Install TWRP 3.3.1 + Cara Root Samsung Galaxy A20

Cara Pasang / Install TWRP 3.3.1 dan ROOT Samsung Galaxy A20 (SM-A205F, SM-A205FN, SM-A205U, SM-A205GN, SM-A205YN, SM-A205G, SM-A205W) Android Q 10/Pie 9.0 - Ada dua metode mudah untuk root Samsung Galaxy A20, pertama tanpa flashing boot.img via ODIN (tanpa TWRP) dan kedua rooting melalui custom recovery TWRP.

Rooting via ODIN dapat diterapkan dengan cara melakukan patch boot.img menggunakan aplikasi Magisk Manager terlebih dahulu baru kemudian mem-flashnya menggunakan flashtool Odin. Sedangkan rooting via TWRP mengharuskan pengguna mengganti recovery bawaan dengan custom TWRP baru kemudian mem-flash file root.

Kedua metode ini sama-sama mudah diterapkan, hanya saja diperlukan ketelitian dalam mengaplikasikannya. Karena bila ada kesalahan, maka HP bisa mengalami Bootloop atau bahkan dapat mengakibatkan kerusakan pada perangkat. Bila kalian masih awam soal modifikasi sistem, yang dalam hal ini install TWRP dan ROOT Galaxy A20, berikut panduan lengkapnya.

1. Manfaat & Resiko Pasang TWRP / ROOT Samsung A20

Namun sebelum lanjut, sebaiknya kalian pahami apa saja kelebihan dan dampak yang ditimbulkan ketika melakukan modifikasi sistem pada HP Samsung Galaxy A20 milik kalian.

1.1. Manfaat Root & Install TWRP

  1. Install kustom ROM melalui TWRP.
  2. Mem-flash berbagai jenis file, seperti zip, img, tar, gambar dan sebagainya.
  3. Mem-flash Modul Xposed, Gcam, Magisk Root, Super SU, etc.
  4. Melakukan Root dan Unroot (hapus root).
  5. Melakukan Backup & Restore ROM / Sistem / Nandroid.
  6. Factory reset / hard reset, Wipe data, cache, dan dalvik.
  7. Dapat mengakses semua file yang ada di direktori root sistem.
  8. Meningkatkan kinerja melalui overclocking.
  9. Menghemat daya baterai dengan melakukan underclocking.
  10. Memungkinkan menghapus aplikasi bawaan / bloatware.
  11. Dapat memblokir Iklan yang sering muncul.
  12. Melihat, mengedit (modifikasi), atau menghapus file sistem apa pun di dalam direktori root.
  13. Dapat membuat ruang penyimpanan internal lebih lega.

1.2. Resiko Root & Install TWRP

  1. Menyebabkan kerusakan permanen perangkat.
  2. Sistem keamanan lemah sehingga mudah terserang virus / malware.
  3. Garansi toko / resmi hilang sehingga tidak dapat diklaim.
  4. Dapat mengakibatkan bootloop.
  5. Sistem keamanan akan jebol dan tidak bisa dikembalikan.

2. Persiapan Root + Pasang TWRP Galaxy A20

Sebelum lanjut, sebaiknya persiapkan segala alat dan bahan / file pendukung yang diperlukan. Berikut daftar lengkapnya.

2.1. Prasyarat

  1. Sebuah komputer berbasis Windows, baik itu berupa Laptop maupun PC.
  2. Daya baterai perangkat minimal 50%.
  3. Sebuah kabel USB original atau masih berfungsi dengan baik untuk menghubungkan HP dengan PC.
  4. OEM Unlock dan USB Debugging harus dalam keadaan aktif. TUTORIAL

2.2. Download

  1. Install aplikasi berikut di komputer.
  2. ODIN3_v3.13.3.zip (ekstrak di komputer).
  3. vbmeta.tar (simpan di komputer).
  4. Download salah satu TWRP berikut lalu simpan di komputer.
  5. Magisk Manager.apk (install di ponsel).
  6. Simpan file-file berikut di memori penyimpanan ponsel.
  7. Tambahan file untuk opsi ROOT TANPA TWRP.
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa ada dua cara yang bisa ditempuh untuk melakukan rooting perangkat Galaxy A20, yakni via TWRP dan tanpa TWRP. Jadi silahkan kalian pilih metode mana yang akan digunakan.

