[Desember 2019] Cara mudah masuk ke menu RECOVERY MODE dan tutorial / panduan lengkap bagaimana cara melakukan HARD RESET (Factory Reset) Samsung Galaxy New A Series model A10, A20, A30, A40, A50, A60, A70, A80 (lengkap gambar).

AndroLite.com - Walaupun smartphone Samsung Galaxy besutan perusahaan asal Korea Selatan merupakan salah satu perangkat Android terpopuler sekarang ini, namun kenyataannya terkadang mengalami berbagai masalah, mulai dari yang ringan hingga yang berat sekalipun. Masalah yang kadang timbul seperti tidak bisa booting atau bootlop (stuck di logo), lupa kunci pola / sensor fingerprint tidak bisa berfungsi dengan baik, aplikasi sering force close, hp lambat, sayangnya aplikasi telah berhenti bootloop dan sebagainya.

Nah, apabila ponsel Samsung kalian mengalami salah satu masalah diatas, kemungkinan besar sudah waktunya untuk segera dilakukan hard reset. Meski bukan merupakan satu-satunya solusi, namun hard reset (factory reset) merupakan salah satu cara terbaik untuk memperbaiki error atau masalah pada perangkat Samsung. Namun lain halnya ketika ponsel mati total (tidak bisa booting), maka perlu dilakukan flashing firmware Samsung via ODIN.

Selain hard reset, kalian juga bisa melakukan soft reset melalui menu pengaturan. Tetapi cara ini kurang efektif karena terkadang masih menyisakan beberapa error. Proses hard / soft reset ini sendiri dapat mengakibatkan terhapusnya semua data yang ada di dalam memori internal, seperti foto, video, kontak, aplikasi, musik dan sebagainya. Solusinya, kalian dapat melakukan backup data terlebih dahulu dengan cara memindahkannya ke kartu memori (microSD), komputer, upload ke cloud atau beberapa media penyimpanan lainnya.

Nah berhubungan dengan hal tersebut di atas, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tips tentang bagaimana cara melakukan hard reset. Dalam hal ini kita hanya akan fokuskan ke HP Samsung dari keluarga New A Series, diantaranya Galaxy A10, A20, A30, A40, A50, A60, A70, A80. Alasannya karena semua seri ini memiliki kemiripan untuk hard reset, terutama saat masuk ke menu Recovery Mode.

Sebenarnya, proses hard reset untuk HP Samsung caranya hampir sama saja, hanya saja yang membedakannya adalah proses masuk ke Recovery Mode. Hal ini disebabkan karena keluaran lama dan baru memiliki tombol yang berbeda, ada yang masih memiliki tombol home (versi lama, keluaran 2018 kebawah) dan ada juga yang sudah tidak memilikinya (keluaran terbaru, 2018 keatas).

Hard Reset Samsung Galaxy New A Series

Sebelum melakukan hard reset, langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke menu Recovery Mode (Android System Recovery). Menu ini adalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh semua pabrikan smartphone (termasuk Samsung) yang dapat digunakan untuk memperbarui firmware, wipe data / factory reset, hapus cache dan sebagainya.

Recovery Mode Samsung Galaxy A Series

Secara umum, untuk masuk ke recovery mode Samsung Galaxy A10, A20, A30, A40, A50, A60, A70, A80 dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah. Dalam hal ini ada dua cara yang bisa dilakukan (tergantung kondisi hp).

CARA #1
Untuk cara pertama ini hanya dapat dilakukan ketika ponsel bisa diakses sepenuhnya. Atau dengan kata lain masih bisa mematikan ponsel atau diluar lupa kunci pola.

  • Matikan ponsel Samsung kalian hingga mati total.
  • Tekan dan tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS" dan lepaskan ketika logo booting Samsung muncul.
  • Saat layar menampilkan "No Command", tunggu beberapa saat atau ketuk pada layar untuk melanjutkan ke mode recovery.

CARA #2
Cara kedua ini bisa kalian terapkan apabila ponsel tidak bisa diakses karena lupa kunci pola atau tidak bisa menonaktifkan ponsel.

  • Dalam keadaan HP menyala, tekan dan tahan tombol "POWER + VOLUME BAWAH".
  • Ketika layar hitam / blank / tidak menampilkan apa-apa, segera lepaskan Volume Bawah dan ganti ke "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan tombol "POWER". Ingat, lakukan ini dengan cepat dan jangan tunggu hingga layar menampilkan logo booting.
  • Saat layar menampilkan "No Command" segera ketuk layar atau tunggu beberapa saat hingga ponsel mengarah ke recovery mode.

Hard Reset Samsung Galaxy A Series

Saat kalian sudah berada di menu Recovery Mode, selanjutnya adalah proses melakukan Hard Reset.
  • Untuk memindahkan navigasi / selector yang ada di dalam menu recovery, gunakan tombol Volume / Pengatur suara, kemudian arahkan ke "WIPE DATA / FACTORY RESET".
  • Untuk memilihnya, tekan tombol "POWER / DAYA".
  • Setelah itu arahkan lagi ke navigasi "YES" dan sekali lagi tekan tombol POWER untuk memilihnya.
  • Tunggu hingga beberapa saat hingga proses hard reset selesai dilakukan.
  • Setelah selesai, arahkan lagi ke bagian "REBOOT SYSTEM NOW".
  • Tunggu beberapa saat hingga ponsel melakukan Restart / Booting hingga ponsel menyala sempurna.
  • Silahkan lakukan pengaturan awal ponsel ketika sudah berada di layar utama. Selesai.

Berlaku Untuk

Cara masuk recovery mode dan melakukan hardreset Galaxy New A Series tersebut di atas, berlaku untuk semua nomor model berikut ini.
  • Galaxy A10 : SM-A105F, SM-A105FN, SM-A105G, SM-A105M.
  • Galaxy A20 : SM-A205F, SM-A205FN, SM-A205U, SM-A205GN, SM-A205YN, SM-A205G, SM-A205W
  • Galaxy A30 : SM-A305F, SM-A305FN, SM-A305G, SM-A305GN, SM-A305YN
  • Galaxy A40 : SM-A405F, SM-A405FN, SM-A405FM
  • Galaxy A50 : SM-A505F, SM-A505FN, SM-A505GN, SM-A505FM, SM-A505YN, SM-A505W
  • Galaxy A60 : SM-A606F, SM-A6060
  • Galaxy A70 : SM-A705F, SM-A705FN, SM-A705GM, SM-A705MN, SM-A7050, SM-A705W
  • Galaxy A80 : SM-A805F, SM-A805FN
Demikianlah panduan singkat tentang bagaimana cara melakukan Hard / Factory Reset Samsung Galaxy A10, A20, A30, A40, A50, A60, A70, A80 pada kesempatan kali ini. Jika ada yang kurang dimengerti, silahkan meninggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung, salam!
Open Comments