[Desember 2019] Cara mudah masuk Recovery Mode dan Hard / Factory Reset Samsung Galaxy A50s SM-A507F, SM-A507FN, SM-A507GN, SM-A507FM, SM-A507YN, SM-A507W sebagai solusi lupa kunci pola, bootlop, aplikasi force close, memori tidak mencukupi, kamera gagal, sayangnya aplikasi telah berhenti, ponsel lambat.

AndroLite.com - Apa itu Recovery Mode dan Hard reset Samsung Galaxy A50s? Recovery Mode atau CWM/TWRP adalah partisi bootable khusus berisikan fitur pemulihan yang memungkinkan pengguna untuk mengatasi error ringan pada perangkat. Seperti update OS, wipe data (hard/factory reset), hapus log dan cache, reboot to bootloader dan sebagainya.

Sedangkan hard reset atau juga dikenal sebagai factory reset, merupakan pemulihan perangkat menjadi seperti baru / sedia kala dengan mengembalikan semua konfigurasi / pengaturan ke posisi awal, dan menghapus semua data data yang ada di dalam memori internal. Seperti foto, dokumen, video, aplikasi yang pernah dimasukkan oleh pemiliknya.

Kedua fitur tersebut dimiliki oleh semua perangkat berbasis Android, termasuk Galaxy A50s milik Samsung. Hanya saja perbedaannya terletak pada cara masuk ke menu recovery. Hard reset ini sendiri dapat digunakan untuk mengatasi bootlop (booting hanya sampai di logo), lupa kunci pola, aplikasi force close, sayangnya aplikasi telah berhenti, ponsel lambat, memori tidak mencukupi, kamera gagal dan sebagainya.

Nah berkenaan dengan hal tersebut di atas, berikut ini disajikan tutorial singkat tentang bagaimana cara hard reset Samsung Galaxy A50s via recovery mode. Ini berlaku untuk semua jenis / tipe Samsung A50s, termasuk SM-A507F, SM-A507FN (Global), SM-A507GN, SM-A507FM, SM-A507YN, SM-A507W.

Recovery Mode Samsung Galaxy A50s

Ada dua cara yang dapat dilakukan untuk mengakses Recovery Mode Samsung A50s. Dalam hal ini merujuk kepada kondisi ponsel itu sendiri. Pertama Metode Umum (ponsel dapat dinonaktifkan) dan kedua lupa kunci pola yang menyebabkan ponsel tidak bisa dimatikan.

CARA #1 : Metode Umum


  1. Matikan HP Galaxy A50s.
  2. Tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS".
  3. Ketika logo booting Samsung muncul, lepaskan keduanya.
  4. Tap layar atau tunggu beberapa saat untuk melanjutkan ke recovery ketika layar menampilkan "No Command".
  5. Untuk memilih menu (naik turun), gunakan tombol volume atas bawah & untuk menkonfirmasi pilihan, tekan tombol power / daya.

CARA #2 : Lupa Kunci Pola


  1. Dalam keadaan HP menyala, tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME BAWAH" hingga layar blank.
  2. Dalam posisi blank (layar hitam), lepaskan tombol VOLUME BAWAH & segera pindahkan jari ke tombol "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan "POWER" (lakukan dengan cepat).
  3. Tap layar atau tunggu beberapa saat untuk melanjutkan ke recovery ketika layar menampilkan "No Command".

Hard Reset Samsung Galaxy A50s

Proses hard reset dapat mengakibatkan terhapusnya semua data yang ada di dalam memori internal Galaxy A50s. Untuk itu, sebelum melakukannya, silahkan lakukan FULL BACKUP sistem atau data yang ada di dalam penyimpanan internal dengan cara memindahkannya ke kartu memori eksternal (microSD), cloud, komputer atau media penyimpanan lainnya.
  1. Di dalam recovery mode, pilih menu "WIPE DATA / FACTORY RESET".
  2. Tekan tombol "POWER" untuk memilih menu tersebut.
  3. Pilih "YES" & tekan tombol POWER untuk memilihnya.
  4. Tunggu sampai proses hard reset selesai dilakukan.
  5. Setelah itu, pilih menu "REBOOT SYSTEM NOW" lalu tekan lagi tombol power untuk menkonfirmasinya.
  6. Sekali lagi tunggu beberapa saat perangkat selesai booting dan menyala dengan sempurna.
  7. Terakhir, silahkan lakukan konfigurasi awal sesuai kebutuhan.
  8. Selesai.
Catatan : Selain menu recovery yang diarahkan, jangan sekali-kali memilih menu lain jika tidak tau apa fungsinya, karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah baru bagi ponsel.
Itulah panduan singkat tentang Cara Hard/Factory Reset Samsung A50s via Recovery Mode pada kesempatan kali ini. Jika ada yang kurang dipahami atau tidak jelas, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih & salam!
Open Comments