3. ROOT Samsung A20 via TWRP

Sebelum memulai root, kalian perlu memasang custom recovery TWRP terlebih dahulu (menggantikan recovery bawaan / CWM) agar bisa digunakan untuk mem-flash file root seperti Magisk Root, Super SU dan sebagainya.
Disclaimer! : Rooting dan pasang TWRP pada Samsung Galaxy A20 dapat menyebabkan kerusakan permanen, hilangnya data penting, garansi hilang, sistem keamanan jebol, bootlop dan berbagai masalah lainnya. Untuk itu AndroLite.com tidak bertanggung jawab bila hal-hal tersebut terjadi yang disebabkan oleh penggunaan informasi atau file yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk.
Penting! : Dua metode rooting di bawah akan menghapus semua data yang ada di dalam memori internal ponsel. Untuk itu sebelum melakukannya, pastikan kalian melakukan BACKUP atau Memindahkan semua data / file yang ada di dalamnya, lalu pindahkan ke memori eksternal (SDcard) atau ke media penyimpanan lainnya.

3.1. Install TWRP

  1. Matikan ponsel Galaxy A20 hingga off total.
  2. Buat ponsel Booting ke Downloading Mode. Dalam hal ini ada dua opsi yang bisa dilakukan:
    • Opsi #1 : Tekan & tahan VOL ATAS + VOL BAWAH + POWER.
    • Opsi #2 : Tekan & tahan VOL ATAS + VOL BAWAH lalu colokkan kabel USB yang sudah tertancap di PC (sembari tetap menekan tombol Vol Atas + Vol Bawah).
  3. Pada tampilan Warning, lepaskan tombol-tombol tersebut. Lanjutkan lagi dengan menekan tombol Volume Atas untuk melanjutkan (continue) ke mode Downloading.
  4. Koneksikan ponsel ke PC menggunakan kabel USB. Setelah itu Buka PC lalu jalankan aplikasi ODIN secara run as administrator.
  5. Pastikan ODIN mendeteksi perangkat Galaxy A20 kalian dengan melihat pesan Added!! pada tab Log atau terdapat alamat port di bawah ID:COM.
  6. Berikutnya, klik tab Options kemudian hapus / hilangkan semua centang () yang ada pada tab tersebut.
  7. Selanjutnya klik tombol "AP". Cari dan pilih file TWRP-3.3.1-A20.img »» Open. Setalah itu, flash juga file vbmeta.tar dengan proses yang sama.
  8. Klik START untuk memulai proses flashing TWRP. Tunggu sampai selesai. Pastikan pesan yang muncul adalah PASS! yang menandakan bahwa proses flashing berhasil dilakukan. Bila pesannya FAIL!, silahkan flash ulang.
    Pada tahap ini, kalian sudah bisa mencabut kabel USB yang menghubungkan ponsel dengan komputer.
  9. Untuk keluar dari Mode Downloading dan Booting untuk pertama kalinya ke recovery TWRP, silahkan tekan dan tahan tombol "POWER + VOL BAWAH". Saat layar BLANK / HITAM, segera lepaskan tombol VOL BAWAH lalu pindahkan jari ke tombol VOL ATAS dengan tetap menekan tombol POWER.
  10. Setelah berada di dalam recovery TWRP, silahkan centang pada "Never show this screen during boot again" lalu usap ke kanan pada "Swipe to allow Modification".
  11. Sebelum menggunakan TWRP sebaiknya wipe data terlebih dahulu. Caranya, tap Wipe »» Format Data »» ketik "Yes" »» OK dan tunggu hingga proses wipe selesai.
  12. Untuk mencegah bootloop saat ponsel dinyalakan ulang, flash via TWRP file Dm-verity/No-verity.zip dan Multi-disabler-samsung-v2.2.zip. Caranya tap Install »» Select Storage »» lalu cari kedua file tersebut. Setelah itu usap ke kanan pada Swipe to confirm flash untuk mulai mem-flash serta tunggu hingga selesai.
  13. Terakhir, silahkan reboot ke sistem. Selesai.

