[Desember 2019] Panduan / tutorial lengkap bagaimana cara root Samsung Galaxy A10s (SM-A107F, SM-A107FN, SM-A107M, SM-A107GN, SM-A107YN, SM-A107W, SM-A107U) dengan cara patch boot.img menggunakan magisk manager dan flash via ODIN.

AndroLite.com - Melakukan rooting terhadap HP Samsung Galaxy A10s memang bukanlah sebuah perkara sulit untuk dilakukan. Meski begitu, proses yang diperlukan agak sedikit rumit dan panjang serta memerlukan ketelitian dalam melakukannya. Jika tidak, bukan hanya rootingnya yang gagal, melainkan juga dapat mengakibatkan bootlop hingga kerusakan pada perangkat.

Untuk itu sebelum memutuskan ingin melakukan Root Galaxy A10s, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan Anda dan perhatikan dampak apa yang akan ditimbulkannya. Root memang memiliki kelebihan tersendiri, diantaranya dapat meningkatkan performa smartphone, menghapus aplikasi bloatware, menghemat daya baterai, penyimpanan internal lebih lega dan sebagainya.

Namun dampak yang ditimbulkannya juga tidak tidak main-main, termasuk hilangnya garansi ponsel (tidak dapat mengklaim garansi), sistem keamanan jebol sehingga rawan dimasuki virus, menyebabkan bootlop dan yang lebih parah dapat mengakibatkan kerusakan permanen. Pelajari lebih lengkap tentang Kelebihan dan Kekurangan Root Android.

Nah, bagi Anda yang sudah mengenal atau mengetahui apa kelebihan dan manfaat root serta memiliki keinginan untuk melakukannya, berikut panduan lengkap Cara Root Samsung Galaxy A10s. Dalam hal ini kita akan melakukan patch terhadap boot.img dengan menggunakan bantuan tool Magisk Manager dan ODIN.

Cara rooting berikut ini juga dapat diterapkan untuk semua seri Galaxy A10s, termasuk SM-A107F, SM-A107FN, SM-A107M, SM-A107GN, SM-A107YN, SM-A107W, SM-A107U. Hanya saja perbedaannya ada pada pemilihan Firmware / ROM karena setiap negara memiliki firmware berbeda-beda.

Cara Root Samsung Galaxy A10s

Proses rooting Galaxy A10s membutuhkan beberapa peralatan dan aplikasi khusus serta memiliki proses yang cukup rumit. Jadi pastikan sebelum memulainya, persiapkan segala alat atau bahan yang diperlukan dan pastikan membaca panduannya secara teliti agar tidak terjadi kesalahan.
Peringatan!
Memodifikasi dan melakukan rooting perangkat dapat menyebabkan hilangnya garansi, jebolnya sistem keamanan KNOXX, bootlop hingga dapat mengakibatkan kerusakan. Untuk itu AndroLite.com tidak bertanggung jawab hal-hal tersebut terjadi yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk.
Penting!
Proses root juga dapat mengakibatkan terhapusnya semua data yang ada didalam memori internal ponsel. Untuk itu, sebelum melakukannya, silahkan pindahkan (BACKUP) semua data ke penyimpanan lain, seperti kartu memori (microSD), komputer, awan (cloud) dan lain sebagainya.

1. Persiapan Alat / Bahan

  1. Kabel USB original.
  2. Perangkat Samsung Galaxy A10s SM-A107F.
  3. Komputer (Laptop/PC) berbasis Windows.
  4. Apkikasi 7zip (1,4 MB) (Install ke dalam komputer).
  5. ODIN3_v3.13.3.zip (2,47 MB) (ekstrak dan simpan di komputer).
  6. SAMSUNG_USB_Driver.exe (35,1 MB) (Install dan restart komputer).
  7. Magisk Manager.apk (2,58 MB) (install ke dalam ponsel).
  8. Download salah satu ROM Samsung Galaxy A10s berikut sesuai model / negara Anda kemudian ektrak menggunakan 7-Zip.
  9. Setelah itu, copy file boot.img ke dalam memori internal / eksternal (microSD) ponsel untuk di patch menggunakan magisk manager.

