Cara Root Samsung Galaxy A10s Tanpa TWRP

Tutorial Terlengkap Bagaimana Cara Root Samsung Galaxy A10s Android Q 10.0 / Pie 9.0 - Melakukan rooting terhadap HP Samsung Galaxy A10s memang bukanlah sebuah perkara sulit untuk dilakukan. Meski begitu, proses yang diperlukan agak sedikit rumit dan panjang serta memerlukan ketelitian dalam melakukannya. Jika tidak, bukan hanya rootingnya yang gagal, melainkan juga dapat mengakibatkan bootlop hingga kerusakan pada perangkat.

Untuk itu sebelum memutuskan ingin melakukan Root Galaxy A10s, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan Anda dan perhatikan dampak apa yang akan ditimbulkannya. Root memang memiliki kelebihan tersendiri, diantaranya dapat meningkatkan performa smartphone, menghapus aplikasi bloatware, menghemat daya baterai, penyimpanan internal lebih lega dan sebagainya.

Namun dampak yang ditimbulkannya juga tidak tidak main-main, termasuk hilangnya garansi ponsel (tidak dapat mengklaim garansi), sistem keamanan jebol sehingga rawan dimasuki virus, menyebabkan bootlop dan yang lebih parah dapat mengakibatkan kerusakan permanen. Pelajari lebih lengkap tentang Kelebihan dan Kekurangan Root Android.

Nah, bagi Anda yang sudah mengenal atau mengetahui apa kelebihan dan manfaat root serta memiliki keinginan untuk melakukannya, berikut panduan lengkap Cara Root Samsung Galaxy A10s. Dalam hal ini kita akan melakukan patch terhadap file firmware dengan menggunakan bantuan tool Magisk Manager dan ODIN.

Cara rooting berikut ini juga dapat diterapkan untuk semua seri Galaxy A10s, termasuk SM-A107F, SM-A107FN, SM-A107M, SM-A107GN, SM-A107YN, SM-A107W, SM-A107U. Hanya saja perbedaannya ada pada pemilihan Firmware / ROM karena setiap negara memiliki firmware berbeda-beda.

Cara Root Samsung Galaxy A10s

Proses rooting Galaxy A10s membutuhkan beberapa peralatan dan aplikasi khusus serta memiliki proses yang cukup rumit. Jadi pastikan sebelum memulainya, persiapkan segala alat atau bahan yang diperlukan dan pastikan membaca panduannya secara teliti agar tidak terjadi kesalahan.
Peringatan!
Memodifikasi dan melakukan rooting perangkat dapat menyebabkan hilangnya garansi, jebolnya sistem keamanan KNOX, bootlop hingga dapat mengakibatkan kerusakan. Untuk itu AndroLite.com tidak bertanggung jawab hal-hal tersebut terjadi yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk.
Penting!
Proses root juga dapat mengakibatkan terhapusnya semua data yang ada didalam memori internal ponsel. Untuk itu, sebelum melakukannya, silahkan pindahkan (BACKUP) semua data ke penyimpanan lain, seperti kartu memori (microSD), komputer, awan (cloud) dan lain sebagainya.

1. Persiapan Alat / Bahan

  1. Kabel USB original.
  2. Perangkat Samsung Galaxy A10s.
  3. Komputer (Laptop/PC) berbasis Windows.
  4. ODIN3_v3.13.3.zip (2,47 MB) (ekstrak dan simpan di komputer).
  5. SAMSUNG_USB_Driver.exe (35,1 MB) (Install dan restart komputer).
  6. Magisk Manager.apk (2,58 MB) (install ke dalam ponsel).
  7. Firmware / Stock ROM Samsung Galaxy A10s :
  8. Aktifkan OEM Unlocking dan USB Debugging. Tutorial

2. Proses Root Samsung A10s

Ada dua tahap utama sebelum rooting Galaxy A10s. Pertama melakukan patch file AP_A105FXX firmware, dan kedua flashing file AP_A105FXX yang telah di-patch menggunakan flashtool ODIN.

2.1. Patch Firmware AP_A105FXX

  1. Eksrak file Firmware/ROM Galaxy A10s menggunakan 7-Zip. Nah, dari hasil eksrak tersebut, salin file AP_A105FXX.tar.md5 ke memori penyimpanan ponsel. Disarankan di SD Card.
  2. Jalankan aplikasi Magisk_manager.apk. Tap Install yang ada disamping Magisk is not installed. Tap lagi Install »» Select and Patch a File » Cari & flash file AP_A105FXX.tar.md5 dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  3. Untuk melihat file AP_A105FXX.tar.md5 yang telah di-patch, silahkan buka Memori Internal > Download. Nama file AP_A105FXX.tar.md5 tersebut berubah menjadi Magisk_patched.tar.
  4. Selanjutnya, salin kembali file Magisk_patched.tar ke dalam komputer, tepatnya bersama dengan file firmware lainnya yang sebelumnya telah diekstrak untuk di-flash melalui ODIN.

