesuai urutan). Caranya, pilih Install » Select Storage » cari file root » lalu usap ke kanan pada Swipe to confirm flash.
    • Magisk_Root_v20.3.zip
    • Dm-no-verity.zip
    • Multi-disabler-samsung-v2.2.zip
  3. Bila telah selesai, pastikan melakukan Wipe Data terlebih dahulu untuk membersihkan sisa-sisa data. Setelah itu, silahkan reboot ke sistem: Reboot » Reboot to System.
  4. Untuk memastikan apakah HP Galaxy A50 benar-benar sudah Rooted, silahkan install Magisk_Manager.apk atau Root Checker di ponsel, lalu jalankan.

4. Solusi Bootloop Samsung Galaxy A50

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan ketika HP Galaxy A50 kalian mengalami Bootloop (stuck di logo), yaitu:
  1. Flash ulang Firmware via ODIN. Tutorialnya disini.
  2. Factory/hard reset via Recovery. Tutorialnya disini.
  3. Pastikan mem-flash vbmeta.tar via ODIN setelah flashing TWRP.tar.
  4. Pastikan mem-flash multi-disabler-samsung-v2.2.zip dan dm-verity/no-verity via TWRP setelah flash file root.

Demikianlah panduan lengkap bagaimana cara pasang TWRP dan Root HP Samsung Galaxy A50 SM-A505F pada kesempatan kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Terima kasih dan salam!