2. Patch Boot.img via Magisk Manager

  1. Jalankan aplikasi Magisk Manager.
  2. Tap Install yang ada di samping kanan Magisk is not installed.
  3. Tap lagi Install dan pilih Select and Patch a File.
  4. Cari file boot.img yang sebelumnya sudah disalin ke memori telepon.
  5. Tunggu sampai proses patch boot.img selesai dilakukan.
  6. Buka kembali memori penyimpanan ponsel lalu cari file "patched_boot.img".
  7. Ganti nama "patched_boot.img" menjadi "boot.img" lalu salin kembali ke komputer (tempatkan dimana saja asal mudah ditemukan, misalnya di desktop) untuk diubah ekstensinya menjadi .tar.

3. Ubah Ekstensi Boot.img menjadi Boot.img.tar

Karena ODIN tidak mengenali ekstensi .img, maka perlu menggantinya menjadi ekstensi .tar dengan menggunakan aplikasi 7zip. Caranya tinggal klik kanan pada file "boot.img" lalu pilih 7-Zip > Add to Archive. Pada kolom Archive Format, pilih tar kemudian klik OK untuk memulai prosesnya. Lebih lengkapnya, lihat gambar di bawah.

Setelah selesai, maka langkah terakhir adalah melakukan flashing dan sekaligus memulai proses root Samsung A10s menggunakan flashtool ODIN.

4. Aktifkan OEM Unlocking dan USB Debugging

Sebelum ke tahap flashing boot.img, OEM Unlocking dan USB Debugging harus diaktifkan terlebih dahulu. Bagaimana caranya? silahkan baca tutorial lengkapnya di Cara Aktifkan OEM Unlock (Unlock Bootloader) & USB Debungging Samsung Galaxy A10s.

5. Root Samsung Galaxy A10s via Odin

  1. Matikan perangkat Galaxy A10s hingga mati total.
  2. Masuk ke Mode Downloading dengan cara tekan & tahan "POWER + VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH" kemudian lepaskan ketika logo booting Samsung muncul.
  3. Saat layar menampilkan Warning / Peringatan, tekan tombol 'VOLUME ATAS' untuk melanjutkan.
  4. Hubungkan HP Galaxy A10s ke komputer menggunakan kabel USB.
  5. Buka komputer dan jalankan aplikasi ODIN dengan cara klik kanan, lalu pilih 'Run as administrator'.
  6. Apabila ponsel dan komputer sudah terhubung dengan baik, maka ODIN akan menunjukkan pesan 'Added!!' pada tab 'Log' atau terdapat alamat port di bawah ID:COM. Namun jika tidak muncul, cobalah untuk mengganti atau memindahkan kabel USB ke slot lain.
  7. Berikutnya, klik tab 'Options' kemudian centang () kolom "Auto Reboot" serta "F. Reset Time" (lihat gambar untuk lebih jelasnya).
  8. Klik tombol "AP" yang ada disebelah kanan ODIN lalu cari dan pilih file boot.img yang sudah dipatch sebelumnya.
  9. Untuk memulai proses flashing dan root, klik tombol 'Start'. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  10. Saat proses instalasi berhasil, ponsel secara otomatis akan melakukan Restart. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 3 hingga 10 menit.
  11. Tunggu hingga perangkat menyala sempurna. Sembari menunggu, silahkan cabut kabel USB yang menghubungkan komputer dengan perangkat. Selesai.

Solusi Bootlop Samsung Galaxy A10s

Ketika ponsel mengalami bootlop (stuck / berhenti hanya sampai di logo booting Samsung Galaxy) saat menerapkan panduan di atas, Anda bisa mengatasinya dengan cara melakukan Flashing Firmware Samsung via Odin. Tutorial lengkapnya bisa Anda lihat di Cara Flash Samsung Galaxy A10s SMA107F.

Atau bisa juga diatasi dengan cara melakukan Hard reset. Namun cara kedua ini memiliki peluang keberhasilan yang sangat rendah dibandingkan flashing firmware. Nah, untuk tutorialnya sendiri bisa dilihat pada Cara Hard Reset Samsung Galaxy A10s.
Open Comments