2.1. Flash Magisk_patched.tar + Rooting via ODIN

Sekali lagi saya ingatkan, bahwa proses flashing + rooting ini akan menghapus semua data yang tersimpan di dalam memori internal HP. Untuk itu silahkan lakukan BACKUP atau pindahkan semua data yang ada didalamnya ke memori penyimpanan eksternal (sdcard).

  1. Matikan perangkat Galaxy A10s sampai off total lalu Booting ke Downloading Mode. Dalam hal ini ada dua opsi yang bisa kalian lakukan :
    • Opsi #1 : Tekan & tahan POWER + VOL ATAS + VOL BAWAH.
    • Opsi #2 : Tekan & tahan VOL ATAS + VOL BAWAH lalu colokkan kabel USB yang telah tertancap di PC sambil tetap menekan tombol Vol Atas + Vol Bawah.
  2. Saat ponsel menampilkan "Warning", tekan & tahan tombol VOLUME ATAS selama kurang lebih 10 detik atau sampai muncul tampilan "Unlock Bootloader?". Selanjutnya pilih opsi "Yes" dengan menekan tombol "VOLUME ATAS".
  3. Bila layar menampilkan pesan "The phone's bootloader is unlocked ...", silahkan tekan tombol "POWER" untuk melanjutkan. Proses ini akan menghapus (erasing) semua data internal HP (tunggu sampai selesai).
  4. Ketika layar kembali menampilkan "The phone's bootloader is unlocked ...", tekan lagi tombol "POWER" untuk melanjutkan atau tunggu sampai perangkat melakukan reboot sendiri.
  5. Ketika perangkat telah menyala sempurna, silahkan lakukan konfigurasi sampai masuk ke HOME SCREEN. Tetapi ingat, JANGAN "Sign in" atau membuat akun baru Google dan Samsung (skip saja jika mendapatinya).
  6. Nonaktifkan lagi perangkat lalu booting kembali ke Mode Downloading. Caranya sama saja dengan langkah pertama (#1) di atas. Namun saat berada di tampilan Warning, tekan tombol Volume Atas sebentara saja (JANGAN DITAHAN) sehingga ponsel akan diarahkan ke ke menu utama Mode Downloading dan bukan ke mode Bootloader.
  7. Buka komputer lalu jalankan aplikasi ODIN secara run as administrator. Koneksikan perangkat Galaxy A10s kalian komputer menggunakan kabel USB.
  8. Bila ODIN telah mendeteksi perangkat Galaxy A10s kalian, maka akan ada pesan 'Added!!' pada tab 'Log' atau terdapat alamat port di bawah ID:COM.
    Setelah itu, klik tab Options lalu hilangkan semua centang yang ada didalamnya.
  9. Berikutnya, masukkan satu per satu file firmware sesuai nama file pada kolom BL, CSC dan CP. Tetapi untuk bagian "AP" masukkan file Magisk_patched.tar sebagai pengganti file AP_A105FXX.tar.md5.
  10. Bila sudah, silahkan klik tombol 'Start' untuk memulai proses flashing dan sekaligus rooting Galaxy A10s serta tunggu sampai posesnya selesai.
  11. Bila sudah, reboot ponsel ke mode recovery untuk melakukan Wipe Data (WAJIB). Caranya, silahkan tekan dan tahan tombol [VOL BAWAH + POWER].

    Ketika layar sudah BLANK / HITAM, segera lepaskan tombol VOL BAWAH lalu pindahkan jari ke tombol VOL ATAS dengan tetap menekan tombol POWER.
    Catatan Penting : Ingat, proses memindahkan jari dari Volume bawah ke volume atas harus dilakukan dengan cepat. Karena layar BLANK / HITAM hanya muncul sekitar 2 detik.
  12. Di dalam mode recovery, navigasikan ke [Wipe Data / Factory Reset] > [Yes] dan tunggu sampai proses penghapusan data selesai dilakukan.
  13. Terakhir, silahkan pilih Reboot to system. Selesai. Selamat smartphone Galaxy A10s kalian telah berhasil di-root.
    Catatan Penting : Untuk mencegah hilangnya aplikasi Magisk Manager, pastikan setiap ingin melakukan restart, jangan langsung dari tombol power, melainkan reboot dari Magisk manager.

    Atau bisa juga matikan ponsel [Turn Off] lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol power. Intinya, jangan restart langsung.
  14. Untuk mengecek atau memastikan apakah perangkat Galaxy A10s kalian telah root 100%, silahkan download dan jalankan aplikasi Root Checker.

Solusi Bootlop Samsung Galaxy A10s

Ketika ponsel mengalami bootlop (stuck / berhenti hanya sampai di logo booting Samsung) saat menerapkan panduan di atas, Anda bisa mengatasinya dengan cara :
  1. Flash ulang Firmware. Tutorialnya bisa dilihat DISINI.
  2. Lakukan factory/hard reset via Recovery. Turorialnya DISINI.

Nah itulah tutorial terlengkap cara root Samsung Galaxy A10s tanpa recovery TWRP. Semoga tutorial di atas bisa kalian terapkan dengan mudah, tanpa kendala. Bila ada pertanyaan, silahkan tinggalkan komentar di bawah.