Download Magisk Root v24.1, Manager 8.0.7 Apk + Cara Pakai

AndroLite.com : Download Gratis Aplikasi Magisk Root/Uninstaller v23.0 apk/zip, Manager 8.0.7.apk Terbaru Android 9.0 (Pie) / 10 (Q) / 11 - Ketika kalian mendengarkan nama Magisk Root, mungkin kalian bertanya-tanya dalam hati, aplikasi root apakah ini? apa kelebihannya dan apakah bisa meroot ponsel yang saya gunakan? Menjawab semua pertanyaan tersebut, berikut penjelasan lengkap dan tutorial Bagaimana Cara Menggunakan Magisk Root plus link downloadnya.

1. Tentang Magisk Root

Magisk Root adalah sebuah aplikasi root android yang dikembangkan oleh salah seorang member XDA-Developers bernama Topjohnwu, dimana aplikasi ini merupakan alternatif terbaik Chainfire's SuperSU yang selama ini sudah kita kenal.

Aplikasi ini tergolong baru dikalangan pengguna root, meski kenyataannya sudah ada sekitar bulan Oktober tahun 2016 lalu. Walaupun tergolong baru, orang-orang sudah mulai banyak menggunakannya. Hal ini karena disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah pada fitur yang ada didalamnya.

1.1. Kelebihan

Kelebihan dari aplikasi ini sudah tentu dari lebih baik dari SuperSU jika dipandang dari beberapa aspek. Tidak seperti SuperSU yang hanya memberikan atau menolak hak akses root untuk beberapa aplikasi tertentu, Magisk dapat menyembunyikan status root dengan sangat baik dari sebagian besar aplikasi yang menolak dipasang atau dijalankan.

Misalnya aplikasi Pokemon GO, Perbankan, AndroidPay, Gojek, dan sebagainya yang tidak memberikan izin untuk diinstall atau dijalankan pada ponsel android yang dalam keadaan root. Selain itu, pengguna juga masih tetap bisa menginstall atau mengupdate sistem operasi android melalui OTA meski ponsel dalam posisi root.

Sebab, seperti yang telah kita pahami bersama bahwa ketika perangkat dalam keadaan root (dalam hal ini menggunakan SuperSU), maka pengguna sama sekali tidak akan pernah bisa melakukan update Android via OTA. Jadi, itulah sebabnya mengapa Magisk lebih baik dari aplikasi root lainnya.

1.2. Kekurangan

Tidak ada gading yang tak retak, begitupun dengan aplikasi ini. Walaupun hal ini jarang terjadi, me-root memakai metode ini kadang bisa menyebabkan perangkat bootloop dan sudah pasti mengakibatkan kehilangan garansi atau bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat.

Jadi sebelum menggunakannya, baik itu Magisk atau aplikasi yang sejenisnya, lebih baik pikirkanlah terlebih dahulu mengenai resiko yang mungkin terjadi. Lebih lengkap mengenai Pengertian ROOT Android, Kelebihan dan Kekurangannya.

1.3. Cara Kerja

Magisk bekerja secara Systemless dan dikemas sebagai Universal Systemless Interface yang tidak mengubah partisi sistem dengan cara apapun. Namun belum diketahui secara pasti apakah metode ini tetap akan menjebol sistem keamanan android seperti Knox pada Samsung atau tidak.

Karena apabila dibandingkan saat memakai SuperSU, maka mau tidak mau sistem keamanan harus dijebol terlebih dahulu kemudian root akan dilakukan. Lebih lanjut, Magisk dapat menyembunyikan modifikasi dari verifikasi integritas perangkat, salah satu sasaran utamanya adalah bersembunyi dari API SafetyNet G**gle dan mampu berjalan pada Android mulai 5.0 (API 21) hingga versi Android 10.0.

Menggunakan Metode ini merupakan solusi rooting Open source terbaik untuk Android. Sekarang ini Magisk sudah mulai digunakan oleh para pengembang untuk membuat Custom Mod Android tanpa mengganggu file sistem yang sudah ada. Artinya, aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat beberap custom file sistem.

2. Download Magisk

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan Magisk, yaitu flasing melalui TWRP dan melalui Magisk Manager. Tetapi hal ini akan kita bahas pada langkah berikutnya dan bagi kalian yang membuhkannya, silahkan download filenya berikut ini.

2.1. Magisk Root APK/Zip (Module)

VersiUkuran
24.1.apk (Terbaru)10,10MB
24.0.apk9,96MB
23.0.apk6,41MB
22.1.apk6,61MB
22.0.zip7,17MB
21.4.zip5,89MB
21.3.zip5,88MB
21.2.zip5,87MB
21.1.zip5,85MB
20.4.zip5,27MB
20.3.zip5,27MB
20.2.zip5,27MB
20.1.zip5,22MB
20.0.zip5,36MB
19.3.zip4,09MB
Catatan : Setelah rilisnya magisk root versi 22.1 hingga versi di atasnya, proses pemasangannya kini sudah bisa langsung diinstall seperti aplikasi android pada umumnya, dan tidak perlu lagi diinstall melalui TWRP. Jadi silahkan kalian sesuaikan dengan cara penggunaannya.

