Cara Root + Install TWRP Samsung Galaxy A30

Tutorial Terlengkap Bagaimana Cara Install / Pasang TWRP 3.3.1 dan ROOT Samsung Galaxy A30 all series Android Q 10/Pie 9.0 - Ada dua metode mudah untuk root Samsung Galaxy A30, pertama tanpa flashing boot.img via ODIN (tanpa TWRP) dan kedua rooting via custom recovery TWRP. Dua opsi ini adalah yang terbaik untuk diterapkan dibandingkan Root tanpa Komputer (PC/Laptop).

Rooting via ODIN dapat diaplikasi dengan cara mem-patch boot.img ROM menggunakan aplikasi Magisk Manager terlebih dahulu lalu kemudian mem-flashnya melalui aplikasi Odin. Sedangkan rooting via recovery TWRP mengharuskan pengguna mengganti recovery bawaan (CWM) terlebih dahulu dengan custom recovery TWRP untuk mem-flash file root.

Kedua metode tersebut sama-sama mudah diterapkan, hanya saja dalam penerapan diperlukan ketelitian dan pemilihan file yang benar. Karena bila ada kesalahan, maka HP Samsung Galaxy A30 bisa mengalami Bootloop atau bahkan yang terparah dapat mengakibatkan kerusakan permanen.

Nah, Bila kalian masih awam soal modifikasi sistem, yang dalam hal ini install TWRP dan ROOT Galaxy A30, berikut ini kami sajikan panduan lengkapnya yang disertai dengan gambar agar lebih mudah dipahami dan diterapkan.

1. Manfaat & Resiko Pasang TWRP / ROOT Samsung A30

Namun sebelum lanjut, sebaiknya kalian pahami apa saja kelebihan dan resiko yang ditimbulkan ketika melakukan modifikasi sistem pada ponsel Samsung Galaxy A30 milik kalian.

1.1. Manfaat Root & Install TWRP

  1. Install kustom ROM melalui TWRP.
  2. Mem-flash berbagai jenis file, seperti zip, img, tar, gambar dan sebagainya.
  3. Memungkinkan menghapus aplikasi bawaan / bloatware.
  4. Mem-flash Modul Xposed, Gcam, Magisk Root, Super SU, etc.
  5. Dapat memblokir Iklan yang sering muncul.
  6. Melihat, mengedit (modifikasi), atau menghapus file sistem apa pun di dalam direktori root.
  7. Melakukan Root dan Unroot (hapus root).
  8. Dapat membuat ruang penyimpanan internal lebih lega.
  9. Melakukan Backup & Restore ROM / Sistem / Nandroid.
  10. Menghemat daya baterai dengan melakukan underclocking.
  11. Factory reset / hard reset, Wipe data, cache, dan dalvik.
  12. Meningkatkan kinerja melalui overclocking.
  13. Dapat mengakses semua file yang ada di direktori root sistem.

1.2. Resiko Root & Install TWRP

  1. Menyebabkan kerusakan permanen perangkat.
  2. Sistem keamanan akan jebol dan tidak bisa dikembalikan.
  3. Sistem keamanan lemah sehingga mudah terserang virus / malware.
  4. Dapat mengakibatkan bootloop.
  5. Garansi toko / resmi hilang sehingga tidak dapat diklaim.

2. Persiapan Root + Pasang TWRP Galaxy A30

Sebelum lanjut, sebaiknya persiapkan segala alat dan bahan / file pendukung yang diperlukan. Berikut daftar lengkapnya.

2.1. Download

  1. Install aplikasi berikut di komputer.
  2. ODIN3_v3.13.3.zip (ekstrak di komputer).
  3. vbmeta.tar (simpan di komputer).
  4. Download salah satu TWRP berikut lalu simpan di komputer.
  5. Magisk Manager.apk (install di ponsel).
  6. Simpan file-file berikut di memori penyimpanan ponsel.
  7. Tambahan file untuk opsi ROOT TANPA TWRP.

2.2. Prasyarat

  1. Sebuah komputer berbasis Windows, baik itu berupa Laptop maupun PC.
  2. Daya baterai perangkat minimal 50%.
  3. Sebuah kabel USB original atau masih berfungsi dengan baik untuk menghubungkan HP dengan PC.
  4. Bootloader, OEM Unlock dan USB Debugging Wajib diaktifkan. Berikut tutorialnya.

