[Desember 2019] Cara mudah masuk Recovery Mode dan Hard / Factory Reset SAMSUNG Galaxy A10s SM-A107F, SM-A107FN, SM-A107M, SM-A107GN, SM-A107YN, SM-A107W, SM-A107U untuk memperbaiki bootlop, lupa kunci pola, aplikasi force close, ponsel lambat, sayangnya aplikasi telah berhenti, sistem bermasalah, hapus cache.

AndroLite.com - Samsung Galaxy A10s merupakan perangkat Android kelas entry-level yang hadir untuk menyasar pangsa pasar kelas bawah dengan membawa fitur canggih dan spesifikasi unggulan dikelasnya. Saat pertama kali meluncur, HP ini dijalankan Sistem Operasi (OS) Android Pie 9.0 yang dibungkus oleh balutan antarmuka bernama One UI milik Samsung.

Meski merupakan smartphone besutan perusahaan ternama di dunia, yakni Samsung, namun yang namanya perangkat Android, baik itu kelas entry-level seperti Galaxy A10s hingga kelas flagship tidak jarang selalu mendapati berbagai masalah atau error, mulai dari yang ringan maupun yang berat sekalipun.

Misalnya perangkat tidak bisa booting atau stuck di logo (bootlop), lupa kunci pola / password / sensor fingerprint tidak berfungsi dengan baik, aplikasi sering mengalami force close, ponsel lalod / lambat, sayangnya aplikasi telah berhenti, ponsel dimasuki virus / malware, sistem bermasalah, dan sebagainya.

Nah, masalah tersebut di atas bisa dikategorikan adalah masalah ringan dan bisa ditangani dengan cara melakukan hard reset / factory reset. Tetapi lain halnya ketika posel mengalami masalah berat, contohnya tidak bisa booting / menyala sama sekali, maka perlu dilakukan tindakan Flashing Firmware Samsung via ODIN.

Hard reset ini sendiri bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah melalui menu recovery mode. Walaupun bukan merupakan satu-satunya solusi, namun cara ini merupakan salah satu yang terbaik untuk memperbaiki error atau masalah ringan pada perangkat Samsung A10s.

Apa Itu Recovery Mode dan Hard Reset?

Recovery mode atau juga dikenal sebagai CWM/TWRP adalah partisi bootable khusus berisi aplikasi pemulihan yang memungkinkan pengguna untuk memperbaiki error pada ponsel. Secara teknis, Recovery mode dapat digunakan untuk memperbarui firmware, wipe data / factory reset, hapus cache dan sebagainya.

Sedangkan hard reset atau factory reset atau master reset, adalah pemulihan ponsel kekeadaan awal / kembali baru dengan mengembalikan semua pengaturan, aplikasi, dan menghapus semua data yang ditambahkan oleh pengguna.

Nah sehubungan dengan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara singkat tentang bagaimana cara melakukan hard reset Samsung Galaxy A10s SM-A107F, SM-A107FN, SM-A107M, SM-A107GN, SM-A107YN, SM-A107W, SM-A107U melalui menu recovery mode (CWM/TWRP).

Namun sebelum lanjut, sangat disarankan untuk melakukan BACKUP data terlebih dahulu, karena proses ini dapat menghapus semua data atau file (foto, video, aplikasi, dokumen) yang ada didalam memori internal HP Galaxy A10s.

Recovery Mode Samsung A10s

Untuk masuk ke menu recovery mode HP Samsung Galaxy A10s, ada dua cara yang bisa dilakukan. Hal ini merujuk kepada kondisi perangkat, apakah masih bisa diakses secara menyeluruh dan dapat dimatikan ataukah lupa kunci pola yang menyebabkan ponsel tidak bisa dimatikan.

CARA #1 : Metode Umum

  • Nonaktifkan ponsel hingga off total.
  • Dalam keadaan mati, tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME ATAS" kemudian lepaskan saat logo booting Samsung muncul.
  • Pada tampilan "No Command", ketuk pada layar / tunggu beberapa saat hingga ponsel secara otomatis masuk ke recovery mode.

CARA #2 : Lupa Kunci Pola

  • Dalam keadaan ponsel masih menyala, tekan & tahan tombol "POWER + VOLUME BAWAH".
  • Saat layar blank / hitam, lepaskan tombol VOLUME BAWAH dan segera pindahkan jari ke tombol "VOLUME ATAS" dengan tetap menekan tombol "POWER / DAYA".
  • Ketika layar menampilkan pesan "No Command", silahkan ketuk layar atau tunggu beberapa saat sampai ponsel kalian diarahkan ke menu recovery.

Hard Reset Samsung A10s

Selanjutnya adalah proses melakukan hard reset. Dalam tahap ini saya berasumsi bahwa ponsel Galaxy A10s kalian sudah berada di dalam menu recovery.
  1. Arahkan selector atau navigasikan ke bagian "WIPE DATA / FACTORY RESET" dengan menggunakan tombol Volume / Pengatur suara (untuk memindahkan selector naik dan turun).
  2. Selanjutnya, tekan tombol "POWER / DAYA" untuk memilih menu Wipe Data/Factory Reset.
  3. Pilih "YES" dan sekali lagi tekan tombol POWER untuk memulai proses hard reset.
  4. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Setelah itu, pilih "REBOOT SYSTEM NOW".
  6. Tunggu beberapa saat hingga ponsel booting dan menyala sempurna.
  7. Silahkan lakukan pengaturan sesuai dengan keinginan kalian. Selesai.
Catatan : Selain yang diarahkan di atas, jangan sekali-kali memilih menu lain yang ada di dalam menu recovery apabila masih belum paham fungsinya karena hal tersebut dapat menyebabkan masalah baru bagi perangkat.
Demikianlah tutorial singkat tentang bagaimana cara masuk menu recovery mode dan melakukan hard / factory reset Samsung Galaxy A10s pada kesempatan kali ini. Jika masih kurang paham, silahkan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih, salam!
Open Comments