Cara Lock Layar 90Hz POCO X3 NFC Tanpa Root / UBL

AndroLite.com - Baiklah kawan, untuk tutorial kali ini, saya akan berbagi kepada kalian tentang tips / trik bagaimana cara mengunci (lock) atau membuka kunci (unlock) settingan layar Refresh Rate 90Hz pada HP Xiaomi Poco X3 NFC no root, tanpa install / pasang custom ROM dan tanpa Unlock Bootloader (UBL).

Tujuan utama mengunci Refresh Rate 90Hz pada HP Xiaomi Poco X3 NFC ini tidak lain adalah untuk menghemat konsumsi daya baterai agar tidak terlalu boros, namun tetap mendapatkan layar super smooth / halus, baik pada saat bermain gaming atau membuka akun sosial media kalian dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, HP Poco X3 NFC ini secara default hanya menyiapkan dua opsi konfigurasi kepada pengguna, yaitu 60Hz dan 120Hz saja. Tetapi kalian bisa mengubah konfigurasi tersebut menjadi 90Hz dengan sangat mudah dan cepat. Tidak ribet dan tanpa harus UBL, Root dan tanpa pasang custom ROM tentunya. Untuk tutorial singkatnya, bisa kalian lihat berikut ini.

  1. Atur layar ke settingan 120Hz terlebih dahulu.
  2. Download aplikasi SetEdit di Play Store.
  3. Di dalam aplikasi SetEdit, pilih "System Table"
  4. Cari "user_refresh_rate" lalu pilih "Edit Value".
  5. Selanjutnya, ubah nilai "120" menjadi "90".
  6. Terakhir, tap "Save Changes". Selesai!

Tetapi jika masih kurang paham dengan penjelasan singkat di atas, kalian bisa gulir ke bawah untuk melihat penjelasan secara lengkapnya yang saya lengkapi dengan gambar agar lebih memudahkan kalian dalam menerapkan dan memahaminya.

Baca juga: 5 Cara Screenshot POCO X3 (2 Jari, Usap Layar, Panjang)

Cara Mengatur Layar 90Hz POCO X3 NFC

Untuk mengubah pengaturan refresh rate layar pada Poco X3 NFC menjadi 90Hz dan menjaganya agar berada pada settingan tersebut (bahkan setelah ponsel reboot), kalian hanya perlu mengubah nilai 120Hz pada data "user_refresh_rate".

Nah, untuk mengubah value tersebut, kalian hanya membutuhkan sebuah aplikasi bernama SetEdit (Settings Database Editor) yang bisa kalian download secara gratis di Google Play Store. Lantas bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, silahkan atur terlebih dahulu konfigurasi layar ke settingan 120hz yang terdapat dalam menu "Pengaturan (Settings) > Tampilan (Display) > Refresh Rate > lalu pilih 120Hz".
  2. Bila sudah, silahkan download dan install aplikasi SetEdit (Settings Database Editor) kemudian jalankan.
  3. Di dalam app SetEdit, pilih mode "System Table" terlebih dahulu.
  4. Setelah itu, gulir ke bawah lalu temukan opsi "user_refresh_rate".
  5. Selanjutnya tap / buka opsi tersebut lalu pilih "Edit Value" kemudian ubah nilai 120 menjadi 90. Setelah itu tap "Save Changes". Selesai!

Pada tahap ini, refresh rate layar ponsel Poco X3 NFC kalian seharusnya sudah berada pada 90hz. Namun untuk memastikannya, kalian bisa mengeceknya melalui menu "Developer Options".

Baca juga: Download + Cara Install GCam Poco X3 NFC Versi Terbaru

Cara Cek Refresh Rate Layar Poco X3 NFC

Secara default, menu Developer Options atau Opsi Pengembang yang ada di dalam HP Poco X3 NFC tersembunyi. Untuk itu, kalian harus memunculkannya terlebih dahulu. Bagiamana caranya? Berikut panduan lengkapnya.
  1. Pertama, buka menu "Pengaturan (Settings) > About Phone (Tentang Ponsel)".
  2. Setelah itu, ketuk sebanyak 5 hingga 7 kali pada "MIUI Version (For Poco)" hingga muncul notifikasi "Anda telah menjadi pengembang" atau pesan sejenisnya.
  3. Setelah itu tekan "Back (Kembali)" atau buka kembali menu Pengaturan
  4. Selanjutnya pilih "Additional Settings (Pengaturan Tambahan) > Developer Options (Opsi Pengembang)".
  5. Buka menu "Power Monitor" yang terdapat pada bagian "Monitoring".
  6. Di bagian "Frame Rate Editor" pilih "Start".
  7. Nah, dibagian sudut kiri atas layar akan muncul sebuah kotak dialog kecil yang didalamnya berisikan informasi tentang resolusi layar, resresh rate dan frame rate per second (fps). Selesai

Sebenarnya, tutorial di atas, selain dapat diterapkan untuk HP POCO X3 NFC juga dapat diterapkan untuk semua HP Xiaomi yang sudah support layar 90Hz, 120Hz, 144Hz atau yang memiliki refresh rate lebih besar. Misalnya, Redmi Note 9/Pro 5G, Mi 10i 5G, Mi 11, Mi 10T/Pro/Lite, Redmi K30/K30S, dan sebagainya.

Bagaimana, mudah bukan? Nah, demikianlah tutorial terlengkap tentang bagaimana Cara Lock Layar 90Hz POCO X3 NFC (Tanpa Root / UBL / Tanpa Pasang Custom ROM) pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan dan jangan lupa diShare ke teman-teman kalian. Terima kasih telah berkunjung, Salam!

Baca juga: Cara Baru UBL Semua HP Xiaomi Tanpa Menunggu / Request