3 Cara Mudah Screenshot Samsung Galaxy A30s

Cara Screenshot HP Samsung A30s (Tombol 2 jari, Usap Layar, Panjang) - Diperuntukan untuk pasar menengah, HP Samsung Galaxy A30s secara resmi diboyong ke tanah air oleh Samsung Indonesia pada pertengahan Agustus 2019 lalu.

Smartphone ini datang membawa beberapa spesifikasi unggulan dikelasnya. Termasuk mengusung layar Super AMOLED 6,4 inci, CPU Exynos 7885, RAM 4GB, ROM 64GB, tiga kamera belakang 25MP+8MP+5MP, selfie 16MP, baterai 4.000 mAh dan sebagainya.

Untuk perangkat lunaknya sendiri, sat pertama kali meluncur masih menggunakan OS Android Pie 9.0. Tetapi sekarang Firmware Samsung A30s sudah sudah bisa diupgrade ke Android versi terbaru sekarang ini, yakni Android Q 10.0.

Di dalam perangkat lunaknya tersebut, telah ditanamkan berbagai jenis fitur menarik. Salah satunya fitur screenshoot / screen capture. Fitur ini berguna untuk merekam cuplikan layar dalam bentuk gambar untuk dijadikan sebagai dokumentasi atau dibagikan ke sosial media.

Dalam hal ini ada 3 opsi yang bisa dilakukan. Pertama dengan menggunakan tombol kombinasi 2 jari, kedua tanpa tombol (usap layar palm swipe) dan ketiga long screenshot atau panjang. Lantas bagaimana cara melakukannya? Berikut panduan lengkapnya.

Baca juga : 4 Cara Screenshot Samsung A31 Tanpa Tombol, Tanpa Aplikasi

Screenshot Samsung A30s Tombol 2 Jari


Salah satu metode screenshot Samsung Galaxy A30s yang paling mudah digunakan adalah menggunakan tombol fisik 2 jari. Yaitu dengan menekan tombol "Volume Bawah + Power" secara bersamaan atau menahannya selama 1 sampai 2 detik.

Ketika proses pengambilan cuplikan layar berhasil dilakukan, biasanya layar akan berkedip (mengecil) dan diikuti adanya suara shutter serta akan muncul kotak dialog kecil dibagian bawah layar ponsel.

Walaupun metode SS tombol 2 jari ini mudah dan instan digunakan, tetapi sayangnya dapat mengakibatkan kerusakan dini terhadap tombol pengatur suara dan daya jika terlalu sering dipakai.

Nah untuk solusi terbaiknya, adalah dengan memakai cara mengusap layar (tanpa tombol). Bagaimana caranya, silahkan simak panduannya berikut ini.

Screenshot Samsung A30s Usap Layar

Metode screenshot mengusap layar dalam istilah HP Samsung dikenal sebagai 'Palm Swipe'. Fitur ini bisa dikatakan adalah fitur tersembunyi yang harus diaktifkan lebih dulu di dalam menu pengaturan.
  1. Pertama, silahkan masuk menu "Pengaturan".
  2. Pilih "Advanced Features" > "Motion and Gestures" kemudian aktifkan "Usapkan telapak tangan untuk mengambil / Palm swipe to capture".
  3. Selanjutnya, pilih area layar yang ingin discreenshot.
  4. Luruskan tangan (menyerupai pedang), kemudian usap layar dari arah kanan ke kiri (lihat gambar untuk lebih jelasnya).
  5. Saat proses tangkapan berhasil, layar akan berkedip atau mengeluarkan bunyi shutter.
  6. Untuk melihat hasilnya, silahkan buka folder Gallery.

Baca juga : 4 Cara Screenshot Oppo A12 Dengan / Tanpa Tombol

Screenshot Panjang (Scroll Capture) Samsung A30s

Selain dua metode di atas, ada lagi satu cara mengambil screenshot, tapi ini dikhususkan untuk tangkapan layar secara memanjang ke bawah, yakni Scroll Capture / Screenshot panjang (long).

Fitur ini akan sangat berguna untuk mengambil tangkapan layar yang berisikan kontent panjang. Contohnya seperti gambar berikut.

Nah, untuk menggunakan metode ini, kamu harus mengaktifkannya terlebih dahulu di dalam menu pengaturan, sama seperti metode Palm Swipe di atas.
  1. Buka menu Pengaturan » Fitur Lanjutan, lalu aktifkan "Tangkap Cerdas".
  2. Setelah fitur ini aktif, selanjutnya masuk ke area layar yang ingin kamu screenshot panjang.
  3. Bila sudah ketemu, ambil SS pertama menggunakan salah satu metode di atas (tombol 2 jari atau usap layar).
  4. Setelah SS pertama berhasil diambil, tunggu beberapa saat sampai muncul menu Tangkap Cerdas / Smart Capture di bagian bawah layar seperti yang terlihat pada gambar berikut.
  5. Di dalam menu tersebut, silahkan tap ikon Panah Bawah.
  6. Setelah layar berpindah / bergulir ke bawah, tekan lagi ikon Panah Bawah tersebut. Lakukan proses ini secara berulang sampai batas area konten yang hendak kamu screenshot panjang.
  7. Pada bagian kanan layar, akan muncul previewnya yang nantinya juga akan tersimpan secara otomatis ke dalam menu gallery.

Itulah 3 tutorial cara yang bisa kamu lakukan untuk mengambil screenshot layar pada HP Samsung A30s. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung. Salam.