2.2.1. Developer Options (OEM Unlock & USB Debugging)

Selain untuk keperluan modifikasi, mengaktifkan OEM Unlocking dan USB Debugging juga berfungsi untuk melakukan Unlock Bootloader Samsung Galaxy A30.
  1. Buka menu "Settings / Pengaturan".
  2. Gulir Kebawah, pilih "About Phone / Tentang Ponsel".
  3. Tap "Software Info / Informasi Perangkat Lunak".
  4. Ketuk sebanyak 7 sampai 10 kali pada "Build Number / Nomor Build" hingga muncul pop-up Opsi Pengembang telah aktif atau notifikasi sejenisnya.
  5. Tekan tombol back 2x atau buka ulang kembali menu "Settings".
  6. Gulir ke bagian paling bawah, temukan dan buka "Developer Options / Opsi Pengembang".
  7. Di dalamnya, silahkan aktifkan "USB Debugging dan OEM Unlocking" dengan mengaktifkan tombol aktivasi disampingnya.

2.2.2. Unlock Bootloader UBL Samsung Galaxy A30

Hal yang paling WAJIB sebelum melakukan modifikasi adalah melakukan Unlock Bootloader. Tujuannya adalah agar tidak memicu jebolnya sistem keamanan Prenormal KG (KnoxGuard) / RMM State serta untuk mendapatkan akses untuk melakukan modifikasi sistem.

Tetapi sebelum lanjut, disini saya ingatkan bahwa dalam proses UBL ini akan mengakibatkan terhapusnya semua data yang ada didalam memori internal ponsel. Atau dengan kata lain Factory / Hard Reset. Jadi sebelum melakukannya, pastikan kalian telah melakukan FULL BACKUP data ponsel.
  1. Nonaktifkan HP Samsung Galaxy A30 sampai off total lalu buat booting ke Downloading Mode. Dalam hal ini ada dua opsi yang bisa diterapkan :
    • Opsi #1 : Tekan & tahan POWER + VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH.
    • Opsi #2 : Tekan & tahan VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH lalu colokkan kabel USB yang telah tertancap di PC dengan tetap menekan tombol dua tombol tersebut.
  2. Ketika telah berada di tampilan "Warning", selanjutnya tekan dan tahan tombol VOLUME ATAS selama kurang lebih 10 detik atau sampai masuk tampilan "Unlock Bootloader?".
  3. Selanjutnya, pilh opsi "Yes" dengan menekan tombol "VOLUME ATAS". Setelah itu tekan tombol "POWER" untuk melanjutkan.
  4. Sesaat setelahnya, perangkat akan melakukan factory / hard reset atau melakukan proses menghapus (erasing) data internal ponsel. Silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.
  5. Bila sudah, ponsel biasanya akan melakukan restart otomatis. Namun jika hal tersebut tidak terjadi, silahkan lakukan tindakan manual dengan menekan tombol "POWER".
  6. Setelah ponsel telah menyala sempurna, silahkan lakukan konfigurasi awal sampai masuk ke HOME SCREEN. Tapi ingat, JANGAN Sign in / login atau memasukkan username / password akun Samsung / Google (skip saja bila mendapatkannya).
  7. Selesai. Nah pada tahap ini Bootloader Galaxy A30 kalian telah terbuka / tidak terkunci dan siap untuk dimodifikasi.

3. Cara ROOT Samsung Galaxy A30

Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa ada dua pilihan yang dapat digunakan untuk melakukan rooting. Pertama memasang custom recovery TWRP terlebih dahulu lalu dilanjutkan dengan flashing file root. Opsi kedua yakni mem-flash file boot.img yang telah di-patch melalui aplikasi ODIN.

Disclaimer!
Rooting dan pasang TWRP pada Samsung Galaxy A30 dapat menyebabkan kerusakan permanen, hilangnya data penting, garansi hilang, sistem keamanan jebol, bootlop dan berbagai masalah lainnya. Untuk itu AndroLite.com tidak bertanggung jawab bila hal-hal tersebut terjadi yang disebabkan oleh penggunaan informasi atau file yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk.

3.1. Cara Root Galaxy A30 via TWRP

Untuk opsi pertama, mengharuskan kalian mengganti recovery pabrik (CWM) dengan custom recovery TWRP terlebih dahulu. Untuk tutorialnya bisa kalian lihat step-by-stepnya berikut ini.

