Cara Root Samsung Galaxy A20s Android Q 10.0 / Pie 9.0 - Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk melakukan root Samsung Galaxy A20s, baik itu menggunakan bantuan atau tanpa komputer. Namun dalam hal ini, root tanpa komputer sangat sulit untuk dilakukan. Mengapa demikian? karena sekarang ini, vendor smartphone semakin meningkatkan sistem keamanan pada OS Android yang menjalankan produk mereka, sehingga berdampak pada sulitnya melakukan root.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap tentang bagaimana cara root Samsung Galaxy A20s dengan menggunakan bantuan komputer (tanpa Recovery TWRP). Dalam hal ini, kita akan memanfaatkan file AP yang ada di dalam firmware / ROM dengan cara melakukan patch menggunakan Magisk Manager yang kemudian akan diflash melalui aplikasi ODIN. Cara ini memang cukup rumit, namun tingkat keberhasilannya cukup tinggi dibandingkan menggunakan metode lain.

Namun sebelum lanjut, perlu Anda pahami bahwa root bukan hanya memiliki kelebihan, tetapi juga berdampak buruk bagi ponsel. Diantaranya dapat menyebabkan hilangnya garansi, sistem keamanan rusak / jebol sehingga rawan dimasuki virus, bootlop hingga dapat menyebabkan kerusakan parah. Untuk itu sebelum melakukannya, ada baiknya Anda mempertimbangkannya terlebih dahulu. Dan untuk lebih memahaminya, silahkan baca Kelebihan dan Kekurangan Root Android.

Nah, ketika Anda sadar dan paham dengan dampak yang ditimbulkan serta memiliki tekad untuk melakukan root, berikut ini kami sajikan tutorial lengkap cara root Samsung Galaxy A20s. Metode ini sendiri dapat diaplikasikan untuk semua seri Samsung Galaxy A20s, termasuk SM-A207F, SM-A207FN, SM-A207GN, SM-A207YN, SM-A207G, SM-A207W, SM-A207U. Hanya saja perbedaannya ada pada pemilihan file Firmware / ROM, karena setiap firmware memiliki file AP berbeda berdasarkan nomor model ponsel.

Root Samsung Galaxy A20s

Peringatan!
Root dapat menyebabkan hilangnya garansi, sistem keamanan jebol, bootlop hingga dapat mengakibatkan kerusakan. Untuk itu AndroLite.com tidak bertanggung jawab apabila hal-hal tersebut terjadi yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk.
Penting!
Proses root juga dapat mengakibatkan terhapusnya semua data yang ada didalam memori internal ponsel. Untuk itu, sebelum melakukannya, silahkan FULL BACKUP ROM dan semua data yang ada di dalam ponsel.

1. Persiapan Root

  1. Kabel USB.
  2. Komputer (Laptop/PC) berbasis Windows.
  3. OEM Unlocking & USB Debugging harus aktif. Tutorial.
  4. SAMSUNG_USB_Driver.exe (Install dan restart komputer).
  5. ODIN3_v3.13.3.zip (ekstrak dan simpan di komputer).
  6. Magisk Manager_7.5.1.apk (install ke dalam ponsel).
  7. Download salah satu file firmware/ROM Samsung A20s berikut sesuai model / seri perangkat.

2. Proses Root Samsung Galaxy A20s

Dalam proses rooting tanpa recovery TWRP, setidaknya ada dua tahapan utama yang harus dilakukan. Pertama mem-patch file AP yang ada di dalam firmware dan kedua flashing AP_A205FXX.tar.md5 yang telah di-patch melalui flash tool ODIN.

2.1. Patch AP_A205FXX.tar.md5 via Magisk

  1. Ekstrak file Firmware/Stock ROM Galaxy A20s yang telah didownload menggunakan 7-Zip atau winrar. Di dalam folder hasil ekstrak, salin file AP_A205FXX.tar.md5 ke memori penyimpanan ponsel (disarankan di SD-Card).
  2. Buka aplikasi Magisk_manager.apk yang telah terpasang di ponsel. Tap Install yang ada disamping Magisk is not installed » Install » Select and Patch a File » lalu cari & flash file AP_A205FXX.tar.md5. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  3. Untuk melihat file yang telah di-patch, buka Internal Storage » Download » Magisk_patched.tar (nama file berubah dari AP_A205FXX.tar.md5 menjadi Magisk_patched.tar).
  4. Salin kembali file Magisk_patched.tar kedalam komputer. Tempatkan bersama dengan file firmware lainnya yang sebelumnya telah diekstrak karena akan di-flash secara bersamaan (jangan mem-flash file Magisk_patched.tar saja).

