Recovery Mode + Cara Hard Reset Samsung Galaxy A30s

Recovery Mode + Cara Hard Reset Samsung Galaxy A30s - Layaknya smartphone Android pada umumnya, terkadang Samsung Galaxy A30s juga sering mengalami berbagai masalah / error ringan. Seperti bootlop (booting hanya sampai di logo Samsung), lupa kunci pola / PIN, aplikasi sering force close, sayangnya aplikasi telah berhenti, ponsel kurang responsive, memori tidak mencukupi, kamera gagal dan sebagainya.

Nah, ketika HP Samsung A30s kalian mendapatkan salah satu masalah tersebut, jangan panik dulu karena untuk mengatasinya kalian hanya perlu melakukan hard reset melalui menu recovery mode. Meski bukan merupakan satu-satunya cara, namun hard reset merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasinya.

Namun lain halnya ketika perangkat sama sekali tidak bisa booting atau mati total yang dalam hal ini dikategorikan sebagai masalah berat, maka perlu dilakukan penanganan khusus, yakni dengan cara melakukan Flashing / Reinstall Firmware Samsung via ODIN.

Nah sehubungan dengan hal tersebut di atas, berikut ini adalah tutorial singkat tentang bagaimana cara hard reset Samsung Galaxy A30s melalui recovery mode yang dalam hal ini dapat diterapkan untuk semua seri Galaxy A30s, termasuk SM-A307F, SM-A307FN (Global); SM-A307G, SM-A307GN, SM-A307YN.

Apa Itu Recovery dan Hard Reset?

Recovery mode atau CWM/TWRP adalah partisi bootable khusus berisikan menu wipe data / factory reset, menghapus cache, reboot to bootloader, upgrade firmware dan sebagainya yang memungkinkan pengguna untuk mengatasi error ringan pada perangkat.

Sedangkan hard reset (factory reset atau master reset) adalah sebuah fitur untuk memulihkan ponsel menjadi seperti baru (seperti baru keluar dari pabrik) dengan cara mengembalikan semua pengaturan kesedia kala, dan menghapus semua aplikasi dan data / file yang pernah ditambahkan oleh pengguna.

Cara Masuk Recovery Mode Samsung A30s

Untuk masuk ke Mode Recovery Galaxy A30s, ada dua cara yang dapat dilakukan (tergantung kondisi perangkat). Pertama metode umum dan kedua karena lupa kunci pola yang mengakibatkan perangkat tidak bisa dinonaktifkan.

CARA #1 : Metode Umum


  1. Matikan ponsel Galaxy A30s.
  2. Tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS". Saat logo booting Samsung muncul, segera lepaskan tombol POWER namun tetap menekan tombol VOLUME ATAS.
  3. Secara otomatis perangkat akan langsung masuk recovery mode saat layar menampilkan "No Command". Apabila hal itu tidak terjadi, silahkan ketuk / tap layar.
  4. Untuk memilih menu (naik turun), gunakan tombol pengatur suara dan tombol power untuk menkonfirmasi pilihan.

CARA #2 : Lupa Kunci Pola


  1. Dalam keadaan ponsel menyala, tekan kemudian tahan tombol "POWER + VOLUME BAWAH" hingga ponsel mati dan melakukan booting.
  2. Segera lepaskan tombol VOLUME BAWAH setelah logo booting Samsung muncul kemudian segera pindahkan jari ke tombol "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan "POWER" (lakukan dengan cepat).
  3. Saat logo booting samsung muncul, silahkan lepaskan kedua tombol tersebut.
  4. Secara otomatis perangkat akan langsung masuk recovery mode saat layar menampilkan "No Command". Namun apabila hal itu tidak terjadi, silahkan ketuk / tap layar.
  5. Untuk navigasi menu (memindahkan selector naik turun), gunakan tombol volume dan untuk mengkonfirmasi pilihan menu, gunakan tombol Power.

Hard Reset Samsung Galaxy A30s

Sebelum melakukan hard reset, silahkan lakukan BACKUP sistem atau file terlebih dahulu karena proses ini akan menghapus semua data yang ada di dalam ruang penyimpanan internal, seperti video, foto, aplikasi, dokumen dan sebagainya.

Untuk melakukannya, kalian bisa memindahkan semua data ke memori eksternal (microSD), komputer, atau penyimpanan cloud. Setelah selesai, selanjutnya adalah proses hardreset. Bagaimana caranya? berikut panduannya.
  1. Navigasikan selector ke menu "WIPE DATA / FACTORY RESET" dengan menggunakan tombol pengatur suara.
  2. Ketika sudah berada pada menu tersebut, silahkan tekan tombol "POWER" untuk memilihnya.
  3. Arahkan lagi ke pilihan "YES" kemudian tekan tombol POWER untuk memilihnya.
  4. Tunggu hingga proses hard reset selesai dilakukan.
  5. Setelah itu, arahkan ke menu "REBOOT SYSTEM NOW" dan tekan tombol power.
  6. Sekali lagi tunggu beberapa saat hingga ponsel selesai melakukan booting (menyala sempurna).
  7. Terakhir, silahkan lakukan konfigurasi menu awal sesuai keinginan kalian.
  8. Selesai.
Catatan : Selain menu recovery yang diarahkan, jangan sekali-kali memilih menu lain jika tidak tau apa fungsinya, karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah baru bagi ponsel.
Demikianlah tutorial tentang bagaimana cara masuk menu recovery mode dan hardreset Samsung A30s pada kesempatan kali ini. Jika ada yang kurang jelas atau tidak dipahami, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih, salam!