3.1.1 Install TWRP

  1. Nonaktifkan HP Galaxy A30 sampai mati total.
  2. Booting ke mode Downloading. Dalam hal ini ada dua pilihan:
    • Opsi #1 : Tekan & tahan VOL ATAS + VOL BAWAH + POWER.
    • Opsi #2 : Tekan & tahan VOL ATAS + VOL BAWAH lalu colokkan kabel USB yang sudah tertancap di PC (sembari tetap menekan tombol Vol Atas + Vol Bawah).
  3. Saat telah berada di tampilan Warning, lepaskan tombol-tombol tersebut kemudian lanjutkan dengan sekali menekan tombol Volume Atas agar bisa masuk ke mode utama Downloading.
  4. Koneksikan ponsel ke PC menggunakan kabel USB lalu buka PC kemudian jalankan aplikasi ODIN secara run as administrator.
  5. Pastikan ODIN mendeteksi telah HP Galaxy A30 kalian dengan melihat pesan Added!! pada tab Log atau terdapat alamat port di bawah ID:COM.
  6. Klik tab Options dan hapus / hilangkan semua centang () yang ada pada tab tersebut.
  7. Klik tombol "AP" kemudian cari file TWRP-3.3.1-A30.tar »» Open dan lanjutkan dengan menekan tombol START untuk memulai proses pemasangan TWRP. Bila sudah, jangan lupa juga mem-flash file vbmeta.tar dengan proses yang sama.
  8. Pastikan pesan yang muncul adalah PASS! yang menandakan bahwa proses flashing TWRP dan vbmeta berhasil dilakukan. Tetapi jika pesannya FAIL!, silahkan flashing ulang.
    Nah, pada tahap ini, kalian sudah bisa mencabut kabel USB yang menghubungkan ponsel dengan komputer.
  9. Selanjutnya, untuk keluar dari Mode Downloading dan Booting untuk pertama kalinya ke mode TWRP, silahkan tekan lalu tahan tombol "POWER + VOL BAWAH". Ketika layar BLANK / HITAM, segera lepaskan tombol VOL BAWAH lalu pindahkan jari ke tombol VOL ATAS dengan tetap menekan tombol POWER (lakukan dengan cepat).
  10. Bila sudah berhasil masuk ke TWRP, silahkan centang pada "Never show this screen during boot again" dan lanjutkan dengan mengusap ke arah kanan "Swipe to allow Modification".
  11. Sebelum memulai menggunakan TWRP sebaiknya lakukan wipe data terlebih dahulu. Caranya, tap Wipe »» Format Data »» ketik "Yes" »» OK dan tunggu hingga proses wipe selesai.
  12. Tahap selanjutnya, adalah proses rooting. Silahkan ikuti panduannya pada bagian 3.1.2 Proses Root via TWRP berikut ini.

3.1.2 Proses Root via TWRP

  1. Apabila masih berada pada menu TWRP, silahkan skip langkah #2 dan #3 di bawah. Tetapi bila tidak, silahkan lanjutkan ke tahap berikutnya.
  2. Nonaktifkan perangkat sampai mati total.
  3. Booting ponsel ke mode Recovery TWRP dengan cara:
    • Opsi #1 : Tekan dan tahan POWER + VOL ATAS.
    • Opsi #2 : Dalam keadaan ponsel menyala, Tekan dan tahan tombol "POWER + VOL BAWAH". Saat logo booting Android muncul, lepaskan Volume Atas lalu pindahkan jari ke Volume Atas dengan tetap menekan tombol Power.
  4. Selanjutnya flash ketiga file berikut (sesuai urutan) dengan cara tap Install » Select Storage » Cari & Piih File:
    • Magisk_Root.zip
    • DM/No-Verity.zip
    • Multi-disabler-samsung-v2.2.zip
    Usap ke kanan pada "Swipe to confirm flash" untuk memulai flashing.
  5. Selanjutnya, reboot ke sistem dengan mentap Reboot » Reboot to System.
  6. Untuk mengatur Magisk dan sekaligus untuk cek status root, silahkan Install Magisk_Manager.apk di ponsel. Opsi lain cek status root yakni download aplikasi Root Checker lalu jalankan.
  7. Selesai.

3.2. Cara Root Galaxy A30 via Odin

Tidak jauh berbeda via TWRP, rooting via ODIN selain mudah untuk diterapkan juga merupakan salah satu pilihan terbaik untuk me-root HP Galaxy A30. Bagaimana caranya? berikut panduan lengkapnya.

