Recovery Mode + Cara Hard Reset Samsung A70s 2024

Recovery Mode + Cara Hard Reset Samsung Galaxy A70s Terbaru 2024 - Bagaimana cara masuk recovery mode dan melakukan hard reset (factory reset) Samsung Galaxy A70s? Tidak jauh berbeda dengan smartphone Samsung ataupun ponsel Android lainnya, Galaxy A70s memiliki sebuah fitur hard reset untuk mengembalikan pengaturan ke setelah pabrik (seperti kembali seperti baru) melalui menu recovery mode.

Recovery Mode atau yang juga dikenal dengan sebutan CWM/TWRP merupakan sebuah partisi bootable khusus yang dapat digunakan pengguna untuk memperbaiki sistem ataupun mengatasi error ringan. Misalnya memperbarui sistem operasi, wipe data dalam hal ini hard/factory reset, membersihkan log atau cache, masuk ke bootloader (downloading mode) dan sebagainya.

Hard reset sendiri merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi error / masalah ringan yang kadang terjadi pada HP Galaxy A70s. Termasuk untuk memperbaiki bootlop (stuck di logo booting Samsung), ponsel lambat, memori penyimpanan tidak mencukupi, lupa kunci pola / password, aplikasi sering mengalami force close, sayangnya aplikasi telah berhenti, kamera gagal dan lain sebagainya.

Untuk melakukan hard reset Samsung A70s via menu recovery sangatlah mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan aplikasi khusus ataupun bantuan komputer. Penerapannya sendiri berlaku untuk semua model (seri) Galaxy A70s, yang dalam hal ini termasuk SM-A707F, SM-A707FN (Global); SM-A707GM, SM-A707MN, SM-A7070 (China, Hong Kong); dan SM-A707W (Canada).

Recovery Mode Samsung Galaxy A70s

Sebelum masuk ke tahapan hard reset, terlebih dahulu pengguna harus mengakses Recovery Mode. Mengapa demikian, karena menu hard reset (Wipe data) ini berada di dalam mode recovery. Untuk masuk ke mode tersebut, setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan, yakni Metode Umum (HP dapat dimatikan) dan lupa kunci pola yang menyebabkan ponsel tidak bisa dinonaktifkan.

CARA #1 : Metode Umum


  1. Nonaktifkan perangkat Galaxy A70s hingga posisi off total.
  2. Tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS". Saat logo booting Samsung muncul, segera lepaskan tombol POWER namun tetap menekan tombol VOLUME ATAS.
  3. Ketuk layar / tunggu hingga ponsel secara otomatis masuk ke menu recovery ketika layar menampilkan "No Command".
  4. Untuk memilih menu (memindahkan selektor naik turun), gunakan tombol volume (atas bawah).
  5. Untuk mengkonfirmasi pilihan yang dipilih, tekan tombol power / daya.

CARA #2 : Lupa Kunci Pola


  1. Dalam keadaan on, tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME BAWAH" hingga ponsel mati / blank.
  2. Saat layar tidak menampilkan apa-apa (blank), segera lepaskan VOLUME BAWAH & segera pindahkan jari ke "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan tombol "POWER" (lakukan dengan cepat dan jangan tunggu sampai logo booting muncul).
  3. Lepaskan kedua tombol tersebut ketika perangkat sudah berada pada logo booting.
  4. Ketuk layar / tunggu hingga ponsel secara otomatis masuk ke menu recovery ketika layar menampilkan "No Command".
  5. Sama seperti Cara #1, untuk memindahkan selector dan memilih menu, gunakan tombol pengatur suara dan power.

Hard Reset Samsung Galaxy A70s

Sebelum memulai hard reset, disarankan untuk mem-backup semua data yang di dalam penyimpanan internal. Misalnya video, foto, aplikasi, dokumen dan file lainnya ke penyimpanan eksternal seperti microSD, cloud, komputer, flashdisk atau alat penyimpanan lainnya.
  1. Pilih "WIPE DATA / FACTORY RESET" yang ada di dalam menu Recovery Mode.
  2. Tekan tombol "POWER" untuk memilih menu tersebut.
  3. Arahkan ke pilihan "YES" lalu tekan tombol POWER untuk memilihnya.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses hard reset selesai dilakukan.
  5. Berikutnya pilih menu "REBOOT SYSTEM NOW".
  6. Sekali lagi tunggu beberapa saat sampai ponsel menyala sempurna.
  7. Terakhir, silahkan lakukan pengaturan awal sesuai kebutuhan.
  8. Selesai.
Catatan : Selain menu recovery yang diarahkan, jangan sekali-kali memilih menu lain jika tidak tau apa fungsinya, karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah baru bagi perangkat.
Nah, demikianlah tutorial singkat tentang Bagaimana Cara Hard Reset Samsung Galaxy A70s via Menu Recovery Mode pada kesempatan kali ini. Jika ada yang kurang dipahami / kurang jelas, silahkan meninggalkan komentar. Terima kasih telah berkunjung & salam!