4 Cara Screenshot Samsung Galaxy A11 dan A21

AndroLite.com : Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A11 / A21 (Usap Layar, Panjang) - Tidak jauh berbeda dengan metode Screenshot Galaxy M11 dan M21, Samsung Galaxy A11 dan A21 juga menawarkan 4 fitur untuk mengambil tangkapan cuplikan layar. Yaitu menggunakan tombol fisik 2 jari, tanpa tombol dalam hal ini usap layar dan shortcut Menu Asisten serta Long Screenshot (Panjang).

Menariknya, dari keempat fitur screenshot yang ditawarkan, tidak satupun diantaranya memerlukan aplikasi tambahan. Atau dengan kata lain tanpa harus pasang aplikasi tambahan, baik dari Google Play Store ataupun pihak ketiga.
Samsung Galaxy A21 dan A11 sendiri merupakan handset entry-level dari keluarga A Series yang secara resmi diluncurkan pada awal tahun 2020 ini. Keduanya datang dengan menawarkan berbagai fitur unggulan terbaru dan mempunyai spesifikasi sedikit lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

Untuk Samsung Galaxy A11, menawarkan spek berupa layar infinity-O seluas 6,4 inci HD+, RAM 3GB atau 2GB, internal storage 32GB, triple kamera belakang (13MP + 5MP + 2MP), baterai 4.000 mAh berikut fastcharging 15W dan sebagainya. Ponsel ini dibanderol dengan harga sekitar Rp2,8 juta.

Sedangkan untuk Samsung Galaxy A21 dibekali spesifikasi panel Super AMOLED infinity-O berdiagonal 6,4 inci HD+, RAM 3GB, ruang penyimpanan 32GB, quad kamera belakang (16MP + 8MP + 2MP + 2 MP), catu daya 4.000 mAh dengan dukungan fastcharging 15W dan seterusnya. Untuk harganya sendiri, dibanderol sekitar Rp3,8 jutaan.

Kembali ke topik utama. Bagi kalian yang masih bingung tentang bagaimana cara mengambil Screenshot Samsung Galaxy A11 atau Galaxy A21 ini, nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan panduannya. Baik itu menggunakan tombol, tanpa tombol maupun screenshot panjang (long).

Baca juga: 3 Cara Screenshot Samsung A30s Dengan / Tanpa Tombol

1. Screenshot Samsung Galaxy A11 / A21 Tombol 2 Jari


Metode pertama yang bisa kalian gunakan untuk mengambil screenshot pada HP Samsung A11 / A21 adalah dengan menggunakan tombol fisik 2 jari. Yaitu menekan tombol VOLUME BAWAH + DAYA secara bersamaan atau menahannya selama kurang lebih 2 detik.

Ketika SS berhasil diambil, biasanya layar handset akan berkedip atau mengecil serta terdengar bunyi shutter. Untuk melihat hasilnya, kalian bisa langsung langsung masuk ke folder Gallery.

Sayangnya, meskipun metode ini paling mudah digunakan, akan tetapi memiliki dampak buruk / resiko tersendiri. Yaitu dapat menyebabkan kerusakan dini pada kedua tombol apabila terlalu sering digunakan.

Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi, saya sarankan agar menggunakan metode tanpa tombol. Untuk panduan lengkapnya, bisa kalian lihat pada segmen selanjutnya.

Baca juga: 3 Cara Screenshot Samsung A20s Dengan / Tanpa Tombol

2. Screenshot Samsung A11 / A21 Tanpa Tombol

Di dalam perangkat lunak OS Android Q 10.0 antarmuka OneUI Galaxy A21 atau A11 SS telah ditanamkan fitur tersemubunyi berupa screenshot tanpa tombol. Yakni fitur Palm Swipe (mengusap layar) dan Shortcut Menu Asistant.

Tetapi sebelum menggunakannya, kedua fitur tersebut harus diaktifkan terlebih dahulu di dalam menu pengaturan. Bagaimana caranya? silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini.

2.1. Palm Swipe (Usap Layar)

  1. Pertama, masuk ke menu Pengaturan » [Fitur Lanjutan] » [Gerakan dan Gestur].
  2. Setelah itu, aktifkan [Palm swipe to capture] dengan cara menekan tombol aktivasi di samping kanan tulisan "Aktif".
  3. Sesaat setelah diaktikan, maka sudah bisa langsung menggunakannya. Caranya cukup, luruskan tangan lalu usap layar dari kanan ke kiri (lihat gambar untuk lebih jelasnya).
  4. Saat proses SS berhasil dilakukan, layar akan berkedip atau ponsel akan mengeluarkan bunyi shutter.
  5. Untuk hasilnya sendiri bisa dilihat di dalam menu gallery.

  1. Buka menu Pengaturan » [Aksesibilitas] » [Interaksi dan Kecekatan]
  2. Di dalamnya, silahkan aktifkan [Menu Asisten] dengan cara menekan tombol aktivasi disampingnya.
  3. Sesaat setelah fitur ini diaktifkan, maka akan muncul sebuah icon menu kecil transparan di sebelah kanan layar.
  4. Untuk cara penggunaannya, silahkan ketuk menu tersebut kemudian pilih [Screenshot / Gambar Layar] seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
  5. Terakhir, silahkan buka Gallery untuk melihat hasilnya.

Baca juga: 3 Cara Screenshot Samsung A10s Dengan / Tanpa Tombol

3. Screenshot Panjang (Long) Samsung A21 / A11

Tidak jauh berbeda dengan metode long screenshot ponsel Android pada umumnya, misalnya Long Screenshot Redmi 8, 8A, 8A PRO, ponsel Galaxy A11 dan A12 juga menyediakan fitur serupa. Contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah ini.

Nah untuk menggunakan fitur screenshot panjang tersebut, caranya sangatlah mudah dan bahkan tidak membutuhkan aplikasi tambahan karena ini merupakan fitur bawaan Galaxy A11 / A21.
  1. Buka menu [Pengaturan] » [Fitur Lanjutan] » [Gerakan dan Gestur] » lalu aktifkan [Aktif Pintar].
  2. Selanjutnya, pilih bagian yang akan discreenshot panjang.
  3. Bila sudah ditemukan, silahkan ambil screenshot menggunakan salah satu metode di atas (tombol 2 jari, usap layar, menu asistant).
  4. Saat proses SS berhasil diambil, maka akan muncul sebuah kotak dialog kecil (Aktif Pintar / Smart capture) di bawah layar.
  5. Selanjutnya, di dalam kotak tersebut tap icon [Panah Bawah] seperti yang terlihat pada gambar ini.
  6. Ketika icon tersebut diketuk, layar dengan sendirinya akan bergulir ke bawah.
  7. Saat layar berhenti bergulir, ketuk lagi icon [Panah Bawah] tersebut. Lakukan proses ini secara berulang sampai batas area layar yang akan di-capture panjang.
  8. Hasilnya, selain akan muncul di samping kanan layar, juga akan tersimpan secara otomatis di dalam folder gallery.

Baca juga: 4 Cara Screenshot Samsung A31 Tanpa Tombol, Tanpa Aplikasi

Bagaimana mudah bukan? Nah, demikanlah panduan lengkap tentang bagaimana cara mengambil screenshot Samsung A11 dan Samsung A21 dengan atau tanpa tombol serta long capture pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan semoga berhasil. Salam!