TWRP 3.3.1 Root Samsung Galaxy A51 SM-A515F

Cara Install TWRP & Root Samsung Galaxy A51 Android Q 10.0 - Ada dua opsi terbaik cara root Samsung Galaxy A51 dibandingkan tanpa PC. Pertama via ODIN, yaitu mem-flash file firmware yang telah di-patch menggunakan magisk manager dan kedua Root via TWRP, yakni mem-flash file root melalui recovery TWRP.

Kedunya sama-sama mudah diterapkan, hanya saja perlu ketelitian dalam menerapkannya. Karena bila terjadi kekeliruan, maka dipastikan proses root dapat mengakibatkan HP Samsung Galaxy A51 mengalami Bootloop. Dan yang lebih parah dapat mengakibatkan kerusakan permanen.

1. Download TWRP 3.3.1 Samsung Galaxy A51

FILEKETERANGAN
TWRP-3.3.1-SM-A515F-Unstable.tar (Unstable version)Simpan di PC
TWRP-SM-A515F-Unofficial.tar (Unofficial version)Simpan di PC
SAMSUNG_USB_Driver.exeInstall di PC
ODIN3_v3.xx.x.zip (Pilih versi terbaru)Ekstrak di PC
vbmeta.tarSimpan di PC
Magisk_Root_v2x.x.zip (Pilih versi terbaru)Salin ke SD-Card
Dm-verity/No-Verity.zipSalin ke SD-Card
Multi-disabler-samsung-v2.2.zip (Pilih versi terbaru)Salin ke SD-Card
Tambahan file untuk Opsi Root Tanpa TWRP
Magisk_Manager_v7.x.x.apk (Pilih versi terbaru)Install di ponsel
Firmware Samsung A51Ekstrak di komputer

1.1. Syarat

  1. OEM Unlock dan USB Debugging harus aktif serta Bootloader telah terbuka (unlock). Tutorialnya Disini
  2. Siapkan komputer berbasis Windows dan kabel USB.
  3. Daya baterai perangkat minimal 50%.

1.2. Disclaimer

  • Root dapat menyebabkan kerusakan perangkat.
  • Sistem keamanan Knox jebol dan tidak bisa dikembalikan.
  • Sistem keamanan lemah sehingga mudah terserang virus.
  • Dapat mengakibatkan bootloop.
  • Garansi toko / resmi hilang.
  • Semua data di memori internal terhapus (Factory Reset).

2. Install TWRP dan Root Samsung Galaxy A51

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa ada dua metode yang bisa dipilih untuk me-root Samsung Galaxy A51. Baik itu flash via ODIN maupun via TWRP. Jadi silahkan pilih salah satunya.

2.1. Pasang TWRP 3.3.1 SM-A515F

Sebagai langkah awal sebelum melakukan root via twrp, kalian harus mengganti recovery bawaan (cwm) dengan custom recovery TWRP terlebih dahulu.

Step #1 - Nonaktifkan HP Galaxy A51 sampai off total lalu booting ke mode Downloading. Dalam hal ini ada dua opsi yang dapat diterapkan.
  1. Tekan & tahan VOL ATAS + VOL BAWAH + POWER.
  2. Tekan & tahan VOL ATAS + VOL BAWAH lalu colokkan kabel USB yang sudah tertancap di PC dengan tetap menekan tombol Vol Atas + Vol Bawah.
Di tampilan Warning, tekan tombol Volume Atas untuk masuk ke mode utama Downloading.

Step #2 - Koneksikan ponsel ke PC via kabel USB lalu jalankan aplikasi ODIN secara run as administrator.

Pastikan ODIN telah mendeteksi HP Galaxy A51 dengan melihat pesan Added!! pada tab Log.

Step #3 - Klik tab Options dan hilangkan semua centang () yang ada didalamnya.

Step #4 - Klik tombol "AP" kemudian cari file TWRP-3.3.1-A51.tar » Open. Klik tombol START untuk memulai proses pemasangan. Bila sudah, flash juga vbmeta.tar dengan proses yang sama.

Step #5 - Pastikan pesan yang muncul adalah PASS! yang menandakan bahwa proses flashing TWRP.tar dan vbmeta.tar berhasil dipasang.

Step #6 - Cabut kabel USB yang menghubungkan antara ponsel dengan komputer.

Step #7 - Untuk keluar dari Downloading Mode dan Booting untuk pertama kalinya ke TWRP, silahkan tekan & tahan tombol "POWER + VOL BAWAH".

Ketika layar BLANK / HITAM, segera lepaskan tombol VOL BAWAH lalu pindahkan jari ke tombol VOL ATAS dengan tetap menekan tombol POWER (lakukan dengan cepat).

Step #8 - Di dalam TWRP, centang pada "Never show this screen during boot again" kemudian usap ke kanan pada "Swipe to allow Modification".

Step #9 - Selanjutnya, tap Wipe » Format Data » ketik "Yes" » OK dan tunggu hingga proses wipe selesai.

Step #10 - Untuk mencegah terjadinya bootloop, flash file dm-no-verity.zip dan multi-disabler-samsung-v2.2.zip. Caranya, tap Install » Select Storage » cari file » usap ke kanan "Swipe to confirm flash".

Step #11 - Terakhir, silahkan pilih Reboot » Reboot to system. Selesai.

2.2. Proses Root SM-A515F via TWRP

Step #1 - Nonaktifkan HP Galaxy A51 kemudian booting ke mode Recovery dengan cara tekan dan tahan POWER + VOL ATAS. Saat logo booting Android muncul, lepaskan keduanya.

