TWRP 3.3.1 Samsung Galaxy A8+ SM-A730F Pie 9.0

Install TWRP dan Cara Root Samsung Galaxy A8 Plus SM-A730F - Apa itu TWRP? TWRP merupakan singkatan dari Team Win Recovery Project dan merupakan perangkat lunak custom recovery (pemulihan) yang sifatnya open-source bagi perangkat Android serta dapat digunakan untuk melakukan kostumasi, termasuk root android, flash Stock ROM, backup data, reset pabrik / pengaturan awal dan sebagainya.

Team Win Recovery Project pada dasarnya merupakan kostumasi dari CWM (Clock World Mod) atau recovery standar bawaan pabrik. Keduanya memiliki fungsi sama, namun TWRP mempunyai keunggulan tersendiri karena tampilannya yang lebih bagus, dapat dioperasikan dengan sentuhan jari dan menunya lebih banyak.

Sementara pada CWM, pengoperasiannya tidak bisa dilakukan dengan sentuhan jari (layar sentuh) dan hanya bisa dioperasikan dengan menekan 3 tombol utama, yakni tombol power, volume atas dan bawah. Selain itu, menu yang dimilikinya juga sangat sedikit dan terbatas.

Nah untuk itu, bagi kalian yang ingin memasang atau mengganti CWM standar dengan TWRP khususnya untuk smartphone Samsung Galaxy A8 Plus model SM-A730F CPU Exynos 7885 OS Android Oreo 8.0, berikut ini kami sajikan panduannya. Namun hanya sebatas panduan cara memasangnya saja, sementara untuk kostumasi, mungkin akan kami bahas lebih lanjut lagi.

Download TWRP 3.3.1 Samsung A8+ SM-A730F

Unduh file TWRP khusus Samsung Galaxy A8+ SM-A730F, aplikasi root dan beberapa file pendukung lainnya berikut ini, kemudian ikuti petunjuknya.

FileKeterangan
TWRP-3.3.1-jackpot2lte.tarSimpan di drive komputer
TWRP_3.2.1.tarSimpan di drive komputer
SAMSUNG_USB_Driver.exeInstall di komputer
ODIN3_v3.14.1.zipEkstrak di komputer
Magisk_Root_v20.3.zipSalin ke memori eksternal ponsel
Dm-verity/No-Verity.zipSalin ke memori eksternal ponsel
Multi-disabler-samsung-v2.2.zipSalin ke memori eksternal ponsel
RMM_Bypass_v3.zipSalin ke memori eksternal ponsel

Sebelum Install TWRP Samsung A8+

Sebelum melakukan penggantian CWM, silahkan lakukan BACKUP semua data penting terlebih dahulu yang ada didalam smartphone, seperti gambar, video, aplikasi atau bahkan OS Android. Hal ini diperlukan untuk dapat merestore kembali data ketika perangkat mengalami BOOTLOP atau kerusakan pada perangkat.

Dan untuk melakukannya, kalian bisa memindahkannya ke kartu memori eksternal (SD Card) atau kedalam PC/Laptop atau bahkan menguploadnya ke penyimpanan awan seperti google drive. Namun untuk backup Sistem Operasi Android, kalian bisa mencari tutorialnya di mesin pencari Google.

Atau kalian bisa juga melakukan flash / install ulang Stock ROM Android jika HP Galaxy A8 Plus mengalami Bootlop (stack di homescreen) dengan cara mendownload Stock ROM kemudian flash melalui aplikasi ODIN. Baca: Download dan Cara Flash Stock ROM Samsung Galaxy A8 2018 dan A8 Plus 2018.

Resiko : Melakukan instalasi TWRP ke dalam ponsel mengakibatkan sistem keamanan (Samsung Knox) jebol. Apabila Knox pada ponsel jebol, maka klaim garansi tidak dapat dilakukan dan yang lebih parahnya lagi bisa merusak smartphone kalian. Jadi silahkan pikirkan ulang sebelum melakukannya.

Dan sebelum memulai tutorial cara pasang TWRP, perlu saya ingatkan bahwa Androlite.com beserta jajarannya tidak bertanggung jawab atas bootlop atau kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian. Jadi silahkan tanggung resiko sendiri. Do With Your Own Risk (DWYOR).

