4 Cara Screenshot Samsung Galaxy A31 Tanpa Tombol, Tanpa Aplikasi

Screenshot HP Samsung Galaxy A31 Tanpa Tombol, Tanpa Aplikasi - Sama halnya dengan metode Galaxy M31, Samsung Galaxy A31 juga menawarkan 4 buah cara untuk mengambil Screenshot atau tangkapan cuplikan layar. Yaitu menggunakan tombol fisik 2 jari, tanpa tombol Palm Swipe atau Shortcut Menu Asisten dan Screenshot Panjang (Long).

Menariknya, dari keempat metode screen capture yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A31 tersebut, tidak satupun diantaranya membutuhkan aplikasi tambahan. Atau dengan kata lain tanpa install app dari play store maupun aplikasi pihak ketiga.

Samsung Galaxy A31 sendiri adalah handset kelas menenengah yang secara resmi diperkenalkan oleh Samsung pada pekan keempat Maret 2020. Ponsel ini menawarkan berbagai fitur unggulan terbaru dan yang pastinya spesifikasinya telah mengalami banyak peningkatan dari pendahulunya Galaxy A30s.

Diantaranya dibekali baterai berkapasitas besar 5.000mAh (fastcharging 15W), layar FHD+ 6,4 inci Super AMOLED, memori RAM 4GG + 64GB storage atau RAM 6GB + 128GB, 48MP quad-camera belakang, kamera selfie 20MP, fingerprint dalam layar, chipset octa-core, dan telah berjalan pada OS teranyar Android Q 10.0 antarmuka OneUI 2.0.
Nah, bagi kamu yang sedang mencari tutorial cara mengambil Screenshot HP Samsung Galaxy A31, kamu datang ke situs yang tepat. Karena berikut ini akan saya bahas mengenai hal tersebut. Dalam hal ini menggunakan metode tombol fisik, tanpa tombol serta scroll capture (long screenshot).

1. Screenshot Samsung Galaxy A31 Tombol 2 Jari


Salah satu cara yang paling mudah digunakan untuk mengambil cuplikan layar HP Samsung Galaxy A31 adalah dengan menggunakan tombol fisik 2 jari. Yaitu dengan cara menekan tombol POWER + VOLUME BAWAH lalu menahannya selama kurang lebih 2 detik.

Ketika proses capture berhasil dilakukan, maka layar ponsel akan berkedip yang diikuti adanya bunyi shutter. Selain itu, juga akan muncul sebuah dialog kecil di bagian bawah layar yang didalamnya berisikan beberapa opsi, seperti crop, edit, scroll capture dan share.
Walaupun cara ini bisa digunakan dengan mudah dan instant, akan tetapi memiliki resiko tersendiri, yaitu dapat membuat tombol fisik cepat rusak apabila terlalu sering digunakan.

Tetapi kamu jangan khawatir, karena masih ada pilihan lain tanpa melibatkan kedua tombol tersebut. Bagaimana caranya? Berikut tutorial lengkapnya.

2. Screenshot Samsung Galaxy A31 Tanpa Tombol

SS tanpa tombol yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A31 berupa fitur Palm Swipe dan Shortcut Menu Asistant. Tetapi sebelum mulai menggunakannya, keduanya harus diaktifkan terlebih dahulu di dalam menu pengaturan.

2.1. Palm Swipe (Usap Layar)

  1. Pertama, silahkan buka menu Pengaturan » [Fitur Lanjutan] » [Gerakan dan Gestur].
  2. Setelah itu, aktifkan [Palm swipe to capture] dengan cara menekan tombol aktivasi di samping kanan tulisan "Aktif".
  3. Bila sudah, tahap berikutnya silahkan pilih area layar yang akan di-screenshot.
  4. Untuk menggunakannya, luruskan tangan lalu usap layar dari kanan ke kiri (lihat gambar untuk lebih jelasnya).
  5. Ketika proses capture berhasil dilakukan, maka layar akan berkedip yang diikuti oleh suara shutter.
  6. Hasil tangkapan layar bias kamu lihat di folder gallery.

2.1. Pintasan Menu Asisten

  1. Masuk ke menu Pengaturan » [Aksesibilitas] » [Interaksi dan Kecekatan]
  2. Setelah itu, aktifkan [Menu Asisten] dengan mengaktifkan tombol aktivasi yang ada disampingnya.
  3. Bila menu asisten sudah aktif, maka akan muncul icon kecil transparan di sebelah kanan layar.
  4. Untuk menggunakannya sebagai pintasan SS, silahkan menuju ke area yang ingin di-capture.
  5. Bila sudah, ketuk icon menu asisten tersebut lalu pilih [Screenshot / Gambar Layar].
  6. Terakhir, silahkan masuk ke folder Gallery untuk melihat hasilnya.

3. Screenshot Panjang / Long Samsung Galaxy A31


Tidak jauh berbeda dengan Long Screenshot Realme 6 / Realme 6 Pro, Samsung Galaxy A31 juga fitur ini. Lebih tepatnya bernama "Scroll Capture". Sesuai namanya, fitur berfungsi untuk mengambil screenshot secara memanjang ke bawah.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, namun sebelum itu kalian harus harus mengaktifkannya terlebih dahulu di dalam menu Settings. Berikut langkah-langkahnya.
  1. Buka menu [Settings] » [Advanced Features] » aktifkan [Smart Capture].
  2. Selanjutnya, masuk ke area layar yang akan di-screenshot panjang.
  3. Setelah itu, ambil SS menggunakan salah satu metode di atas (tombol 2 jari, palm swipe / pintasan menu asistant).
  4. Ketika kotak dialog Smart capture muncul di bagian bawah layar, silahkan tap opsi [Panah Bawah].
  5. Ketika layar bergulir ke bawah, ambil lagi SS kedua. Lakukan proses ini berulang-ulang sampai batas area layar yang akan di SS.
  6. Bila sudah selesai, silahkan tekan Back atau kembali kemudian periksa gallery untuk melihat hasilnya.