Cara Factory/Hard Reset Samsung A11, A21, A31 2024

AndroLite.com : Cara Hard / Factory Reset (Reset Pabrik) Samsung Galaxy A11, A21, A31 Terbaru 2024 - Meski sebagai smartphone unggulan, terkadang ponsel Samsung Galaxy A11, Galaxy A21 atau Galaxy A31 juga sering mengalami berbagai permasalahan perangkat lunak, baik yang ringan hingga berat sekalipun.

Misalnya, lupa kunci pola, bootlop (booting berhenti di logo Samsung), hang, lambat, memori tidak mencukupi / hampir penuh, kamera gagal, lag, aplikasi force close, sayangnya aplikasi telah berhenti dan lain sebagainya.
Nah, untuk mengatasi masalah-masalah tersebut, sebenarnya ada dua solusi yang bisa digunakan. Pertama melakukan flash firmware / Stock ROM dan kedua melakukan Reset. Untuk metode flash firmware, tutorialnya bisa dilihat di Cara Flash Firmware Semua HP Samsung via ODIN. Sedangakan untuk metode reset, akan saya bahas lebih lanjut pada kesempatan kali ini.

Reset Samsung Galaxy A11, A21, A31 sendiri terbagi kedalam dua metode, yaitu factory reset (reset pabrik) dan hard reset. Factory reset dapat dengan mudah diterapkan melalui menu pengaturan, sementara untuk hard reset hanya bisa dilakukan di dalam recovery meode (CWM / TWRP).
Proses factory/hard reset dapat mengakibatkan terhapusnya semua data atau file yang tersimpan di dalam memori internal ponsel. Untuk itu, sebelum melakukan reset, sebaiknya pindahkan (BACKUP) semua data ke penyimpanan eksternal, seperti kartu memori (microSD), komputer atau media penyimpanan lainnya.

Selain itu, pastikan kalian telah mencatat email dan password Gmail yang sedang digunakan oleh ponsel. Karena bila lupa, maka akan mengakibatkan ponsel tidak bisa masuk ke layar utama (stuck di FRP Lock) setelah proses reset selesai dilakukan.

1. Factory Reset Samsung Galaxy A11, A21, A31

  1. Masuk ke menu Settings (Pengaturan) perangkat.
  2. Pilih General Management (Manajemen Umum) » Reset » Factory Data Reset (Reset Data Pabrik).
  3. Setelah itu, gulir ke bawah kemudian pilih Reset » Delete All.
  4. Lakukan konfirmasi dengan memilih "Yes"
  5. Secara otomatis ponsel akan mati dan mulai proses reset. Tunggu hingga selesai.
  6. Bila sudah, HP dengan sendirinya akan melakukan rebooting dan akan langsung masuk ke tampilan awal (seperti kembali baru).
  7. Selanjutnya, silahkan lakukan konfigurasi sesuai keinginan sampai pada tampilan home screen.
  8. Selesai.

Baca juga: Cara Hard Reset HP Samsung A10, A20, A30, A50, A70, A80, A90

2. Hard Reset Samsung Galaxy A11, A21, A31

Meski factory reset lebih mudah diterapkan, akan tetapi memiliki kekurangan tersendiri, yakni tidak mampu mereset secara total. Atau dengan kata lain terkadang masih menyisakan beberapa pengaturan user, data, dan file junk (sampah) di dalam memori internal.

Nah, salah satu solusi terbaik yang bisa kalian gunakan agar ponsel bisa tereset total adalah dengan cara hard reset. Tetapi cara ini sedikit lebih rumit dibandingkan factory reset karena harus dilakukan di dalam mode recovery CWM/TWRP.

Nah, untuk masuk ke mode recovery mode sendiri, ada dua cara yang bisa ditempuh. Pertama Metode Umum (perangkat dapat dimatikan secara normal) dan kedua Metode lupa kunci pola (ponsel terkunci) yang menyebabkan perangkat tidak dapat dinonaktifkan.

2.1. Cara Masuk Recovery Mode (CWM/TWRP)

CARA #1 : Metode Umum

  1. Nonakitkan ponsel sampai mati total.
  2. Selanjutnya tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS".
  3. Saat logo booting Samsung muncul, segera lepaskan tombol POWER dengan tetap menekan tombol VOLUME ATAS.
  4. Setelah layar menampilkan "No Command", ketuk layar atau tekan tombol volume atau tunggu sampai ponsel masuk dengan sendirinya ke mode recovery.

CARA #2 : Metode Lupa Kunci Pola

  1. Dalam keadaan layar ponsel menyala, tekan dan tahan tombol "POWER + VOLUME BAWAH" sampai layar ponsel BLANK.
  2. Ketika layar BLANK (hitam), segera lepaskan VOLUME BAWAH lalu cepat pindahkan jari ke tombol "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan tombol "POWER".
    INGAT, lakukan proses ini dengan cepat karena layar blank ini hanya muncul sekitar 2 detik. JANGAN TUNGGU sampai logo booting Samsung muncul karena apabilan lambat, maka proses untuk masuk recovery bakalan gagal.
  3. Setelah layar menampilkan "No Command", lepaskan kedua tombol tersebut dan tunggu sampai ponsel masuk ke mode recovery.
Untuk memulai proses hard reset, silahkan lihat panduannya berikut ini.

2.2. Hard Reset Samsung Galaxy A11, A21, A31 via Recovery CWM

  1. Di dalam menu recovery CWM, pilih opsi "WIPE DATA / FACTORY RESET" (gunakan tombol volume atas dan bawah untuk memindahkan selector).
  2. Selanjutnya, tekan tombol "POWER" untuk konfirmasi menu yang dipilih.
  3. Di tampilan selanjutnya, pilih opsi "YES" kemudian tekan tombol POWER untuk konfirmasi.
  4. Silahkan tunggu hingga proses hard reset selesai dilakukan.
  5. Bila telah selesai, pilih opsi "REBOOT SYSTEM NOW" dan tunggu sampai ponsel masuk ke tampilan konfigurasi awal.
  6. Terakhir, silahkan lakukan konfigurasi sama seperti ponsel dalam kondisi baru beli.
  7. Selesai.
Selain menu recovery yang diarahkan di atas, jangan sekali-kali memilih menu lain jika tidak tau apa fungsinya, karena hal tersebut dapat mengakibatkan masalah baru bagi perangkat.
Nah, itulah tutorial lengkap tentang Bagaimana cara Factory/Hard Reset HP Samsung Galaxy A21, A11, A31 pada kesempatan kali ini. Bila ada yang kurang dipahami terkait panduan ini, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung, Salam!