Cara Root Samsung Galaxy A30s Tanpa TWRP

Cara Root Samsung Galaxy A30s Android Q 10.0 / Pie 9.0 - Root Samsung Galaxy A30s (SM-A307F, SM-A307FN, SM-A307G, SM-A307GN, SM-A307YN) memang tidak semudah me-root smartphone generasi terdahulu yang masih dijalankan oleh OS Android Nougat, Lollipop, Marshmallow atau versi dibawahnya. Karena sejak Android Oreo, Pie hingga Android Q digulirkan, tingkat kesulitan dalam melakukan root semakin tinggi.

Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan struktur kode dan peningkatan sistem keamanan yang menyebabkan perangkat sulit untuk dijebol / diakses hingga ke akar (root). Selain itu, keterbatasan file penunjang seperti custom recovery TWRP juga semakin sulit ditemukan. Padahal salah satu metode root yang paling baik adalah dengan menggunakan TWRP.

Meski begitu, me-root Samsung A30s bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Walaupun metode yang digunakan agak sedikit rumit dan melalui proses lebih panjang. Dalam hal ini, kita akan menggunakan metode patch terhadap file AP yang ada di dalam firmware / stock ROM menggunakan aplikasi Magisk Manager dan akan di-flash memakai flashtool ODIN3.

Mengapa harus menggunakan metode rumit jika ada cara yang lebih cepat dan praktis untuk me-root Galaxy A30s? Misalnya tanpa PC / komputer? Perlu Anda ketahui, bahwa me-root Samsung Galaxy A30s Tanpa PC memiliki tingkat keberhasilan yang sangat rendah (bukan tidak mungkin) dan hanya akan membuang-buang waktu saja.

Karena saat ini, kebanyakan aplikasi root seperi KingRoot masih perlu menyesuaikan dengan struktur kode dan mencari celah (bug) agar sistem keamanan ponsel dapat dijebol. Jadi jangan terlalu banyak berharap menggunakan cara tersebut.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan metode patch AP File untuk me-root HP Galaxy A30s Anda, tutorial berikut ini mungkin bisa membantu, namun tidak ada jaminan bahwa akan berhasil 100%. Meski begitu, cara ini bisa dicoba untuk membuktikan apakah memang layak ataukah tidak. Tetapi sebelum lanjut, pastikan Anda sudah mengatahui apa saja Kelebihan dan Kekurangan Root Android.

Root Samsung Galaxy A30s

Peringatan!
Root dapat menyebabkan hilangnya garansi, sistem keamanan jebol, bootlop & dapat mengakibatkan kerusakan perangkat. Untuk itu AndroLite.com tidak bertanggung jawab apabila hal-hal tersebut terjadi yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk.
Penting!
Proses root juga dapat mengakibatkan terhapusnya semua data yang ada didalam memori internal ponsel. Untuk itu, sebelum melakukannya, silahkan FULL BACKUP ROM dan semua data yang ada di dalam ponsel.

1. Persiapan Root

  1. Kabel USB, disarankan yang original.
  2. Komputer (Laptop/PC) berbasis Windows.
  3. Aktifkan OEM Lock & USB Debugging. Silahkan lihat Cara Aktifkan OEM Unlocking / USB Debugging Samsung.
  4. Aplikasi 7-Zip (Install ke dalam komputer).
  5. SAMSUNG_USB_Driver (Install dan restart komputer).
  6. ODIN3_v3.13.3.zip (ekstrak & simpan di komputer).
  7. Magisk Manager.apk (install ke dalam smartphone).
  8. Aplikasi ZArciver (Install di HP).
  9. Download salah satu file firmware berikut sesuai model/seri ponsel.
    SM-A307FDownload
    SM-A307FNDownload
    SM-A307GDownload
    SM-A307GNDownload
    SM-A307YNDownload
    SM-A307MDownload

2. Proses Root Samsung Galaxy A30s

Ada dua langkah utama dalam melakukan rooting Samsung A30s. Pertama mem-patch file AP yang terdapat di dalam file firmware/ROM, dan kedua flashing file AP yang telah di-patch melalui ODIN.

2.1. Patch AP_A105FXX via Magisk

  1. Eksrak Firmware/Stock ROM Galaxy A30s yang telah didownload menggunakan 7-Zip. Di dalam folder dari hasil eksrak tersebut, copy file AP_A105FXX.tar.md5 ke memori penyimpanan ponsel.
  2. Jalankan aplikasi Magisk_manager.apk yang telah terinstall di dalam ponsel A30s. Pilih Install yang ada disamping Magisk is not installed > Install > Select and Patch a File. Cari dan pilih file AP_A105FXX.tar.md5 kemudian tunggu hingga proses flashing selesai.
  3. Bila sudah, salin file hasil patch yang terdapat di dalam memori internal. Memori Internal » Download » Magisk_patched.tar (Nama file AP_A105FXX.tar.md5 telah berubah menjadi Magisk_patched.tar).
  4. Nah sekarang file Magisk_patched.tar siap untuk di-flash bersama file firmwar lainnya.