2.1. Flash Magisk_patched.tar + Rooting via ODIN

Sebelum lanjut, sekali lagi saya ingatkan bahwa proses flashing + rooting ini dapat mengakibatkan terhapusnya semua data yang ada di dalam memori internal ponsel.

Untuk itu silahkan lakukan BACKUP terlebih dahulu atau pindahkan semua data yang ada didalamnya ke memori penyimpanan eksternal seperti SDcard atau media penyimpanan lainnya.

  1. Matikan HP Galaxy A20s sampai off total lalu booting ke Downloading Mode. Dalam hal ini ada dua opsi yang bisa dilakukan :
    • Opsi #1 : Tekan & tahan POWER + VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH hingga berada pada tampilan warning.
    • Opsi #2 : Tekan & tahan VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH lalu colokkan kabel USB yang telah tertancap di PC dengan tetap menekan tombol Volume Bawah + Volume Atas.
  2. Saat layar telah menampilkan "Warning", tekan lalu tahan tombol VOLUME ATAS selama 10 detik atau hingga muncul tampilan "Unlock Bootloader?". Pilih "Yes" dengan cara menekan tombol "VOL ATAS".
  3. Tekan tombol "POWER" untuk continue ketika layar menampilkan "The phone's bootloader is unlocked ...". Sesaat setelahnya, ponsel akan langsung memulai proses menghapus (erasing) data internal HP.
  4. Bila sudah selesai, ponsel biasanya akan kembali ke tampilan "The phone's bootloader is unlocked ...". Nah pada tahap ini silahkan tekan tombol "POWER" atau tunggu sampai perangkat melakukan reboot otomatis.
  5. Ketika ponsel telah menyala sempurna, silahkan lakukan konfigurasi awal sampai masuk ke HOME SCREEN. Tetapi ingat, JANGAN lakukan "Sign in" ke akun manapun (skip saja bila mendapatinya).
  6. Matikan ponsel & sekali lagi booting ke Downloading Mode. Caranya sama saja dengan langkah pertama (#1). Namun bedanya, pada saat sudah berada di tampilan Warning, tekan tombol Volume Atas sebentara saja (JANGAN DITAHAN).
  7. Buka kembali komputer lalu jalankan flastool ODIN dengan cara run as administrator. Koneksikan juga perangkat Galaxy A20s komputer menggunakan kabel USB.
  8. Pastikan ODIN telah mendeteksi perangkat Galaxy A20s yang ditandai dengan munculnya pesan Added!! pada tab Log atau terdapat alamat port di bawah ID:COM.
    Selanjutnya, klik tab Options lalu hilangkan semua centang yang ada didalamnya.
  9. Klik tombol AP lalu pilih file Magisk_patched.tar. Sementara untuk kolom BL, CP dan CSC, masukkan file sesuai dengan namanya.
  10. Untuk memulai proses flashing sekaligus rooting, silahkan klik tombol 'START' dan tunggu sampai selesai.
  11. Bila sudah selesai, reboot perangkat ke mode recovery untuk melakukan Wipe Data (WAJIB). Caranya, silahkan tekan dan tahan tombol [VOL BAWAH + POWER].

    Saat layar BLANK / HITAM, segera lepaskan tombol VOLUME BAWAH lalu pindahkan jari ke tombol VOLUME ATAS dengan tetap menekan tombol POWER.
    Catatan : Ingat, proses memindahkan jari dari Vol bawah ke vol atas harus dilakukan secara cepat. Karena layar BLANK / HITAM hanya muncul sekitar 2 detik.
  12. Di dalam mode recovery, pilih [Wipe Data / Factory Reset] > [Yes] dan tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah itu, pilih Reboot to system. Selesai.
    Catatan : Untuk mencegah hilangnya aplikasi Magisk Manager, pastikan setiap ingin melakukan restart, jangan langsung dari tombol power, melainkan reboot dari Magisk manager. Atau bisa juga matikan ponsel [Turn Off] lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol power. Intinya, jangan restart langsung.
  13. Untuk memeriksa apakah ponsel Galaxy A20s telah root 100%, silahkan download dan jalankan aplikasi Root Checker.

Solusi Bootlop Samsung Galaxy A20s

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada saat melakukan rooting, ponsel kerap mengalami yang namanya bootlop (stuck di logo Samsung). Nah untuk mengatasi masalah tersebut, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan.
  1. Restore BACKUP ROM.
  2. Flash ulang file AP yang belum di patch (original) bersamaan file firmware lainnya.
  3. Flash Firmware Samsung A20s.
  4. Factory/Hard Reset Galaxy A20s.
Demikianlah tutorial Cara Root Samsung Galaxy A20s pada kesempatan kali ini. Jika ada yang kurang jelas, link rusak atau ada pertanyaan seputar tutorial di atas, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih telah berkunjung, salam!
Open Comments