3.2. Proses Root via TWRP

  1. Apabila masih berada pada menu TWRP, silahkan skip langkah #2 dan #3 berikut.
  2. Nonaktifkan perangkat hingga off total.
  3. Selanjutnya, silahkan Booting ponsel ke mode Recovery TWRP :
    • Opsi #1 : Tekan dan tahan POWER + VOL ATAS.
    • Opsi #2 : Dalam keadaan ponsel menyala, Tekan dan tahan tombol "POWER + VOL BAWAH". Saat logo booting Android muncul, lepaskan Volume Atas lalu pindahkan jari ke Volume Atas dengan tetap menekan tombol Power.
  4. Selanjutnya flash ketiga file berikut (sesuai urutan) dengan cara tap Install » Select Storage » Cari & Piih File:
    • Magisk_Root.zip
    • DM/No-Verity.zip
    • Multi-disabler-samsung-v2.2.zip
    Usap ke kanan pada "Swipe to confirm flash" untuk memulai flashing.
  5. Selanjutnya, pilih Reboot » Reboot to System.
  6. Untuk mengatur Magisk dan sekaligus untuk cek status root, silahkan Install Magisk_Manager.apk di ponsel. Opsi lain cek status root yakni download aplikasi Root Checker lalu jalankan.
  7. Selesai.

4. Root TANPA TWRP (via Odin)

Sedikit berbeda dengan root via TWRP, root tanpa recovery TWRP juga membutuhkan aplikasi ODIN. Selain itu, metode ini juga merupakan salah satu opsi terbaik untuk melakukan rooting Galaxy A20.

Namun sebelum melakukannya, kalian terlebih dahulu harus mem-patch file Boot.img yang terdapat di dalam ROM / Firmware Galaxy A20 menggunakan aplikasi Magiks manager, lalu kemudian mem-flashnya melalui ODIN.

Bagaimana caranya? Berikut tutorial lengkapnya.

4.1. Patch Boot.img via Magisk

  1. Ekstrak file Firmware/ROM Galaxy A20 yang telah diunduh menggunakan aplikasi 7-Zip. Di dalam folder hasil ekstrak tersebut, klik kanan pada file AP_A205FXX.tar.md5 »» 7-Zip »» Open Arcive.
    Selanjutnya, klik kanan pada file boot.img.lz4 »» Copy To atau drag keluar dari aplikasi 7-Zip. Setelah itu salin file boot.img.lz4 ke memori penyimpanan ponsel.
  2. Buka ponsel & jalankan aplikasi ZArchiver. Tap pada file boot.img.lz4 »» Extract Here. Bila sudah, kalian akan melihat file boot.img tanpa ekstensi .lz4. Nah disini kalian sudah bisa menghapus file boot.img.lz4.
  3. Tahap selanjutnya jalankan aplikasi Magisk Manager yang sudah terinstal di ponsel. Setelah itu tap Install (disamping Magisk is not installed) »» Install »» Select and Patch a File »» lalu cari & flash file boot.img.
    Bila sudah, cari file yang telah di-patch tersebut di Internal Storage »» Download »» Magisk_patched.img. Salin / pindahkan kembali file Magisk_patched.img ke PC lalu ganti namanya menjadi boot.img.
  4. Karena ODIN hanya mengenali ekstensi .tar, maka file boot.img tersebut harus dikonversi terlebih dahulu menjadi boot.img.tar atau boot.tar. Caranya, silahkan klik kanan pada file boot.img »» 7-Zip »» Add to archive. Nah, pada kolom Archive Format, pilih tar »» lalu klik OK.
  5. Nah, pada tahap ini file boot.img.tar telah siap untuk di-flash melalui ODIN. Silahkan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