Step #2 - Selanjutnya flash ketiga file di bawah (sesuai urutan) dengan cara tap Install » Select Storage » piih file » usap ke kanan pada Swipe to confirm flash.
  1. Magisk_Root_v20.2.zip
  2. Dm-no-verity.zip
  3. Multi-disabler-samsung-v2.2.zip
Step #3 - Selanjutnya, reboot ke sistem dengan mentap Reboot » Reboot to System.

Step #4 - Install Magisk_Manager.apk di ponsel untuk mengatur magisk root dan sekaligus mengecek status root. Opsi lain untuk cek status root yakni download aplikasi Root Checker lalu jalankan.

3. Root Samsung Galaxy A51 via Odin (Tanpa TWRP)

Tidak jauh berbeda via TWRP, rooting via ODIN selain mudah untuk diterapkan juga merupakan salah satu pilihan terbaik untuk me-root HP Galaxy A51. Bagaimana caranya? berikut panduan lengkapnya.

3.1. Patch Firmware SM-A515F via Magisk

Step #1 - Ekstrak file Firmware Galaxy A51 menggunakan aplikasi 7-Zip atau WinRar. Di hasil ekstrak tersebut, salin file AP_A515FXX.tar.md5 ke memori eksternal ponsel.

Step #2 - Jalankan aplikasi Magisk Manager yang telah diinstall di ponsel. Tap Install (disamping Magisk is not installed) » Install » Select and Patch a File. Cari dan pilih file AP_A515FXX.tar.md5. Tunggu sampai proses patching selesai dilakukan.

Step #3 - Bila sudah, nama file akan berubah menjadi Magisk_patched.tar. Untuk melihatnya, silahkan buka File Manager » Internal Storage » Download » Magisk_patched.tar.

Step #5 - Tahap selanjutnya, salink kembali file Magisk_patched.tar ke komputer untuk di-flash melalui aplikasi ODIN. Silahkan lanjutkan ke proses Magisk_patched.tar + Rooting Samsung Galaxy A51 berikut.

3.2. Proses Rooting SM-A515F via ODIN

Step #1 - Matikan ponsel Galaxy A51 lalu Booting ke Downloading Mode menggunakan salah satu opsi berikut:
  1. Tekan & tahan POWER + VOL ATAS + VOL BAWAH.
  2. Tekan & tahan VOL ATAS + VOL BAWAH lalu colokkan kabel USB yang telah tertancap di PC dengan tetap menekan tombol Vol Bawah + Vol Atas.
Di tampilan "Warning", tekan sekali pada tombol VOL ATAS untuk continue ke mode downloading.

Step #2 - Koneksikan HP ke PC lalu jalankan ODIN secara run as administrator. Pastikan ODIN telah mendeteksi perangkat yang ditandai munculnya pesan Added!! di tab Log.

Step #3 - Klik tab Options lalu hilangkan semua centang yang ada didalamnya.

Step #4 - Masukkan satu per satu semua file firmware yang sebelumnya telah di ekstrak (BL, CSC, CP). Tetapi untuk tombol "AP", pilih Magisk_patched.tar sebagai pengganti file AP_A515FXX.tar.md5.

Step #5 - Klik tombol 'START' untuk memulai proses flashing sekaligus rooting. Tunggu hingga selesai.

Step #6 - Bila sudah, reboot ponsel ke mode recovery untuk melakukan Wipe Data (WAJIB). Caranya, silahkan tekan dan tahan tombol [VOL BAWAH + POWER].

Ketika layar sudah BLANK / HITAM, segera lepaskan tombol VOL BAWAH lalu pindahkan jari ke tombol VOL ATAS dengan tetap menekan tombol POWER.
Catatan Penting : Ingat, proses memindahkan jari dari Volume bawah ke volume atas harus dilakukan dengan cepat. Karena layar BLANK / HITAM hanya muncul sekitar 2 detik.
Step #7 - Di dalam mode recovery, navigasikan ke [Wipe Data / Factory Reset] > [Yes] dan tunggu sampai proses penghapusan data selesai dilakukan.

Step #8 - Terakhir, silahkan pilih Reboot to system. Selesai. Selamat smartphone Galaxy A51 kalian telah berhasil di-root.
Catatan Penting : Untuk mencegah hilangnya aplikasi Magisk Manager, pastikan setiap ingin melakukan restart, jangan langsung dari tombol power, melainkan reboot dari Magisk manager.

Atau bisa juga matikan ponsel [Turn Off] lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol power. Intinya, jangan restart langsung.

4. Solusi Bootloop Samsung Galaxy A51

  1. Flash ulang Firmware via ODIN. Tutorial.
  2. Factory/hard reset via Recovery. Tutorial.
  3. Pastikan mem-flash vbmeta.tar via ODIN setelah mem-flash file boot.img.
  4. Pastikan mem-flash dm-verity/no-verity dan Multi-disabler-samsung-v2.2.zip sesaat setelah pemasangan twrp selesai.

Selain Samsung Galaxy A51 model A515F/DS, tutorial root dan pasang TWRP tersebut di atas juga dapat diaplikasikan untuk model SM-A515F/DSN, SM-A515FN/DS (Global); SM-A515GN/DS, SM-A515FM/DS, SM-A515YN, SM-A515W. Hanya saja perbedaannya ada pada pemilihan file TWRP dan firmware.