Cara Install Xposed Framework Android Nougat 7.0/7.1

Cara Install Xposed Framework Android Nougat 7.0/7.1 - Setelah penantian yang panjang, kira-kira hampir setahun lamanya semenjak Android Nougat 7.0 dan 7.1 resmi dirilis oleh google, barulah sekarang Xposed Framework Installer resmi diluncurkan ke publik. Salah satu alasan mengapa Xposed untuk Android Nougat ini terlambat dirilis adalah karena modul untuk menghubungkan ke metode aplikasi lain memerlukan pengetahuan mendalam tentang bagaimana Zygote dan Android Runtime (ART) bekerja.

Tentu ini menjadi penghalang bagi sejumlah orang untuk berkontribusi dalam proyek ini, ditambah lagi diperburuk satu fakta bahwa rovo89 sebagai kontributor utama Xposed selama 5 tahun terakhir sudah jarang aktif dalam pengembangan aplikasi ini.

Namun, beberapa bulan terakhir, seruan untuk membuka sources Xposed agar bisa terpasang di Android Nougat sangat gencar dilakukan oleh para penggunanya. Beberapa pihak lainpun meminta kepada rovo89 agar ia mau berkontribusi kembali dalam pengembangan aplikasi ini. Dan setelah seruan tersebut, akhinya dia mau kembali untuk berkontribusi dan diapun mampu menyelesaikan pembuatan aplikasi ini dibantu oleh para kontributor lainnya.

Cara Memasang Xposed Ke Dalam Smartphone Android

Mungkin sebagian dari kalian bertanya-tanya, sebenarnya apa sih fungsi dari aplikasi ini? dan apa untungnya jika terpasang di dalam sebuah smartphone? Seperti yang sudah saya jelaskan beberapa waktu yang lalu melalui artikel saya Cara Install Xposed Samsung Galaxy Marshmallow / Lollipop bahwa Aplikasi Xposed Framework Installer adalah sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan tweak, mengubah interface android, mengedit aplikasi berekstensi apk, melakukan modifikasi, meningkatkan performa/kecepatan perangkat dan masih banyak hal lain yang bisa kita lakukan.

Nah, bagi kalian yang sudah tau persis fungsi dan keuntungan aplikasi ini serta memiliki keinginan untuk memasangnya ke dalam perangkat kalian, berikut ini akan saya sajikan tutorialnya.
Peringatan !!!
Sebelum menginstall xposed, saya sarankan agar melakukan FULL BACKUP ROM dan data kalian. Agar apabila terjadi kesalahan, maka kalian bisa merestore / mengembalikannya kekeadaan seperti semula.

Memasang Xposed mungkin akan merusak perangkat, sebagai penulis sekaligus admin di androlite.com, saya tidak bertanggung jawab jika hal tersebut terjadi.

Step 1 : Persiapan

Pemasangan xposed diperlukan beberapa kebutuhan dan perlu beberapa persiapan. Apa saja itu, berikut uraiannya.
  1. Smartphone harus sudah terpasang TWRP atau custom CWM.
  2. Smartphone Sudah dalam keadaan Rooted. Untuk melakukan root, silahkan baca tutorial Cara Root Semua Jenis Smartphone Dengan CF Auto ROOT.
  3. Mengetahui Karnel Arsitektur (ARM) CPU yang digunakan. Untuk mengetahuinya, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.
    • Download aplikasi CPU-Z di Play Store, install dan jalankan.
    • Buka tab "System" dan lihat pada bagian "Karnel Architecture" (ARM atau ARM64 atau x86).
  4. Usahakan daya baterai perangkat diatas 50%.
  5. Download XposedInstaller_3.1.2.apk (wajib didownload).
  6. Download Xposed Installer Android Nougat 7.0 (SDK24).
  7. Download Xposed Installer Android Nougat 7.1 (SDK25).
  8. Xposed Uninstaller (Opsional).
Penting!
Ingat, aplikasi di atas silahkan kalian pilih yang sesuai dengan karnel arsitektur CPU serta versi Android yang kalian gunakan. Jangan sampai salah dalam memilih filenya.

Step 2 : Install Xposed Framework


  1. Tempatkan file xposed yang sudah diunduh ke dalam kartu memori atau memori telepon.
  2. Install Xposed Installer v3.1.2.apk terlebih dahulu (tidak perlu dijalankan).
  3. Matikan ponsel dan masuk ke Mode Recovery (TWRP / Custom CWM).
  4. Pilih Install lalu cari file xposed yang sebelumnya sudah kalian tempatkan di dalam memori.
  5. Pilih "Swipe to confirm flash" untuk memulai proses pemasangan.
  6. Setelah selesai, jangan lupa pilih "Wipe Cache/Dalvik" kemudian reboot perangkat.
  7. Saat perangkat mulai hidup, kadang memerlukan waktu beberapa menit agar bisa menyala dengan sempurna. Untuk itu, jangan matikan perangkat.
Proses pemasangan Xposed Installer ini, caranya sama persis dengan Cara Install Xposed Android Lollipop/Marshmallow Galaxy J7 dan Xposed Samsung Galaxy J7 Prime dan J5 Prime. Hanya saja perbedaannya ada pada bagian pemilihan filenya. Jika kalian masih belum mengerti, silahkan lihat video berikut ini.
[Video] Tutorial Cara Install Xposed :

Catatan!
Ketika smartphone menyala pertama kali, mungkin akan ada pemberitahuan seperti ini "Xposed is not compatible with Android SDK version 25 or your processor architecture".
Tapi jangan khawatir, aplikasi ini akan tetap berjalan dengan baik.

Step 3 : Mengaktifkan Xposed Framework

Untuk mengaktifkan dan menggunakan Xposed, mungkin kalian sudah tahu. Namun jika kalian baru dalam menggunakan aplikasi ini, berikut panduannya.


  1. Buka aplikasinya. Di sudut kiri atas, tap pada bagian 3 garis berjejer.
  2. Pilih Download untuk mencari aplikasi yang akan kalian gunakan.
  3. Untuk mengaktifkan aplikasi tersebut, tap pada bagian Modules dan centang aplikasinya.
  4. Reboot atau restart smartphone.
  5. Selesai.

Xposed Uninstaller

Jika ingin menghapus atau Uninstall aplikasi xposed, caranya sangatlah mudah. Cukup flash Xposed Uninstaller melalui menu recovery.
  • Masuk ke mode Recovery.
  • Pilih Install lalu cari file Xposed Uninstaller.
  • Usap ke Kanan pada "Swipe to confirm flash"
  • Clear Cache / Dalvik.
  • Reboot dan selesai.

Support Smartphone

Xposed Framework yang ada di atas hampir mendukung semua smartphone yang sudah menggunakan sistem operasi Android Nougat. Namun sebagai bahan referensi, berikut daftarnya.
  1. Samsung Galaxy
  2. Lenovo
  3. Asus
  4. Sony
  5. Huawei
  6. Honor
  7. Xiaomi
  8. HTC
  9. LG
  10. Motorola
Itulah tutorial tentang Bagaimana Cara Install Xposed Framework Android Nougat 7.0 dan 7.1. Semoga tutorial di atas bermanfaat bagi kalian. Jika ada pertanyaan seputar tutorial di atas, silahkan meninggalkan komentar. Terima kasih dan salam.