Cara Pasang TWRP Samsung A8 Plus SM-A730F

  1. Ponsel WAJIB Unlock Bootloader dan Aktifkan OEM Locking serta USB Debugging. Untuk caranya, silahkan lihat Cara Unlock Bootloader Samsung [All Type], OEM, USB Debugging.
  2. Matikan HP hingga posisi off total. Setelah itu masuk ke menu Downloading Mode dengan cara tekan dan tahan tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan. Lepaskan saat HP bergetar. Setelah itu tekan Volume Bawah untuk melanjutkan / continue.
  3. Hubungkan ponsel dengan komputer melalui kabel USB dan buka aplikasi ODIN yang ada di komputer kalian. Jika terhubung dengan baik, maka akan telihat ada keterangan pada ID:COM (sudut kiri atas ODIN) dengan tanda 0:(COM1) / 0:(COM2) dan seterusnya.
  4. Klik tab "Options" yang ada pada aplikasi ODIN, kemudian hilangkan checklist pada "Auto Reboot".
  5. Klik "Slot AP" lalu cari file TWRP_SM-A730F.tar, pilih Open dan setelah itu klik tombol "Start". tunggu hingga proses pemasangannya selesai.
    Jika prosesnya berhasil, akan ada notifikasi bertuliskan "Pass" dan "Fail" jika gagal.
  6. Cabut kabel USB lalu masuk ke mode recovery. Caranya, silahkan tekan dan tahan tombol Power + Volume Bawah. Sesaat setelah layar ponsel blank, segera ganti posisi jari dari Volume Bawah ke Volume Atas dengan tetap menekan tombol power.
    Ingat, lakukan dengan cepat. Jika lambat, TWRP yang baru saja dipasang akan kembali ke model recovery pabrik / CWM standar. Jika berhasil, maka harusnya kalian sudah bisa berada pada menu TWRP sekarang.
  7. Untuk masuk ke mode TWRP selanjutnya, kalian tidak perlu melakukan sama seperti pada langkah #5, cukup menekan tombol Power dan Volume Bawah saja.
  8. Selanjutnya, lakukan Wipe Data sebelum memulai menggunakan TWRP. Caranya pilih menu [Wipe] > [Format Data] > ketik "Yes" > [OK].
  9. Untuk mencegah terjadinya bootloop, pastikan memflah file RMM_Bypass_v3.zip, Dm-verity/No-Verity.zip dan Multi-disabler-samsung-v2.2.zip. Caranya pilih menu [Install] > [Select Storage] > cari file > lalu usap ke kanan [Swipe to confirm flash].
  10. Selesai. Selamat TWRP Samsung Galaxy A8 Plus telah selesai terpasang dan siap untuk digunakan.

Root Samsung Galaxy A8+ SM-A730F

Setelah proses pemasangan TWRP di atas telah selesai kalian lakukan, langkah selanjutnya adalah melakukan Root Samsung A8 Plus melalui TWRP. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Masuk kembali ke mode TWRP. Caranya matikan ponsel, lalu tekan dan tahan [Vol Atas + Power] secara bersamaan.
  2. Di dalam menu TWRP, pilih [Install] > [Select Storage] > cari dan pilih file Magisk_Root_v20.3.zip.
  3. Usap ke kanan [Swipe to confirm flash] dan tunggu sampai proses pemasangan selesai.
  4. Setelah selesai, flash juga file RMM_Bypass_v3.zip, Dm-verity/No-Verity.zip dan Multi-disabler_v2.2.zip
  5. Bila sudah, silahkan lakukan Wipe Data untuk membersihkan sisa-sisa data, kemudian reboot ke sistem: [Reboot] » [Reboot to System].
  6. Untuk cek status root, install Magisk_Manager.apk atau Root Checker kemudian jalankan.
  7. Selesai.

Kesimpulan

Sebenarnya cara pasang TWRP pada Samsung Galaxy A8 Plus tersebut di atas, caranya sama saja dengan semua ponsel Samsung, hanya saja yang membedakan ada pada bagian masuk ke menu recovery, file TWRP dan proses penggantian jari dari Volume Bawah ke Volume Atas saat pertama kali masuk ke TWRP setalah proses pemasangannya selesai.

Jika kalian sudah paham dengan proses ini, saya yakin kedepannya kalian bisa dengan mudah mengganti CWM bawaan dengan TWRP untuk semua jenis model HP Samsung.

Demikian panduan singkat tentang Bagaimana Cara Install TWRP Samsung Galaxy A8 Plus 2018 (SM-A730F) pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada bagian yang kurang dipahami, silahkan meninggalkan komentar. Terima kasih dan salam.