TWRP 3.3.1 Root Samsung Galaxy A8 SM-A530F Pie 9.0

Install TWRP + Cara Root Samsung Galaxy A8 SM-A530F - Apa itu TWRP? TWRP adalah singkatan dari Tim Win Recovery Project yang merupakan perangkat lunak custom recovery (pemulihan) open-source untuk perangkat berbasis Android dan dapat digunakan untuk melakukan kostumasi, seperti melakukan root, install Stock ROM, backup data, melakukan reset pabrik dan lain sebagainya.

TWRP pada dasarnya adalah kostumasi dari CWM (Clock World Mod) atau recovery bawaan (pabrik) dan memiliki fungsi yang sama, tetapi TWRP mempunyai keunggulan lebih, termasuk memiliki interface yang lebih baik, dioperasikan dengan sentuhan jari dan lebih memiliki banyak menu.

Nah, bagi kalian yang ingin memasang / mengganti recovery bawaan pada Samsung Galaxy A8 (2018) seri SM-A530F CPU EXYNOS 7885 dengan TWRP, mungkin panduan berikut ini dapat membantu.

Download TWRP 3.3.1 Samsung A8 SM-A530F

Unduh file TWRP khusus Samsung Galaxy A8 SM-A530F, aplikasi root dan beberapa file pendukung lainnya berikut ini, kemudian ikuti petunjuknya.

FileKeterangan
TWRP-3.3.1-jackpotlte.img.tarSimpan di drive komputer
TWRP-3.2.3-jackpotlte.img.tarSimpan di drive komputer
TWRP_3.2.1.img.tarSimpan di drive komputer
SAMSUNG_USB_Driver.exeInstall di PC
ODIN3_v3.14.1.zipEkstrak di PC
Magisk_Root_v20.3.zipSalin ke SD Card
Dm-verity/No-Verity.zipSalin ke SD Card
Multi-disabler-samsung-v2.2.zipSalin ke SD Card
RMM_Bypass_v3.zipSalin ke SD Card

Hal Penting Sebelum Pasang TWRP dan Root Samsung A8

Sebelum melakukan pemasangan, pastikan kalian melakukan BACKUP, BACKUP dan BACKUP semua data penting terlebih dahulu, termasuk foto, video, aplikasi atau bahkan sistem Operasi Android. Karena tidak menutup kemungkian, proses penginstallan bisa mengakibatkan BOOTLOP atau kerusakan pada perangkat.

Untuk melakukannya, kalian bisa memindahkannya ke memori eksternal (SD Card), ke dalam komputer atau menguploadnya ke penyimpanan cloud seperti google drive, tetapi untuk backup Sistem Operasi Android kalian bisa mencarinya di Google.

Atau sebagai alternatif jika HP Galaxy A8 2018 SM-A530F mengalami Bootlop (stack di homescreen), jangan khawatir karena kalian bisa melakukan flash / install ulang dengan cara mendownload Stock ROM kemudian flash melalui aplikasi ODIN. Baca: Download dan Cara Flash Stock ROM Samsung Galaxy A8 2018 dan A8 Plus 2018.

Resiko : Penggantian / pemasangan TWRP ke dalam perangkat akan mengakibatkan sistem keamanan (Samsung KNOX) jebol, sehingga kalian tidak bisa melakukan klaim garansi atau bahkan bisa merusak smartphone kalian. Jadi silahkan pikirkan ulang sebelum melakukannya.

Dan sebelum memulai panduannya, perlu saya ingatkan bahwa dengan mengikuti tutorial berikut, Androlite.com tidak bertanggung jawab atas Bootlop atau kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian. Do With Your Own Risk (DWYOR).

Install TWRP Samsung Galaxy A8 SM-A530F

  1. Ponsel WAJIB Unlock Bootloader dan Aktifkan OEM Locking serta USB Debugging. Untuk caranya, silahkan lihat Cara Unlock Bootloader Samsung [All Type], OEM, USB Debugging.
  2. Masuk ke menu Downloading Mode pada Galaxy A8 2018 dengan cara matikan ponsel hingga posisi off total. Setelah itu tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan.

    Lepaskan ketiga tombol tersebut saat HP bergetar atau muncul logo booting Samsung. Di tampilan Warning, tekan Volume Bawah untuk melanjutkan / continue.
  3. Hubungkan ponsel dengan komputer melalui kabel data. Disarankan yang asli agar komputer bisa dengan mudah mendeteksi smartphone.
  4. Buka dan jalankan aplikasi ODIN, lalu klik "Slot AP" dan cari file TWRP Samsung A8 SM-A530F yang sudah di download sebelumnya.
  5. Klik tab "Options" yang ada disebelah kiri ODIN, kemudian hilangkan centang pada "Auto Reboot". Untuk memulai proses install, silahkan klik tombol "Start" dan tunggu sampai selesai.
  6. Bila sudah, cabut kabel USB. Untuk keluar dari mode downloading dan sekaligus booting ke mode TWRP, silahkan tekan tombol Power + Volume Bawah. Saat layar ponsel Blank / Hitam, segera ganti posisi jari dari Volume Bawah ke Volume atas dengan tetap menekan tombol Power.
    Catatan Penting : Ingat, lakukan dengan cepat karena Blank / Hitam hanya muncul sekitar 2 detik saja. Jika lambat, TWRP yang baru saja dipasang akan kembali ke model recovery bawaan / CWM standar.
  7. Untuk masuk ke mode TWRP selanjutnya, kalian tidak perlu melakukan sama seperti pada langkah #6, cukup menekan tombol Power dan Volume Bawah saja.
  8. Selanjutnya, lakukan Wipe Data sebelum memulai menggunakan TWRP. Caranya pilih menu [Wipe] > [Format Data] > ketik "Yes" > [OK].
  9. Untuk mencegah terjadinya bootloop, pastikan memflah file RMM_Bypass_v3.zip, Dm-verity/No-Verity.zip dan Multi-disabler-samsung-v2.2.zip. Caranya pilih menu [Install] > [Select Storage] > cari file > lalu usap ke kanan [Swipe to confirm flash].
  10. Selesai. Selamat TWRP Samsung Galaxy A8 telah selesai terpasang dan siap untuk digunakan.

Root Samsung Galaxy A8 SM-A530F

Setelah proses pemasangan TWRP di atas telah selesai kalian lakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan Root Galaxy A8 melalui TWRP. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Masuk kembali ke mode TWRP. Caranya matikan ponsel, lalu tekan dan tahan [Vol Atas + Power] secara bersamaan.
  2. Di dalam menu TWRP, pilih [Install] > [Select Storage] > cari dan pilih file Magisk_Root_v20.3.zip.
  3. Usap ke kanan [Swipe to confirm flash] dan tunggu sampai proses pemasangan selesai.
  4. Setelah selesai, flash juga file RMM_Bypass_v3.zip, Dm-verity/No-Verity.zip dan Multi-disabler_v2.2.zip
  5. Bila sudah, silahkan lakukan Wipe Data untuk membersihkan sisa-sisa data, kemudian reboot ke sistem: [Reboot] » [Reboot to System].
  6. Untuk cek status root, install Magisk_Manager.apk atau Root Checker kemudian jalankan.
  7. Selesai.

Demikian tutorial tentang Bagaimana Cara Install TWRP Samsung Galaxy A8 2018 (SM-A530F) pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam.