[Desember 2019] Panduan / tutorial lengkap bagaimana cara root Samsung Galaxy A30s (SM-A307F, SM-A307FN, SM-A307G, SM-A307GN, SM-A307YN) tanpa TWRP menggunakan metode patch boot.img dengan magisk root dan flash via ODIN.

AndroLite.com - Root Samsung Galaxy A30s (SM-A307F, SM-A307FN, SM-A307G, SM-A307GN, SM-A307YN) memang tidak semudah me-root smartphone generasi terdahulu yang masih dijalankan oleh OS Android Nougat, Lollipop, Marshmallow atau versi dibawahnya. Karena sejak Android Oreo, Pie hingga Android Q digulirkan, tingkat kesulitan dalam melakukan root semakin tinggi.

Hal ini disebabkan oleh adanya perubahan struktur kode dan peningkatan sistem keamanan yang menyebabkan perangkat sulit untuk dijebol / diakses hingga ke akar (root). Selain itu, keterbatasan file penunjang seperti custom recovery TWRP juga semakin sulit ditemukan. Padahal salah satu metode root yang paling baik adalah dengan menggunakan TWRP.

Meski begitu, me-root Samsung A30s bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Walaupun metode yang digunakan agak sedikit rumit dan melalui proses lebih panjang. Dalam hal ini, kita akan menggunakan metode patch terhadap file boot.img yang ada di dalam firmware / stock ROM menggunakan aplikasi Magisk Manager dan akan di-flash memakai flashtool ODIN3.

Mengapa harus menggunakan metode rumit jika ada cara yang lebih cepat dan praktis untuk me-root Galaxy A30s? Misalnya tanpa PC / komputer? Perlu Anda ketahui, bahwa me-root Samsung Galaxy A30s Tanpa PC memiliki tingkat keberhasilan yang sangat rendah (bukan tidak mungkin) dan hanya akan membuang-buang waktu saja.

Karena saat ini, kebanyakan aplikasi root seperi KingRoot masih perlu menyesuaikan dengan struktur kode dan mencari celah (bug) agar sistem keamanan ponsel dapat dijebol. Jadi jangan terlalu banyak berharap menggunakan cara tersebut.

Nah, bagi Anda yang ingin menggunakan metode patch boot.img untuk me-root HP Galaxy A30s Anda, tutorial berikut ini mungkin bisa membantu, namun tidak ada jaminan bahwa akan berhasil 100%. Meski begitu, cara ini bisa dicoba untuk membuktikan apakah memang layak ataukah tidak. Tetapi sebelum lanjut, pastikan Anda sudah mengatahui apa saja Kelebihan dan Kekurangan Root Android.

Root Samsung Galaxy A30s

Peringatan!
Root dapat menyebabkan hilangnya garansi, sistem keamanan jebol, bootlop & dapat mengakibatkan kerusakan perangkat. Untuk itu AndroLite.com tidak bertanggung jawab apabila hal-hal tersebut terjadi yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do With Your Own Risk.
Penting!
Proses root juga dapat mengakibatkan terhapusnya semua data yang ada didalam memori internal ponsel. Untuk itu, sebelum melakukannya, silahkan FULL BACKUP ROM dan semua data yang ada di dalam ponsel.

1. Persiapan Root

  1. Kabel USB, disarankan yang original.
  2. Komputer (Laptop/PC) berbasis Windows.
  3. Aktifkan OEM Lock & USB Debugging. Silahkan lihat Cara Aktifkan OEM Unlocking / USB Debugging Samsung.
  4. Aplikasi 7-Zip (Install ke dalam komputer).
  5. SAMSUNG_USB_Driver (Install dan restart komputer).
  6. ODIN3_v3.13.3.zip (ekstrak & simpan di komputer).
  7. Magisk Manager.apk (install ke dalam smartphone).
  8. Download salah satu file firmware berikut sesuai model ponsel atau negara Anda. Kemudian ekstrak filenya menggunakan winrar/7-Zip.
    SM-A307FDownload
    SM-A307FNDownload
    SM-A307GDownload
    SM-A307GNDownload
    SM-A307YNDownload
    SM-A307MDownload
    Setelah itu, salin file boot.img yang ada didalam folder firmware lalu pindahkan ke memori penyimpanan smartphone untuk di-patch menggunakan magisk manager.

2. Patch Boot.img via Magisk Manager

  1. Jalankan app Magisk Manager.
  2. Tap Install (di samping Magisk is not installed).
  3. Tap lagi Install lalu pilih Select and Patch a File.
  4. Cari file boot.img yang ada di dalam memori penyimpanan smartphone.
  5. Tunggu sampai proses patch selesai.
  6. Buka kembali memori penyimpanan ponsel lalu cari file "patched_boot.img".
  7. Ganti nama file "patched_boot.img" menjadi "boot.img". Salin kembali ke komputer untuk diubah ekstensinya menjadi .tar (tempatkan dimana saja asal mudah ditemukan).

3. Ubah Ekstensi boot.img Jadi boot.img.tar

Karena ODIN hanya mengenali ekstensi .tar / .zip, untuk itu ekstensi boot.img, harus diubah menjadi boot.img.tar dengan menggunakan bantuan aplikasi 7-Zip.
  1. Klik kanan pada file boot.img.
  2. Pilih 7-Zip > Add to Archive.
  3. Pada kolom Archive Format, pilih tar.
  4. Klik OK untuk memulai proses penggantian ekstensi.

Setelah proses pengubahan selesai, berikutnya tahap flashing & sekaligus root Samsung A30s menggunakan flashtool ODIN3.

4. Root Samsung Galaxy A30s via Odin

  1. Matikan smartphone hingga mati total.
  2. Masuk ke Downloading Mode dengan cara tekan & tahan "POWER + VOLUME BAWAH + VOLUME ATAS".
  3. Lepaskan ketiga tombol tersebut saat ponsel bergetar atau logo booting Samsung muncul.
  4. Saat berada di tampilan Warning, tekan 'VOLUME ATAS' untuk melanjutkan.
  5. Hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel USB.
  6. Jalankan aplikasi ODIN3. Caranya silahkan klik kanan lalu pilih 'Run as administrator'.
  7. Klik tab 'Options' pada ODIN3.
  8. Centang "Auto Reboot" dan "F. Reset Time". Sisanya biarkan kosong.
  9. Klik tombol AP, cari & pilih file boot.img yang sudah di-patch sebelumnya.
  10. Klik Start untuk memulai proses flashing & tunggu sampai selesai.
  11. Setelah berhasil, ponsel akan melakukan Restart.
  12. Sekali lagi tunggu beberapa saat hingga ponsel menyala sempurna.
  13. Selesai.

Solusi Bootlop Samsung Galaxy A30s

Pada saat ponsel ponsel Anda mengalami bootlop (stuck hanya sampai di logo Samsung) ketika menerapkan tutorial di atas, cobalah salah satu tips berikut untuk mengatasinya.
  1. Restore BACKUP ROM.
  2. Re-Flash (flash ulang) boot.img original (belum di patch).
  3. Flash Firmware Samsung A30s.
  4. Factory/Hard Reset Galaxy A30s.
Itulah tutorial lengkap Cara Root Samsung Galaxy A30s pada kesempatan kali ini. Jika ada yang kurang jelas, link rusak / ada pertanyaan seputar panduan di atas, silahkan tinggalkan komentar. Terima kasih telah berkunjung, salam!
Open Comments