Cara Flash Firmware Samsung A50s SM-A507F Android Q 10.0

Download Firmware + Cara Flash Samsung A50s SM-A507F - Samsung Galaxy A50s adalah perangkat berbasis Android canggih yang secara perdana masuk ke Indonesia pada bulan September 2019 september lalu. Ini merupakan ponsel penerus Galaxy A50 reguler dan datang dengan spesifikasi lebih tinggi dibandingkan pendahulunya tersebut, termasuk mengusung panel sAMOLED 6,4 inci FHD+, chipset Exynos 9610, 48MP Triple kamera belakang, RAM 4GB atau 6GB, storage 64GB / 128GB, kamera selfie 32MP, baterai 4.000 mAh dan sebagainya.

Untuk wilayah Indonesia, Galaxy A50s hadir dengan nomor seri SM-A507F, sementara untuk Global yakni SM-A507FN serta beberapa negara bagian lain: SM-A507FM/DS, SM-A507YN, SM-A507W. Disisi lain, smartphone ini saat pertama kali meluncur dioperasikan oleh OS Android Pie versi 9.0 yang dibungkus oleh antarmuka One UI. Walaupun bukan yang terbaru, tetapi diharapkan semoga kedepannya Galaxy A50s mendapatkan update Android Q.

Nah, berbicara mengenai Sistem Operasi (Operating System) atau dikenal dengan istilah Firmware / Stock ROM Samsung A50s, saat ini sudah banyak beredar di berbagai situs online ternama. Firmware ini sendiri memiliki banyak fungsi, diantaranya memperbaiki OS yang rusak (bootlop), Hapus Root (Unroot), upgrade / downgrade sistem operasi, mengatasi kamera gagal Samsung, mengatasi Custom Binary Blocked by FRP Lock, lupa kunci pola, serta masih banyak lagi.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, pada tutorial kali ini kita akan membahas secara detail lengkap dengan gambar tentang Bagaimana Cara melakukan Flash Firmware / Stock ROM Samsung Galaxy A50s SM-A507F.

Download Firmware Samsung A50s SM-A507F

PhoneSamsung Galaxy A50s
ModelSM-A507F
NegaraIndonesia - XID
ANDROID Q 10
UpdateSeptember 2020
PDAA507FNXXU4BTD2
CSCA507FNXXU4BTD2
Ukuran4.09GB
DownloadAndroid Q 10 SM-A507F
ANDROID PIE 9
UpdateJanuari 2020
PDAA507FNXXU3ATA6
CSCA507FNOLE3ATA3
Ukuran3.86GB
DownloadAndroid Pie 9
Catatan : Ekstrak file firmware yang telah diunduh menggunakan aplikasi WinRar atau 7-Zip.

Cara Flash Firmware Samsung A50s

Sebelum melangkah keproses flashing, terlebih dahulu kalian harus mempersiapkan beberapa peralatan serta aplikasi yang diperlukan. Apa saja itu? berikut daftar lengkapnya.

1. Alat dan Aplikasi

  1. Kabel USB, disarankan yang original.
  2. Komputer (Laptop/PC) berbasis Windows.
  3. SAMSUNG_USB_Driver_Mobile.exe (35,1 MB) (Install dan restart komputer).
  4. ODIN3_v3.13.3.zip (2,47 MB) (ekstrak menggunakan winrar / 7zip).
Setelah semua kebutuhan sudah dipersiapkan, selanjutnya sangat disarankan untuk melakukan BACKUP ROM atau semua data yang ada di dalam ponsel terlebih dahulu. Karena proses flashing akan menghapus semua data yang ada di dalam memori internal HP.

2. Proses Flashing Firmware

Peringatan!
Silahkan gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat dari melakukan flashing HP Anda. AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta informasi yang ada di situs web ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Step #1. Matikan perangkat terlebih dahulu kemudian masuk Downloading Mode. Untuk melakukannya, silahkan tekan tombol 'Power + Volume Bawah + Volume Atas' secara bersamaan kurang lebih 3 sampai 5 detik (hingga ada getaran) lalu lepaskan. Setelah itu tekan lagi tombol 'Volume Atas' untuk masuk ke halaman utama downloading mode.

Step #2. Jalankan aplikasi ODIN3. Caranya silahkan klik kanan pada aplikasi ODIN, lalu pilih 'Run as administrator'.

Step #3. Hubungkan smartphone kalian dengan komputer menggunakan kabel USB. Sesaat setelah terhubung, perhatikan di bagian 'Log' ODIN, jika terdapat pesan 'Added!!', berarti keduanya sudah terhubung dengan baik. Namun apabila tidak ada, cobalah untuk memindahkan kabel USB ke port lain atau ganti dengan kabel USB yang lain.

Step #4. Selanjutnya, klik tab 'Options' pada ODIN kemudian ceklis () pada kolom "Auto Reboot" dan "F. Reset Time". Sisanya tidak perlu dicentang.

Step #5. Karena file firware di atas merupakan singel file, jadi kalian hanya perlu menekan tombol "AP" saja yang ada disebelah kanan ODIN, setelah itu pilih firmware Galaxy A50s (ekstensi .tar.md5).

Tetapi jika file firmware yang kalian ada 4 buah (CSC, BL, AP, CP), maka kalian harus mengklik satu-persatu tombol tersebut kemudian pilih sesuai dengan nama file.

Step #6. Langkah berikutnya, silahkan klik 'Start' untuk memulai proses pemasangan firmware dan tunggu hingga selesai. Apabila prosesnya berhasil, maka ODIN akan menunjukkan pesan PASS!!, tetapi jika gagal, pesan yang ditampilkan FAIL!!.

Step #7. Saat flashing berhasil, ponsel secara otomatis akan melakukan Restart / Reboot. Tahap ini terkadang memerlukan waktu sekitar 3 sampai 5 menit atau bahkan lebih. Untuk itu silahkan tunggu hingga perangkat menyala sempurna. Sambil menunggu, silahkan cabut kabel USB yang menghubungkan HP dengan komputer. Selesai.

Solusi Gagal Flashing Galaxy A50s

Ketika proses flashing mengalami kegagalan, cobalah untuk melakukan beberapa tips di bawah ini.
  1. Ganti kabel USB.
  2. Jalankan ODIN dengan cara Run as administrator.
  3. Baca secara teliti panduan di atas jangan sampai ada yang terlewatkan.
  4. Periksa port USB, jangan sampai goyang atau bermasalah.
  5. Periksa firmware, apakah sudah sesuai dengan nomor model ponsel ataukah tidak.
  6. Periksa file firmware/ROM, pastikan tidak mengalami kerusakan (corrupt) saat selesai didownload.
  7. Update Samsung USB Driver atau flashtool ODIN ke versi baru.
  8. Install ulang Samsung USB Driver, lalu restart komputer.
Setelah tips-tips di atas sudah dilaksanakan namun tetap gagal, besar kemungkinan Ponsel Samsung A50s yang mengalami masalah. Untuk itu cobalah untuk memeriksakannya ke service center terdekat yang ada di kota kalian.

Demikianlah tutorial lengkap tentang Cara Flashing Firmware Samsung Galaxy A50s SM-A507F. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Salam!