advertisement
AndroLite.com - Sejak Instagram didirikan pada tahun 2010 lalu oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger (Burbn, Inc.) yang kemudian di ambil alih oleh facebook pada tahun 2012, saat ini aplikasi jejaring sosial ini telah memiliki banyak pengguna dan semakin bertambah populer.

Pada awalnya Instagram yang hanya bisa digunakan untuk memposting foto, namun kini sudah bisa digunakan untuk stories, live, direct message atau bahkan mengunggah video berdurasi singkat.

Seringkali saat membuka aplikasi tersebut kita menemukan berbagai video menarik, lucu atau langka yang diunggah oleh pengguna Instagram lainnya, tetapi kita tidak tau bagaimana cara menyimpannya ke Gallery karena aplikasi Instagram tidak menyediakan fitur menyimpan video.

Nah untuk itu, pada kesempatan kali ini, Androlite akan memberikan tips / tutorial kepada kalian tentang bagaimana cara menyimpan video Instagram Tanpa atau dengan menggunakan aplikasi.

Kalian tidak perlu khawatir, karena tips ini tidak memerlukan Root smartphone. Jadi untuk penerapannya akan sangat mudah untuk dilakukan. Bagaimana caranya? berikut panduannya.

1. Download Video Instagram Tanpa Aplikasi

Untuk cara penyimpanan tanpa aplikasi, merupakan cara yang paling mudah untuk digunakan dan hanya memerlukan bantuan browser pada android seperti google chrome, UC browser dan lain sebagainya.

  1. Buka aplikasi Instagram dan cari video yang ingin disimpan.
  2. Klik tiga titik vertikal ( ) pada sudut kanan atas pada video tersebut.
  3. Pilih Copy / Salin Link.
  4. Selanjutnya buka situs https://id.savefrom.net/ pada browser smartphone kalian (misalnya Chrome atau UCBrowser).
  5. Tempel / Paste Link video instagram pada form "Masukkan link".
  6. Tunggu beberapa saat hingga muncul video yang akan disimpan.
  7. Di bagian bawah video tersebut, tap "Download MP4".
  8. Tunggu hingga proses downloadnya selesai.
Video yang baru saja kalian download akan tersimpan di Gallery. Selain situs Saveform.net, kalian bisa juga menggunakan situs www.dredown.com/instagram dengan cara penggunaan yang hampir sama.

2. Simpan Video Instagram Menggunakan Aplikasi

Selain cara pertama di atas, kalian bisa juga menyimpan video dengan menggunakan aplikasi tambahan dengan cara mendownloadnya di Google Play Store. Untuk panduan ini, ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Download dan Install aplikasi Video Downloader for Instagram, setelah itu jalankan.
  2. Buka instagram dan cari video yang akan kalian download.
  3. Pada sudut kanan atas, klik tanda tiga titik ( ).
  4. Pilih Copy Link / Salin URL.
  5. Buka kembali aplikasi Video Downloader for Instagram.
  6. Setelah itu paste / tempel link video pada form URL, lalu tap tombol "Download".
  7. Akan muncul tiga pilihan disana. Pilih Download Video.
  8. Tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhannya selesai.
Proses penyimpanan video tidak membutuhkan waktu yang cukup lama, tergantung kecepatan koneksi internet kalian. Dan untuk melihat hasil download, silahkan masuk ke gallery.

Sebenarnya, menyimpan video Instagram tanpa atau dengan menggunakan aplikasi tersebut di atas, prosesnya hampir sama dengan cara mendownload video youtube melalui HP android. Perbedaannya hanya terdapat pada aplikasi yang digunakan.

Demikianlah tutorial kali ini, semoga kalian tidak bingung lagi untuk menyimpan video instagram ke dalam smartphone android yang kalian suka. Terima kasih telah berkunjung, Salam.
Open Comments