Download + Cara Flash Firmware Samsung A51 SM-A515F Android Q 10

AndroLite.com : Cara Flash dan Download Firmware Samsung Galaxy A51 SM-A515F Android Q 10 XID Indonesia - Firmware atau Stock ROM Samsung Galaxy A51 kini telah tersedia untuk didownload. Untuk mem-flashnya sudah tentu menggunakan aplikasi flashtool ODIN yang dikhususkan untuk smartphone Samsung.

Flash firmware selain dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meng-upgrade / update perangkat lunak (sistem operasi), juga dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi berbagai masalah (error) ringan hingga berat pada smartphone Galaxy A51. Diantaranya:
  1. Mengatasi bootloop (booting berhenti di logo).
  2. Mengatasi lupa kunci pola / pin / password.
  3. Memperbaiki Custom Binary Blocked by FRP Samsung.
  4. Memperbaiki kamera gagal.
  5. Atasi ponsel tidak mau menyala atau mati total.
  6. Melakukan unroot (hapus root)
  7. Atasi aplikasi force close atau sayangnya aplikasi telah berhenti
  8. Membersihkan virus / malware.
  9. Atasi ponsel lambat.
  10. Memperbaiki ponsel yang mengalami soft/hard brick.
  11. Dan sebagainya.
Nah, bagi kalian yang ingin mem-flash firmware Samsung Galaxy A51, berikut tutorial lengkap serta link downloadnya yang bisa kalian unduh secara gratis.

Samsung Galaxy A51 Overview

Samsung Galaxy A51 adalah sebuah smartphone berbasis Android kelas mid-range yang datang dengan membawa 4 kamera belakang (48+12+5+5 MP), layar Super AMOLED 6,5 inci berlapiskan Gorilla Glass 3, baterai 4000 mAh, dan ditenagai oleh chipset Exynos 9611 (10nm), RAM 4GB / 6GB dan Storage 64GB / 128GB.

Saat Pertama kali meluncur, Galaxy A51 dijalankan oleh sistem operasi Android 10 (Q) yang dibalut oleh antarmuka One UI 2.0. Ponsel ini sendiri memiliki nomor model atau seri SM-A515F/DS, SM-A515F/DSN, SM-A515FN/DS (Global); SM-A515GN/DS, SM-A515FM/DS, SM-A515YN, SM-A515W.

Download Firmware Samsung Galaxy A51

PhoneSamsung Galaxy A51
ModelSM-A515F
NegaraIndonesia - XID
AndroidQ 10.0
BuildOktober 2020
PDAA515FXXU4CTJ1
CSCA515FOLE4CTJ1
LinkDownload via Samfrew
Setelah firmware di atas selesai didownload, selanjutnya ekstrak filenya menggunakan aplikasi WinRar atau 7-Zip lalu simpan filenya dimana saja asal mudah ditemukan. Misalnya di desktop, local disk D: / E: dan sebagainya.

Cara Flash Samsung Galaxy A51

Proses flashing firmware dapat menyebabkan terhapusnya semua data yang ada didalam memori internal ponsel. Untuk itu, sebelum melakukannya, sebaiknya lakukan FULL BACKUP kemudian simpan di penyimpanan eksternal seperti kartu microSD, komputer dan sebagainya.
Silahkan gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat mem-flash Galaxy A51 Anda. AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta informasi yang ada di situs web ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Step #1 - Siapkan kabel USB yang masih berfungsi dengan baik dan sebuah komputer berbasis Windows baik itu berupa PC maupun Laptop.

Step #2 - Download SAMSUNG_USB_Driver_Mobile.exe lalu install ke dalam komputer. Download juga aplikasi ODIN3_v3.zip kemudian ekstrak filenya.

Step #3. Matikan ponsel lalu booting ke Mode Downloading. Caranya tekan tombol 'POWER + VOL ATAS + VOL BAWAH' secara bersamaan sampai ponsel bergetar atau layar menampilkan logo booting.

Setelah berada di tampilan WARNING, tekan lagi tombol 'VOLUME ATAS' untuk masuk ke menu utama mode downloading.

Step #4 - Buka komputer lalu jalankan aplikasi ODIN dengan cara Run as administrator, lalu koneksikan ponsel ke PC.

Pastikan ODIN telah mendeteksi ponsel dengan melihat tulisan 'Added!!' di bagian Log Odin atau terdapat alamat port USB di bawah ID:COM.

Tetapi bila ODIN belum mendeteksinya, maka disarankan untuk memindahkan kabel USB ke port lain atau mengganti kabel USB dengan lainnya.

Step #5. Berikutnya klik tab 'OPTIONS' lalu centang () pada kolom "AUTO REBOOT" dan "F. RESET TIME".

Step #6. Untuk firmware SINGLE FILE, silahkan klik tombol AP lalu pilih firmware yang sudah diekstrak dengan ekstensi .tar.md5, kemudian klik OPEN.

Namun jika firmware memiliki 4 buah file (CSC, BL, AP, CP), maka harus memasukkan satu-persatu file tersebut sesuai jenisnya seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Step #7. Bila sudah, silahkan klik tombol 'START' untuk memulai proses flashing. Bila berhasil, maka akan muncul tulisan PASS!! di sudut kiri atas ODIN.

Step #8. Saat proses flashing berhasil, ponsel dengan sendirinya akan melakukan melakukan restart. Nah pada tahap ini, kalian sudah bisa mencabut kabel USB dan tunggu hingga proses booting selesai.

Solusi Gagal Flashing Galaxy A51

Ada beberapa penyebab utama mengapa proses flashing Samsung Galaxy A51 gagal. Diantaranya karena kabel dan Port USB bermasalah, file firmware rusak, driver samsung tidak terpasang, odin tidak dijalankan secara run administrator, dan beberapa penyebab lainnya.

Nah untuk mengatasi terjadinya kegagalan flashing, berikut beberapa solusi yang mungkin bisa membantu.
  1. Pastikan kabel dan port USB tidak bermasalah.
  2. Pastikan ODIN dijalankan secara Run as administrator.
  3. Pastikan port USB di komputer tidak longgar atau bermasalah.
  4. Pastikan firmware sudah sesuai model / seri HP dan tidak rusak (corrupt).
  5. Update aplikasi ODIN atau Samsung USB Driver.
  6. Install ulang Samsung USB Driver, lalu restart komputer.
  7. Pastikan panduan diatas tidak ada yang terlewatkan.
Bila masih gagal setelah menerapkan solusi di atas, kemungkinan besar masalahnya ada pada ponsel Galaxy A51 kalian. Untuk itu sebaiknya periksakan ke service center terdekat yang ada di kota kalian.
Nah demikianlah tutorial terlengkap Cara Flash Firmware Samsung Galaxy A51 SM-A515F pada kesempatan kali ini. Semoga apa yang disajikan kali ini bisa kalian terapkan dengan baik. Bila ada pertanyaan seputar masalah di atas, silahkan tinggalkan komentar di bawah.