2.1. Flash Magisk_patched.tar + Rooting via ODIN

Sebelum lanjut, sekali lagi saya ingatkan bahwa proses flashing + rooting ini dapat mengakibatkan terhapusnya semua data yang ada di dalam memori internal ponsel.

Jadi sebelum melakukannya, terlebih dahulu BACKUP atau pindahkan semua data yang ada didalamnya ke memori penyimpanan eksternal (sdcard) atau penyimpanan lainnya.

  1. Matikan HP Galaxy A30s sampai off total lalu booting ke Downloading Mode. Dalam hal ini ada dua opsi yang bisa dilakukan :
    • Opsi #1 : Tekan & tahan POWER + VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH.
    • Opsi #2 : Tekan & tahan VOLUME ATAS + VOLUME BAWAH lalu colokkan kabel USB yang telah tertancap di komputer dengan tetap menekan tombol Vol Atas + Vol Bawah.
  2. Saat layar menampilkan "Warning", tekan & tahan tombol VOLUME ATAS selama 10 detik atau hingga muncul tampilan "Unlock Bootloader?". Pilih opsi "Yes" dengan cara menekan tombol "VOLUME ATAS".
  3. Saat berada di tampilan "The phone's bootloader is unlocked ...", tekan tombol "POWER" untuk melanjutkan. Proses ini akan menghapus (erasing) semua data internal HP (tunggu hingga prosesnya selesai).
  4. Bila sudah, ponsel akan kembali ke tampilan "The phone's bootloader is unlocked ...". Nah pada tahap ini silahkan tekan lagi tombol "POWER" atau tunggu sampai perangkat melakukan restart otomatis.
  5. Ketika ponsel telah menyala sempurna, silahkan lakukan konfigurasi sama seperti saat ponsel dalam keadaan baru sampai masuk ke HOME SCREEN. Tetapi ingat, JANGAN lakukan "Sign in" ke akun baru Google/Samsung (skip saja bila mendapatinya).
  6. Matikan perangkat dan sekali lagi booting ke Mode Downloading. Caranya sama saja dengan langkah pertama (#1) di atas. Namun bedanya, pada saat sudah berada di tampilan Warning, tekan tombol Volume Atas sebentara saja (JANGAN DITAHAN) sehingga ponsel akan diarahkan ke ke menu utama Mode Downloading dan bukan ke mode Bootloader.
  7. Kembali ke komputer & jalankan flastool ODIN dengan cara klik kanan, pilih run as administrator. Koneksikan juga ponsel Galaxy A30s komputer menggunakan kabel USB.
  8. Pastikan ODIN telah mendeteksi perangkat Galaxy A30s yang ditandai dengan munculnya pesan 'Added!!' pada tab 'Log' atau terdapat alamat port di bawah ID:COM.
    Klik tab Options lalu hilangkan semua centang yang ada didalamnya.
  9. Klik tombol AP lalu pilih file Magisk_patched.tar. Sementara untuk kolom BL, CP dan CSC, masukkan file sesuai dengan namanya.
  10. Untuk memulai proses flashing sekaligus rooting, silahkan klik tombol 'START' dan tunggu sampai selesai.
  11. Bila sudah selesai, reboot perangkat ke mode recovery untuk melakukan Wipe Data (WAJIB). Caranya, silahkan tekan dan tahan tombol [VOL BAWAH + POWER].

    Saat layar BLANK / HITAM, segera lepaskan tombol VOLUME BAWAH lalu pindahkan jari ke tombol VOLUME ATAS dengan tetap menekan tombol POWER.
    Catatan : Ingat, proses memindahkan jari dari Vol bawah ke vol atas harus dilakukan secara cepat. Karena layar BLANK / HITAM hanya muncul sekitar 2 detik.
  12. Di dalam mode recovery, pilih [Wipe Data / Factory Reset] > [Yes] dan tunggu sampai prosesnya selesai. Setelah itu, pilih Reboot to system. Selesai.
    Catatan : Untuk mencegah hilangnya aplikasi Magisk Manager, pastikan setiap ingin melakukan restart, jangan langsung dari tombol power, melainkan reboot dari Magisk manager. Atau bisa juga matikan ponsel [Turn Off] lalu nyalakan kembali dengan menekan tombol power. Intinya, jangan restart langsung.
  13. Untuk memeriksa apakah ponsel Galaxy A30s telah root 100%, silahkan unduh lalu jalankan app Root Checker.

Solusi Bootlop Samsung Galaxy A30s

Pada saat ponsel ponsel Anda mengalami bootlop (stuck hanya sampai di logo Samsung) ketika menerapkan tutorial di atas, cobalah salah satu tips berikut untuk mengatasinya.
  1. Restore BACKUP ROM.
  2. Re-Flash (flash ulang) AP_A105FXX.tar.md5 original (belum di patch).
  3. Flash Firmware Samsung A30s.
  4. Factory/Hard Reset Galaxy A30s.
Itulah tutorial lengkap Cara Root Samsung Galaxy A30s pada kesempatan kali ini. Jika ada yang kurang jelas, link rusak / ada pertanyaan seputar panduan di atas, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih telah berkunjung, salam!