3.2.1. Patch Boot.img via Magisk

  1. Ekstrak file Firmware/ROM Galaxy A30 yang telah diunduh menggunakan aplikasi 7-Zip. Di dalam folder hasil ekstrak tersebut, klik kanan pada file AP_A305FXX.tar.md5 »» 7-Zip »» Open Arcive.
    Klik kanan pada boot.img.lz4 »» Copy To atau drag keluar dari aplikasi 7-Zip. Setelah itu salin file boot.img.lz4 ke memori penyimpanan HP.
  2. Buka HP kemudian jalankan aplikasi ZArchiver. Tap file boot.img.lz4 »» lalu pilih Extract Here. Bila sudah, kalian akan melihat ada file baru boot.img tanpa ekstensi .lz4 dibelakangnya. Nah disini kalian bisa menghapus file boot.img.lz4 karena sudah tidak diperlukan lagi.
  3. Lanjutkan lagi dengan menjalankan aplikasi Magisk Manager. Di dalamnya, silahkan tap Install (disamping Magisk is not installed) »» Install »» Select and Patch a File »» lalu cari & flash file boot.img yang telah diekstrak tadi. Tunggu hingga proses flashingnya selesai.
    Bila sudah, silahkan keluar dari aplikasi magisk manager lalu buka File Manager »» Internal Storage »» Download »» Magisk_patched.img. Salin / pindahkan kembali file Magisk_patched.img ke komputer & ganti namanya menjadi boot.img.
  4. Karena ODIN hanya dapat mem-flash file berekstensi .tar, maka kalian perlu menkonversinya menjadi boot.tar. Caranya, silahkan klik kanan pada file boot.img »» 7-Zip »» Add to archive. Pada kolom Archive Format, pilih tar »» lalu klik OK.
  5. Nah, pada tahap ini file boot.tar telah siap untuk di-flash melalui ODIN. Silahkan lanjutkan ke tahap 3.2.2. Flash Boot.img + Rooting via ODIN berikut.

3.2.2. Flash Boot.img + Rooting via ODIN

  1. Matikan perangkat lalu Booting ke Downloading Mode dengan menggunakan salah satu opsi berikut:
    • Opsi #1 : Tekan & tahan POWER + VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH.
    • Opsi #2 : Tekan & tahan VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH lalu colokkan kabel USB yang telah tertancap di PC dengan tetap menekan tombol Volume Bawah + Volume Atas.
  2. Ketika berada di tampilan "Warning", tekan sekali tombol VOLUME ATAS.
  3. Koneksikan HP ke PC lalu jalankan ODIN secara run as administrator.
  4. Pastikan ODIN telah mendeteksi perangkat yang ditandai munculnya pesan Added!! di tab Log atau ada alamat port di bawah ID:COM.
  5. Klik tab Options lalu hilangkan semua centang yang ada didalamnya.
  6. Flash satu persatu file boot.tar yang telah dipatch dan vbmeta.tar. Caranya klik tombol AP »» cari & pilih file »» Open. Setelah itu klik tombol 'START' untuk memulai proses flashing sekaligus rooting.
  7. Bila sudah, silahkan cabut kabel USB yang menghubungkan antara ponsel dengan PC. Reboot ponsel dengan cara tekan & tahan tombol "POWER + VOL BAWAH". Lepaskan keduanya bila layar blank atau terasa ada getaran.
  8. Selesai.

4. Solusi Saat Samsung A30 Bootloop

  1. Flash ulang ROM / Firmware via ODIN. Tutorialnya bisa dilihat DISINI.
  2. Lakukan factory/hard reset via Recovery. Tutorialnya bisa dilihat DISINI.
  3. Pastikan mem-flash file Dm-verity/no-verity dan Multi-disabler-samsung-v2.2.zip sesaat setelah pemasangan twrp selesai.
  4. Pastikan juga mem-flash file vbmeta.tar via ODIN setelah mem-flash file boot.img.

Cara pasang / install TWRP dan Root Samsung Galaxy A30 tersebut di atas dapat diterapkan untuk semua seri, termasuk SM-A3050/DS, SM-A3051/DS, SM-A3058/DS, SM-A305F/DS, SM-A305FN/DS, SM-A305G/DS, SM-A305GN/DS, SM-A305GT/DS, SM-A305N/DS, SM-A305YN/DS baik yang masih menjalankan OS Android Pie 9.0 atau versi teranyar saat ini Android Q 10.

Nah, itulah tutorial terlengkap cara pasang / install TWRP dan ROOT Samsung Galaxy A30 pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung. Salam!