Cara Flash Firmware Samsung A20 SM-A205F Android Q 10

AndroLite.com : Cara Flash Stock ROM / Firmware Samsung Galaxy A20 SM-A205F - Samsung Galaxy A20 resmi meluncur ke pasar Indonesia pada April 2019 lalu dengan nomor seri SM-A205F. Saat meluncur secara perdana, perangkat ini berjalan pada sistem operasi Android Pie 9.0 dengan balutan antarmuka One UI (pengganti Samsung Experience).

Kemudian beberapa bulan berselang, Galaxy A20 kini telah banyak mengalami update / pembaruan software (firmaware). Nah, mengenai hal ini, Samsung menyediakan beberapa opsi, diantaranya upadate via OTA ataupun secara manual dengan cara flashing / install ulang ROM / Firmware.

Pembaruan via OTA memang sangat gampang untuk dilakukan, tetapi mempunyai fungsi terbatas. Diantaranya hanya bisa melakukan pembaruan sistem, penambalan bug, memperbaiki kinerja atau error ringan saja. Tetapi update manual, dalam hal ini flasing ROM, memiliki banyak keunggulan. Diantaranya sebagai berikut.


Manfaat Flashing ROM/Firmware

  1. Memperbaiki OS yang rusak.
  2. Menambal bug.
  3. Unroot.
  4. Upgrade ke versi terbaru / Downgrade ke versi lawas.
  5. Memperbaiki Softbrick.
  6. Memperbaiki layar yang tidak sensitif terhadap sentuhan.
  7. Memperbaiki HP lambat / hang.
  8. Memperbaiki Binary Blocked By FRP Lock.
  9. Menghapus malware atau virus.
  10. Mengatasi Restart sendiri.
  11. Memperbaiki Bootloop.
  12. Mengatasi Lupa Password / Pola.
  13. Dan mengatasi masalah serius lainnya.

Download Firmware Samsung A20 SM-A205F

PhoneSamsung Galaxy A20
ModelSM-A205F
NegaraIndonesia - XID
ANDROID Q 10
UpdateFebruari 2020
PDAA205FDDU9BTJ4
CSCA205FXXU9BTJ5
Ukuran2.21GB
DownloadAndroid Q 10
ANDROID Q 10
UpdateApril 2020
PDAA205FDDU7BTD1
CSCA205FDDU7BTD1
Ukuran2.95GB
DownloadAndroid Q 10
Catatan : Ekstrak file firmware yang telah diunduh menggunakan aplikasi WinRar atau 7-Zip.

Cara Flash Samsung Galaxy A20 (SM-A205F)

Sebelum melangkah ke proses flash / reinstall firmware, tentu ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Termasuk penyiapan peralatan, file dan beberapa kebutuhan penting lainnya.

1. Persiapan Alat dan Bahan

  1. Ponsel Samsung Galaxy A20.
  2. Kabel USB yang asli / original.
  3. Komputer berbasis Windows, baik berupa PC/Laptop.
  4. Download Samsung USB Driver kemudian install ke dalam komputer. Restart jika komputer meminta.
  5. Download ODIN3_v3.13.1, lalu ekstrak filenya (tidak perlu diinstall) dan simpan dimana saja asal mudah ditemukan.

Baca Juga: Download dan Cara Pasang Xposed Installer Android Q 10.0 / Pie 9.0

2. Proses Flashing Firmware/ROM

Peringatan! : Gunakan tutorial ini hanya jika Anda yakin 100% tentang risiko akibat dari melakukan flash ponsel Anda. AndroLite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang disebabkan oleh penggunaan file beserta panduan di situs web ini. Do With Your Own Risk (DWYOR)!
Step #1. Matikan smartphone Galaxy A20 hingga keadaan Off total.

Step #2. Tekan 3 tombol "Volume Atas + Volume Bawah + Power" secara bersamaan, kurang lebih 3 hingga 5 detik atau hingga HP bergetar untuk masuk ke menu "Downloading Mode". Ketika logo Samsung terlihat, lepas ketiga tombol tersebut. Selanjutnya tekan lagi tombol "Volume Atas" untuk masuk / continue ke "Downloading Mode".

Step #3. Tahap berikutnya, silahkan buka / jalankan aplikasi ODIN3_v3.13.1 dengan cara klik kanan kemudian pilih run as administrator.

Step #4. Sambungkan HP Galaxy A20 kalian ke komputer dengan menggunakan kabel USB. Pastikan keduanya terhubung dengan baik. Untuk mengetahuinya, perhatikan tulisan "Added" pada tab "log" ODIN. Namun jika tidak ada, maka cobalah ganti kabel USB atau pindahkan ke lubang usb lainnya. Perhatikan gambar berikut.

Step #5. Tahap berikutnya, klik tab "Options" yang ada disamping tab Log. Kemudian centang () bagian "Auto Reboot" dan "F. Reset Time". Selebihnya, JANGAN ada yang dicentang. Perhatikan gambar di bawah.

Step #6. Proses berikutnya, centang dan tekan tombol "AP" pada ODIN, lalu pilih file Stock ROM / Firmware Samsung A20 yang sudah memiliki ekstensi HOME.tar.md5 (bukan .zip atau .rar). Kemudian pilih tombol Open.

Step #7. Setelah itu, klik tombol "Start" untuk memulai proses pemasangan firmware. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai (biasanya membutuhkan waktu sekitar 3-7 menit).

Catatan: Untuk mengetahui apakah proses instalasi berhasil ataukah tidak, coba lihat pada bagian kiri atas ODIN. Jika terdapat pesan "PASS!", berarti prosesnya berhasil. Tetapi jika pesannya "FAIL!" berarti gagal.

Perlu diketahui, faktor yang menyebabkan terjadinya gagal install biasanya disebabkan USB goyang / tidak rapat, file ROM rusak atau masih belum berekstensi HOME.tar.md5.
Step #8. Saat pesan pada ODIN sudah menunjukkan "PASS" yang artinya berhasil, selanjutnya ponsel dengan sendirinya / otomatis akan melakukan Restart. Tunggu hingga beberapa saat sampai masuk ke layar utama. Selamat, proses pemasangan Firmware / ROM Galaxy A20 telah selesai sepenuhnya.

Penutup

Sebenarnya, pada proses pemasangan ulang / flashing ROM Samsung Galaxy A20 di atas, caranya sama saja dengan HP Samsung Galaxy lainnya. Baik itu langkah-langkahnya, maupun alat / aplikasi yang diperlukan. Hanya saja yang membedakannya adalah file ROM dan proses masuk ke menu downloading modenya.

Bagi Anda yang masih awam atau baru pertama kalinya melakukan melakukan flashing, mungkin Anda akan sedikit ragu karena belum paham sepenuhnya. Tetapi jika Anda sudah mengetahui alur dan aplikasi utama yang diperlukan, maka Anda bisa dengan mudah untuk melakukan flashing smartphone Samsung untuk semua model.

Nah itulah tutorial / panduan lengkap tentang bagaimana cara melakukan Flashing atau Pemasangan Ulang Firmware / Stock ROM Samsung Galaxy A20 SM-A205F pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. Terima kasih telah berkunjung dan salam.