2.2. Magisk Manager (Installer) Apk

VersiUkuran
8.0.7.apk (Terbaru)3.05MB
8.0.6.apk3.05MB
8.0.5.apk3.04MB
8.0.4.apk3.04MB
8.0.3.apk3.01MB
7.5.1.apk2.04MB
7.5.0.apk2.04MB
7.4.0.apk2.58MB
7.3.5.apk2.82MB
7.3.2.apk2.71MB
7.3.1.apk2.71MB

2.3. Magisk Uninstaller

VersiUkuran
Uninstaller-v21.4.zip (Terbaru)2.54MB
Uninstaller-v21.3.zip2.54MB
Uninstaller-v21.2.zip2.54MB
Uninstaller-20201113.zip2.19MB
Uninstaller-20200110.zip2.54MB
Uninstaller-20200102.zip2.19MB
Uninstaller_20191102.zip2.18MB

Silahkan pilih salah satu file yang ada di atas, baik itu Flashable (untuk rooting), Manager (setting root) dan Unistaller (untuk menghapus Magisk dari sistem android).

3. Cara Install dan Menggunakan Magisk

Sama seperti SuperSU yang juga tidak mendukung semua perangkat Android dan bisa mengakibatkan terjadinya Bootloop, jadi saya sarankan agar kalian melakukan Full Backup, baik itu Data ataupun OS Android.

3.1. Cara Flash Magisk Root via TWRP

Untuk memakai cara ini, smartphone kalian harus sudah terpasang TWRP. Apabila belum, silahkan install terlebih dahulu dan jika sudah, maka silahkan lanjutkan ke tahapan selanjutnya.
  1. Unduh salah satu file Magisk.zip di atas, kemudian salin / pindahkan ke memori internal atau kartu memori smartphone.
  2. Aktifkan / Enable "OEM Lock".
  3. Matikan smarphone hingga off total (biasanya ada getaran).
  4. Masuk ke custom recovery "TWRP". Caranya silahkan sesuaikan dengan merk Ponsel yang kalian miliki.
  5. Bila sudah berada di recovery TWRP, selanjutnya tap "Install" dan cari file Magisk.zip yang sudah ada di memori penyimpanan ponsel.
  6. Geser / Usap ke arah kanan pada "Confirm to continue flash". Tunggu beberapa saat.
  7. Setelah prosesnya selesai, sebaiknya pilih "Wipe Dalvik/Cache" terlebih dahulu.
  8. Pilih "Reboot to System". Sekali lagi tunggu hingga masuk ke menu home android.
  9. Selesai.

3.2. Root Melalui Magisk Manager Apk

Tidak hanya bisa dipasang melalui TWRP, Magisk juga bisa me-root atau melakukan berbagai macam pengaturan melalui Magisk Manager. Untuk penggunannya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Install "Magisk-Manager.apk" kemudian jalankan.
  2. Apabila ada pesan "Install Blocked" buka "Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknow Source".
  3. Selanjutnya tap "Install" pada Magisk Manager.
  4. dan Pilih salah satu metode yang akan digunakan, dalam hal ini direkomendasikan memilih "Direct Install (Recommended)".
  5. Tunggu hingga proses download dan flashing selesai dilakukan.
  6. Setelah selesai, silahkan tap "Reboot" untuk merestart ponsel.
  7. Selesai.
Cara yang kedua ini memiliki tingkat keberhasilan yang lumayan cukup rendah, untuk itu saya lebih menyarankan agar meggunakan cara yang pertama yaitu melalui TWRP.

3.3. Cara Sembunyikan Status Root

Menyembunyikan status root sangatlah mudah untuk dilakukan. Berikut caranya.
  1. Install "Magisk-Manager.apk" kemudian jalankan.
  2. Apabila ada pesan "Install Blocked" buka "Pengaturan » Keamanan » aktifkan Unknow Source".
  3. Selanjutnya buka "Pengaturan / Settings" lalu aktifkan "Magisk Hide". Setelah itu tekan tombol Back.
  4. Tap "Hide" pada setiap aplikasi yang diinginkan agar status root tidak terdeteksi.
  5. Selesai.

4. Solusi Jika Bootloop Terjadi

Sejak awal saya sudah tekankan kepada kalian agar melakukan Backup Full, baik itu berupa Data ataupun Sistem Operasi Android Kalian. Karena apabila terjadi Bootloop, maka kalian bisa merestore data dan OS Android seperti semula.

Tetapi apabila hal ini terjadi, maka bisa diatasi menggunakan Magisk Unistaller dan ini hanya bisa dilakukan dengan cara flashing via TWRP. Untuk penggunaannya, berikut langkah-langkahnya.
  1. Download Magisk-Uninstaller.zip kemudian salin ke peyimpanan ponsel.
  2. Matikan ponsel dan masuk ke "TWRP".
  3. Pilih "Install" dan cari file Magisk-Uninstaller.zip.
  4. Usap ke arah kanan pada "Swipe to confirm flash".
  5. Pilih "Wipe Dalvik/Cache".
  6. Tap "Reboot to System".
  7. Selesai.
Didalam modul Magisk Manager, terdapat banyak fitur yang bisa digunakan, misalnya sytemless file hosts untuk memblokir iklan, Xposed Framework systemless, mod audio seperti fitur ViperAudio atau Dolby Atmos serta beberapa fitur penting lainnya. Silahkan kalian gunakan sesuai dengan keperluan.