4.2. Flash Boot.img + Rooting via ODIN

Sekarang untuk memulai proses rooting, kalian harus mem-flash file boot.img tersebut menggunakan flashtool ODIN.
  1. Matikan ponsel Galaxy A20 sampai off total lalu buat booting ke Downloading Mode. Dalam hal ini ada dua opsi yang bisa dilakukan :
    • Opsi #1 : Tekan & tahan POWER + VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH.
    • Opsi #2 : Tekan & tahan VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH lalu colokkan kabel USB yang telah tertancap di PC dengan tetap menekan tombol Volume Bawah + Volume Atas.
  2. Ketika berada di tampilan "Warning", tekan lalu tahan tombol VOLUME ATAS selama 10 detik atau hingga muncul tampilan "Unlock Bootloader?". Selanjutnya, untuk memilih opsi "Yes" tekan tombol "VOL ATAS" dan lanjutkan lagi menekan tombol "POWER" untuk continue.
  3. Tunggu hingga proses menghapus (erasing) data internal ponsel selesai dilakukan.
  4. Bila sudah, ponsel biasanya akan melakukan reboot otomatis. Tetapi bila hal tersebut tidak terjadi, silahkan tekan tombol "POWER".
  5. Setelah ponsel telah menyala sempurna, silahkan lakukan konfigurasi awal sampai masuk ke HOME SCREEN. Tapi ingat, JANGAN lakukan "Sign in" ke akun Samsung / Google (skip saja bila mendapatkannya).
  6. Bila sudah berada di HOME Screen, sekali lagi matikan kembali ponsel & booting ke Downloading Mode. Caranya sama saja dengan langkah pertama (#1) di atas. Tetapi bedanya, pada saat layar menampilkan Warning, tekan tombol Volume Atas sebentara saja (JANGAN DITAHAN).
  7. Berikutnya, hubungkan ponsel ke PC kemudian jalankan aplikasi ODIN dengan cara run as administrator.
  8. Pastikan ODIN telah mendeteksi ponsel Galaxy A20 yang ditandai dengan adanya pesan Added!! pada tab Log atau terdapat alamat port di bawah ID:COM.
  9. Selanjutnya, klik tab Options lalu hilangkan semua centang yang ada didalamnya.
  10. Selanjutnya flash file boot.tar yang telah dipatch dan vbmeta.tar yang telah tersimpan di komputer. Caranya, klik tombol AP cari & pilih file »» Open. Setelah itu klik tombol 'START' untuk memulai proses flashing sekaligus rooting. Tunggu sampai selesai.
  11. Bila sudah selesai, silahkan cabut kabel USB yang menghubungkan antara ponsel dengan PC. Reboot ponsel dengan cara tekan & tahan tombol "POWER + VOL BAWAH". Lepaskan kedua tombol tersebut bila sudah berada pada logo booting Samsung.
  12. Selesai.

5. Solusi Bootloop Samsung A20

Bila ponsel Galaxy A20 kalian mengalami bootloop saat menerapkan tutorial di atas, berikut beberapa solusi yang mungkin bisa membantu.
  1. Flash ulang ROM / Firmware. Tutorialnya bisa dilihat DISINI.
  2. Lakukan factory/hard reset via Recovery. Tutorialnya bisa dilihat DISINI.
  3. Pastikan mem-flash file Dm/no-verity dan Multi-disabler-samsung-v2.2.zip sesaat setelah pemasangan twrp selesai.
  4. Pastikan juga mem-flash file vbmeta.tar via ODIN setelah mem-flash file boot.img.

Tutorial Pasang TWRP dan Cara Root di atas dapat diterapkan untuk semua seri / model Samsung Galaxy A20, termasuk SM-A205F/DS, SM-A205FN/DS, SM-A205U, SM-A205GN/DS, SM-A205YN, SM-A205G/DS, SM-A205W baik yang masih menjalankan OS Android Pie 9.0 ataupun versi teranyar saat ini Android Q 10.

Nah, itulah tutorial terlengkap cara pasang / install TWRP dan ROOT Samsung Galaxy A20 terbaru pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Salam!